Perawatan Rambut Rusak Mudah dan Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Rambut rusak adalah mimpi buruk bagi hampir sebagian besar orang. Namun terkadang rambut rusak baru diketahui ketika sudah terlambat. Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan rambut baik itu rusak parah atau rusak ringan. Salah satu hal yang sering membuat rambut rusak adalah penggunaan bahan-bahan kimia keras yang terkandung di dalam produk untuk rambut. Jika rambut ada rusak, maka Anda membutuhkan perawatan rambut rusak yang intensif.

Jika Anda memiliki rambut yang kering, keriting, berwarna atau sering dikepang, Anda mungkin memerlukan sampo profesional khusus dan produk perawatan rambut lainnya untuk membantu merawat rambut Anda. Sementara perbaikan terbaik untuk rambut rusak adalah melakukan pencegahan. Sebelum Anda terlanjur merusak rambut, mari kita ulas dulu beberapa hal yang menyebabkan rambut cepat mengalami kerusakan.

Penyebab Rambut Rusak

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan rambut rusak. Sebagian besar diataranya bahkan tidak kita sadari karena terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang menyebabkan rambut rusak:

  1. Panas
  2. Styling
  3. Sengatan sinar matahari
  4. Pola diet yang kurang sehat
  5. Pewarna rambut
  6. Penggunaan bahan-bahan kimia keras pada produk rambut
  7. Air yang mengandung klorin
  8. Pelurusan rambut (Rebonding)

Paparan panas sinar matahari juga sangat berperan dalam merusak rambut. Pola diet yang buruk (terutama kekurangan protein dan asam lemak esensial) juga menyebabkan rambut yang lemah atau rusak. Ingat bahwa diet yang sehat akan menghasilkan rambut yang sehat, berkilau, dan kuat.

Ketika Anda sering terdampak oleh faktor-faktor diatas, kerusakan rambut Anda hanya tinggal menunggu waktu saja. Oleh karena itu, hal yang lebih baik adalah mencegah rambut Anda sebelum rusak. Jika rambut Anda sudah mengalami kerusakan, maka anda membutuhkan perawatan rambut rusak yang intensif.

Perawatan Rambut Rusak
Perawatan Rambut Rusak

Perawatan Rambut Rusak

Tidak ada formula ajaib yang akan menyembuhkan semua masalah rambut Anda secara instan. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas dan kondisi rambut Anda. Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini tidak akan menyembuhkan rambut Anda dalam sekejap. Bahkan, Anda mungkin harus melakukan perawatan ini beberapa kali untuk mulai melihat hasilnya seiring dengan perkembangan rambut Anda dari waktu ke waktu. Pencegahan selalu merupakan metode terbaik, Anda perlu melakukan apa yang Anda bisa untuk melindungi rambut Anda.



Bagaimana Cara Melindungi Rambut Anda?

Berikut beberapa cara untuk mencegah kerusakan pada rambut Anda:

  1. Gunakan pelindung kepala pada saat siang hari yang menyengat.
  2. Jangan mengeringkan rambut sampai benar-benar kering. Biarkan sedikit lembab.
  3. Gunakan conditioner rambut yang mengandung perlindungan sinar UV.
  4. Jika ingin mewarnai rambut, gunakan pewarna rambut yang mengandung amonia rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.
  5. Jangan sisir rambut basah dengan sisir yang bergigi sempit (sisir serit). Gunakan sisir bergigi lebar.
  6. Hindari terlalu lama berenang di kolam renang. Karena air kolam renang mengandung klorin. Pakai topi khusus renang ketika Anda berenang.
  7. Keramas dan bersihkan rambut setelah berenang dan gunakan conditioner.
  8. Perbanyak konsumsi makanan kaya protein (ayam, ikan, dan kacang-kacangan).
  9. Perbanyak makanan yang kaya asam lemak esensial (bukan dari sumber hewani).

Berikut ini kami uraikan beberapa teknik perawatan rambut rusak yang bisa Anda lakukan dirumah sehari-sehari:

Ada banyak hal yang bisa merusak rambut Anda. Hair dryer, straightening dan pelurus rambut atau pengeriting rambut hanyalah beberapa contoh. Sering mewarnai rambut, paparan sinar matahari dan polusi juga bisa merusak rambut Anda. Untungnya, ada beberapa teknik perawatan rambut rusak alami dan mudah berikut ini.

1. Buang Rambut Bercabang

Salah satu masalah rambut rusak yang paling umum bagi wanita adalah ujung rambut bercabang. Hal ini bisa diselesaikan dengan pemangkasan sederhana. Anda dapat melakukannya sendiri. Anda bisa memilih rambut dengan ujung yang bercabang. Jika semua atau hampir semuanya rusak, potong sekitar seperempat inci untuk mencegah terpecah hingga ke akar.

2. Kurangi Menggunakan Shampo

Minimalkan penggunaan shampo Anda hingga dua-tiga kali seminggu. Gunakan perawatan rambut dengan shampo organik atau alami.

3. Menggunakan Kondisioner Alami

Tahukah Anda bahwa kondisioner rambut alami bisa didapatkan dari telur? Ya, Anda bisa menggunakan telur sebagai kondisioner rambut. Terutama bagian kuning telur adalah yang terbaik untuk dijadikan kondisioner alami. Jika Anda memiliki rambut berminyak, gunakan putih telur sebagai kondisioner.

Setelah menggunakan telur sebagai kondisioner, bilas rambut Anda dan biarkan kering. Bungkus rambut Anda menggunakan handuk dan jangan digosok. Dan jangan dikeringkan menggunakan Hair Dryer. Cukup tunggu hingga mengering dengan sendirinya. Atau jika Anda terburu-buru, gunakan kipas untuk membantu proses pengeringan rambut.




4. Menggunakan Madu

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut rusak adalah madu. Jika rambut Anda kering dan sering terpapar sinar matahari, perawatan menggunakan madu pada rambut adalah salah satu solusi alami. Setengah cangkir madu sudah cukup. Cara menggunakannya adalah basahi dulu rambut dan kemudian oleskan madu ke rambut Anda. Tunggu hingga kurang lebih 20 menit dan setelah itu bilas dengan air hangat untuk menghilangkan lengket pada rambut. Jika membilas dengan air hangat belum menghilangkan lengket, oleskan minyak zaitun ke rambut Anda untuk menghilangkan lengket-lengket.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa ada banyak hal yang bisa merusak rambut Anda. Untungnya, ada banyak cara perawatan rambut rusak secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan untuk memangkas dan menghapus ujung rambut yang bercabang. Jangan terlalu sering keramas menggunakan shampo. Cukup 2-3 kali dalam seminggu keramas dengan menggunakan shampo. Kami menyarankan lebih sering menggunakan kondisioner alami menggunakan kuning telur untuk menambahkan efek pelembab. Perawatan minyak atau madu dapat membantu masalah kerusakan rambut akibat sinar matahari.