Tips Bermanfaat untuk Menjaga Mata Sehat

Mata adalah aset tubuh yang sangat berharga. Mata ada jendela dunia. Oleh karena itu, menjaga mata sehat sudah selayaknya kita lakukan sejak dini. Jangan pernah kita lalaikan untuk selalu menjaga mata tetap sehat. Di artikel ini kami dari tim penulis duniakesehatan.net ingin membagikan beberapa tips menjaga mata sehat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Menjaga Mata Sehat

1. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata
Makanan bernutrisi tinggi mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Dan beberapa makanan sehat tersebut memiliki khasiat yang bagus untuk mata. Makanan dari bahan ikan seperti ikan tuna, ikan sarden dan ikan haring sangat kaya akan kandungan omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan retina mata dan memperlambat proses penuaan pada mata.

Tips Menjaga Mata Sehat
Tips menjaga mata sehat

Sedangkan untuk buah-buahan dan sayur-sayuran yang sudah terbukti sangat bagus untuk menjaga mata sehat adalah jeruk manis, blueberry, wortel, sayur-sayuran seperti bayam, brokoli karena mengandung banyak sekali antioksidan alami serta vitamin A dan vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga lensa mata, melindungi kornea, menghindari katarak dan mengurangi mata lelah.

2. Keluarlah dari rumah atau ruangan sesering mungkin
Terlalu lama didalam ruangan ternyata memiliki efek yang kurang bagus bagi mata. Jika Anda bekerja didalam ruangan, sesekali keluarlah untuk menikmati cahaya alami yang ada diluar. Hal ini akan membantu lebih fokus dan memberi kesempatan mata untuk beristirahat. Cahaya alami yang berada diluar ruangan juga akan tetap menjaga mata kita selalu terbiasa dengan tingkat cahaya tinggi yang berguna untuk mengurangi resiko terkena myopia atau rabun jauh.

Bagi anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan, usahakan dalam sehari minimal berada diluar ruangan selama 2 jam agar mata dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya alami. Hal ini juga memiliki efek positif bagi pertumbuhan.

3. Jangan merokok!
Tips menjaga mata sehat berikutnya yaitu jangan merokok! Efek merokok sangatlah tidak baik bagi tubuh secara keseluruhan. Asap rokok yang selalu mengepul di mata mempunyai resiko mata akan terkena katarak, degenerasi makula (penurunan kualitas penglihatan) dan merusak saraf mata! Tidak merokok juga mengurangi resiko terkena penyakit seperti diabetes yang beresiko buruk bagi mata.

4. Cek mata secara rutin
Jika didalam keluarga Anda (terutama orang tua atau kakek/nenek) ada yang memiliki riwayat yang bermasalah dengan riwayat kesehatan mata, maka Anda memiliki resiko untuk menurun penyakit tersebut. Serta jika kita memiliki beberapa ciri-ciri seperti; sering pusing, cepat lelah ketika membaca, sering menyipitkan mata, sering membaca dengan jarak dekat, maka segeralah melakukan cek kesehatan mata dengan dokter mata.

5. Kontrol penggunaan gadget
Tips menjaga mata sehat berikutnya yaitu jangan terlalu sering menggunakan gadget dalam jangka waktu lama karena sangat berbahaya bagi mata. Gadget seperti komputer dan smartphone akan memicu ketegangan pada mata jika kita terlalu lama memandanginya. Ketegangan pada mata akan membuat sebuah “ketidaknyamanan fisik sementara”  pada mata kita. Efek lainnya dari penggunaan gadget dalam jangka lama yaitu seperti iritasi, mata kering, penglihatan menjadi kabur, mata lelah, sakit kepala, leher dan punggung mengalami kelelahan.

Beberapa tips menjaga mata sehat diatas tidak terlalu sulit untuk dilakukan jika kita merasa bahwa mata adalah sebuat aset yang sangat berharga. Jika mata mengalami kondisi kurang sehat, maka efeknya tentu saja akan menghambat semua aktifitas sehari-hari. Mari kita jaga dan sayangi mata kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua.