Tanda Menopause Dini Pada Wanita

Fase Menopause adalah fase di mana wanita berhenti mengalami penghentian fase menstruasi (haid), selain itu menopause juga memengaruhi masa produktif. Umumnya, wanita akan mengalami umur menopause di usia 50 tahun ke atas. Meskipun begitu, ada juga yang mengalami tanda menopause dini pada wanita. Hal tersebut memang cukup jarang, namun terjadi dengan tanda siklus menstruasi yang mulai menurun di umur 30-an tahun.

Gejala menopause disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen dan progesteron, karena menurunnya fungsi ovarium yang memberikan efek reaksi pada tubuh. Perubahan kadar estrogen dan prosgesteron akan memengaruhi hormon pada tubuh, sehingga mengalami berbagai gejala, mulai dari gejala ringan hingga berat sampai tubuh menerima perubahan hormon pada tubuh.

Tanda Menopause Dini Pada Wanita

Berikut adalah tanda-tanda menopause dini pada wanita yang harus Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Keringnya Vagina
Terjadinya menopause akan mengubah hormonal tubuh di mana ketika siklus hormonal, vagina akan dilumasi dengan baik. Oleh karena itu, terjadinya menopause akan menyebabkan vagina kering untuk jangka waktu yang cukup lama.

2. Menstruasi tidak teratur
Ketika menstruasi yang datang tidak teratur dalam kurun yang tiba-tiba, anda tentu saja perlu berkonsultasi dengan dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur tersebut merupakan salah satu tanda menopause dini pada wanita.

3. Keringat berlebih
Gejala menopause dini yang paling umum adalah bertambahnya volume keringat harian pada tubuh anda. Bahkan keringat berlebih tersebut juga terkadang muncul pada malam hari hingga mengganggu pola tidur. Hal ini disebabkan oleh hormon yang berubah pada tubuh. Tapi tenang saja, anda bisa mengosumi obat, ramuan, atau vitamin untuk wanita menopause dalam upaya mengurangi gejala menopause yang mengganggu.

4. Perubahan Suasana Hati
Perubahan hormon pada wanita menopause banyak membuat wanita mengalami perubahan suasana hati. Tak jarang wanita menopause akan mudah marah, sedih, hingga merasa melankolis. Tak hanya itu, wanita menopause juga kadang merasa tertekan hingga stres.

5. Gairah Seks Menurun
Wanita pada usia 20-an hingga 30-an umumnya memiliki dorongan seksual tinggi atau sedang berada di puncak dorongan seksual. Anda perlu berkonsultasi dan memeriksakan pada dokter jika di usia 30-an anda sudah menghindari seks dan menolak melakukannya dengan pasangan, serta merasakan turunnya gairah seksual secara drastis.

Gairah yang menurun bisa menjadi tanda menopause dini pada wanita
Gairah yang menurun bisa menjadi tanda menopause dini pada wanita

6. Rendah Kalsium
Pada menopause, seseorang akan mengalami penurunan tingkat estrogen pada tubuh, sehingga akan membuat anda kehilangan kalsium pada tulang. Oleh karena itu, wanita yang telah mengalami menopause akan lebih rentan mengalami sakit sendi dan tulang lemah. Jika anda mengalami hal tersebut, coba segerakan mengecek hormon anda ke dokter.

7. Palpitasi
Palpitasi adalah sebuah tanda masalah jantung, palpitasi terjadi ketika jantung berdebar dengan kuat, cepat, dan tidak beraturan. Menopause dapat menyebabkan palpitasi, sebab hormon reproduksi wanita yang melindungi jantung dari kerusakan menurun bahkan tidak lagi berfungsi.

8. Infertilitas
Infertilitas adalah istilah lain kemandulan atau ketidaksuburan wanita dalam reproduksi. Hal ini umum terjadi pada wanita yang telah menopause karena kadar hormon dan menstruasi tidak teratur. Hal ini yang akan membuat wanita menopause menjadi kesulitan untuk hamil.

Itulah beberapa tanda menopause diniĀ  pada wanita yang umum dijumpai sebagai gejala. Apabila anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, anda tentu perlu memeriksakan ke dokter dan berkonsultasi. Sebab, sebaiknya anda tidak terburu-buru mendiagnosa gejala-gajala tersebut sebagai tanda menopause. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.