Wajib Tahu, Inilah Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Posted on

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Mungkin kata-kata ini familiar Anda dengarkan. Pada kenyataannya, hal ini memang benar adanya. Sebagian besar wanita sangat menyukai bagian rambutnya. Banyak cara dilakukan para wanita untuk merawat rambutnya agar selalu sehat dan berkilau. Tapi tidak semua wanita dapat mempertahankan rambut indah tersebut. Banyak beberapa masalah yang dialami para wanita yang terkait dengan kesehatan rambutnya. Salah satu yang sangat umum terjadi adalah masalah kerontokan rambut. Penyebab rambut rontok pada wanita banyak disebabkan oleh berbagai faktor.

Penyebab rambut rontok pada wanita tidak sama antara satu wanita dengan wanita yang lainnya. Beberapa faktor dominan seperti hormon dan kondisi emosional menjadi faktor pembeda utama pada beberapa wanita. Untuk mengetahui secara lengkap apa saja penyebab rambut rontok pada wanita mari kita uraikan berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

1. Efek Hamil dan Persalinan
Ketika seorang wanita hamil, tubuh akan mengalami perubahan hormon yang signifikan. Biasanya rambut rontok akan terjadi pada masa kehamilan. Namun ada pula yang mengalami kerontokan rambut setelah persalinan. Biasanya kerontokan terjadi pada 3 bulan setelah persalinan. Karena pengaruh dari hormon estrogen yang meningkat dan mempengaruhi kulit dan rambut. Rambut rontok ini merupakan hal yang alami, yang dalam beberapa bulan akan pulih dan tidak rontok lagi.

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita
Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

2. Sindrom Ovarium Polikistik
Salah satu penyebab rambut rontok pada wanita adalah sindrom ovarium polikistik. Penderita sindrom ini, tubuhnya akan memproduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Dan memberikan efek pada tubuh wanita ditumbuhi rambut berlebihan pada bagian kaki dan lengan. Disamping itu, perempuan yang memiliki hormon androgen berlebihan dapat mengalami kerontokan rambut kepala secara berlebihan.

3. Pengaruh Hormon DHT
Penyebab rambut rontok pada wanita berikutnya adalah faktor hormon. Hormon DHT bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok pada wanita. Sebenarnya hormon ini terdapat pada laki-laki dan perempuan. DHT adalah hormon androgen yang terdapat pada kelenjar folikel pertumbuhan rambut. Adanya perubahan metabolisme androgen yang dialami pada tumbuh dewasa, dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan.

4. Penyakit dan Infeksi
Penyebab rambut rontok pada wanita juga dapat diakibatkan oleh penyakit. Penyakit yang dapat menyebabkan rambut Anda rontok berlebihan adalah diabetes dan lupus. Selain itu, infeksi juga dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. Infeksi ini dapat disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Untuk mengobatinya, anda dapat menggunakan obat anti jamur.



5. Konsumsi obat-obatan dan Efek Pengobatan
Mengkonsumsi obat-obatan dapat menjadi penyebab rambut sering rontok pada wanita. Obat-obatan yang dapat memberikan efek samping rambut rontok misalnya obat yang mengandung vitamin A, obat pengencer darah dan obat anti depresan. Selain konsumsi obat-obatan, efek dari pengobatan juga menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. Contohnya pengobatan kanker yakni kemoterapi.

6. Gangguan Emosional
Perempuan lebih mudah mengalami gangguan emosional dibanding laki-laki. Hal ini juga menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. Karena adanya tekanan stress ataupun merasa tertekan menyebabkan otot syaraf kepala menegang. Otot syaraf kepala yang menegang, menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Dan pada saat inilah rambut mulai rontok. Solusi dari permasalahan ini adalah kembalilah menekan stress anda dengan hal-hal positif, sehingga rambut tidak mengalami kerontokan.

7. Kurang Gizi dan Vitamin
Banyak wanita yang melakukan diet ketat tanpa memperhatikan gizi dan vitamin. Kekurangan gizi dan vitamin dapat mengakibatkan rambut rontok berlebihan pada wanita. Vitamin B12, protein, asam folat dan zat besi adalah zat yang membentuk rambut. Bila anda kekurangan vitamin dan zat tersebut maka rambut akan menjadi lemah dan mulai rontok. Kembalilah mengkonsumsi gizi dan vitamin yang cukup untuk menyelesaikan permasalahan rambut rontok anda.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok pada wanita yang harus Anda ketahui. Rambut rontok memang sering terjadi dan tidak bisa dihindari. Kerontokan rambut dalam jumlah yang sedikit adalah sebuah hal yang normal. Namun bila jumlahnya banyak, maka sudah termasuk dalam kategori kerontokan parah dan patut untuk diperhatikan. Lakukan perawatan rambut secara rutin agar rambut Anda selalu terjaga kesehatannya.