Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Apakah Anda memiliki masalah rambut rontok berlebihan? Apakah Anda melihat gumpalan rambut Anda setiap kali Anda mandi? Semua orang jika mengalami hal ini tentu akan merasa stress. Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok secara belebihan. Dalam artikel ini kami akan mengulas beberapa pencegahan dan cara mengatasi masalah rambut rontok berlebihan secara alami.

Tips untuk Membantu Menjaga Kelebatan Rambut Sebelum Mengalami Rambut Rontok Berlebihan

1. Pertama-tama, berhenti berpikir berat tentang rambut Anda. Stres akan menyebabkan folikel rambut Anda melemah. Semakin Anda resah karena kehilangan rambut, semakin cepat Anda akan kehilangannya. Tenangkan pikiran Anda dan lakukan sesuatu untuk mengalihkan pikiran dari masalah ini.

2. Perhatikan pola makan Anda. Diet kurang sehat malah akan membuat tubuh anda kurang seimbang. Diet rendah kalori dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut Anda. Anda perlu melakukan diet seimbang yang menyediakan setidaknya 1.200 kalori per hari untuk kesehatan rambut.

3. Anda mungkin perlu melengkapi diet Anda dengan suplemen untuk menghentikan rambut rontok. Vitamin dan mineral sama pentingnya untuk rambut Anda seperti untuk bagian lain dari tubuh Anda. Biotin, vitamin B dan C dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Suplemen terbaik yang dapat Anda gunakan adalah suplemen multivitamin dan mineral yang disebut pil prenatal.

4. Rambut Anda terbuat dari keratin, yang merupakan jenis protein. Makan lebih banyak protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Sumber protein yang bagus adalah ikan dan putih telur. Jika Anda bisa, Anda harus melengkapi diet Anda dengan asam amino. Asam amino akan membantu menghentikan rambut rontok berlebihan.

5. Untuk membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan ketakutan akan rambut rontok berlebihan, cobalah mengikuti kelas meditasi dan yoga. Meditasi ini mengajarkan Anda cara bersantai, yang dapat membantu menenangkan pikiran dan menghentikan rambut Anda dari kerontokan.

6. Jangan menggunakan air panas untuk mandi. Ini sangat penting untuk diterapkan karena air panas akan melemahkan dan memperluas pori-pori rambut yang akan membuat folikel lebih cepat rontok. Jadi jika Anda mencoba untuk menghentikan rambut rontok berlebihan, jangan mencucinya dengan air panas. Sebaliknya, mandi dengan air dingin atau hangat untuk meningkatkan kesehatan rambut.

7. Pastikan Anda keramas secara teratur; kulit kepala yang bersih menjaga rambut tetap sehat.

8. Pastikan Anda minum 10-12 gelas air setiap hari.

9. Cuci rambut Anda dengan sampo dan kondisioner ringan setidaknya dua kali seminggu. Setelah memakai kondisioner, pastikan rambut sudah bersih dari kotoran.

10. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi. Sayuran warna hijau banyak mengandung zat besi.

11. Pastikan Anda memiliki asupan zinc yang cukup karena zinc sangat penting untuk mencegah rambut rontok dan rambut beruban. Selain itu orang yang memiliki berat badan berlebihan cenderung memiliki kekurangan zinc yang terkait dengan indeks massa tubuh. Jika Anda kelebihan berat badan dan Anda merasa rambut Anda terlalu banyak rontok, cobalah tingkatkan asupan zinc pada makanan anda Anda.



12. Kekurangan vitamin B juga menyebabkan rambut rontok. Selain kekurangan vitamin B juga menyebabkan rambut cepat beruban. Oleh karena itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

13. Vitamin lain yang berguna untuk rambut dan kelapa kulit sehat adalah vitamin E. Perbanyak makanan seperti gandum, telur dan minyak sayur.

14. Perbanyak makanan seperti kacang mete, kacang tanah, biji-bijian, susu, dan kacang-kacangan.

Tips sederhana ini dapat membantu Anda mengurangi atau menghentikan rambut rontok berlebihan.

Rambut rontok berlebihan
Mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami

Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Rambut rontok berlebihan memang sangat menakutkan. Beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok berlebihan adalah meningkatnya polusi dan udara beracun di lingkungan kita, gaya hidup tidak sehat, stres, ketidakseimbangan hormon, dan diet yang tidak seimbang. Bagaimanakah cara untuk mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami? Berikut ini kami uraikan.

A) Pijatan Minyak Hangat

Pijat kulit kepala Anda dengan minyak hangat adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah ke sel-sel folikel rambut sehingga rambut akan mendapatkan nutrisi yang tepat sehingga mampu menhindarkan dari rambut rontok berlebihan. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat mampu membantu melepaskan stres dan meningkatkan kekuatan akar rambut Anda. Panaskan dan kemudian tunggu hingga minyak menjadi hangat. Minyak yang bisa digunakan adalah minyak almond atau minyak kelapa. Pijat secara berlahan dan lembut kulit kepala Anda dengan ujung jari untuk meningkatkan sirkulasi darah ke sel rambut.

B) Fenugreek Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Fenugreek kaya akan hormon anteseden yang membantu pertumbuhan dan memperbaiki folikel rambut. Bijinya juga kaya protein yang membantu memperkuat batang rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Rendam 1 sendok makan biji fenugreek semalam, kemudian giling atau tumbuk keesokan hari dan campur dengan sedikit air hingga seperti pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada kulit kepala Anda, biarkan selama 30-45 menit setelah itu bilas dengan banyak air tidak perlu menggunakan sampo.

C) Cegah Rambut Rontok Berlebihan dengan Lidah Buaya

Lidah buaya sangat efektif untuk rambut rontok. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antiseptik, anti-inflamasi yang mengurangi masalah seperti pengelupasan kulit kepala dan gatal-gatal. Lidah buaya bersifat alkali dimana lidah buaya bisa membantu membantu dalam menjaga tingkat pH alami dari pertumbuhan kulit kepala dalam menghasilkan folikel baru. Hal ini sangat efektif untuk melawan ketombe. Gunakan gel lidah buaya dengan cara oleskan ke kulit kepala. Diamkan selama 30-45 menit dan kemudian bersihkan rambut dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 3 – 4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.




D) Menjaga Kesehatan Rambut dengan Jus Buah Bit

Buah bit kaya akan nutrisi seperti fosfor, kalium, kalsium, vitamin B kompleks dan vitamin C. Semua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan rambut. Anda dapat meminum jus buah bit setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Sebagai alternatif, parut buah bit dan kemudian gunakan hasil parutan tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama 30-45 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk pertumbuhan yang lebih baik.

Baca juga: Menumbuhkan Rambut Cepat Panjang Yang Sehat

E) Menggunakan Shikakai 

Shikakai memiliki kemampuan untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerusakan. Anda dapat menggunakan Shikakai untuk mengontrol rambut rontok berlebihan dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Cara penggunaannya yaitu blender saja shikakai dengan air secukupnya dan kemudian biarkan dulu semalaman. Kemudian esok hari oleskan ampas shikakai tersebut pada kulit kepala kemudian biarkan selama 1 jam. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Gunakan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan pertumbuhan rambut sehat dan berkilau.

Cukup banyak cara untuk mengatasi rambut rontok berlebihan. Anda bisa memilih dan menggunakan cara alami seperti yang kami uraikan diatas. Jika Anda tidak segera mengatasi rambut rontok tentu efeknya akan sangat merugikan Anda sendiri. Selamat mencoba.