Penyakit Kelamin pada Wanita Yang Berbahaya

Salah satu hal yang perlu untuk dilakukan di dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kebersihan organ intim. Karena terkadang banyak orang yang terlupa dan menyepelekan untuk melakukan hal ini. Menjaga kebersihan organ intim tidak hanya harus dilakukan oleh laki-laki, melainkan untuk wanita pun demikian. Karena anda dapat saja terkena penyakit kelamin pada wanita atau pria bila tidak menjaga kebersihan organ intim. Khusus untuk para wanita, selain harus menjaga kebersihan organ intim, wanita pun wajib mengetahui tentang penyakit kelamin pada wanita dan gejalanya.  Untuk mengetahui apa saja penyakit kelamin pada wanita yang harus diwaspadai, simaklah informasi di bawah ini

Beberapa jenis penyakit kelamin pada wanita

1. Keputihan
Penyakit keputihan pada wanita sering sekali terjadi, bahkan sudah banyak wanita yang terbiasa dengan penyakit ini. Keputihan terbagi menjadi dua, keputihan biasa dan keputihan yang tergolong sebagai penyakit. Keputihan normal biasanya hanya berupa lendir dan tidak memiliki bau. Sedangkan keputihan yang dikategorikan sebagai penyakit memiliki ciri sebagai berikut; menyebabkan gatal, memiliki warna kekuningan dan berbau anyir.

2. Kanker Serviks
Kanker serviks adalah contoh penyakit kelamin pada wanita yang saat ini sedang populer. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilorma. Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit ini. Karena tidak mengetahui gejala awal dari penyakit dan menganggapnya sebagai hal yang biasa. Gejala awal dari penyakit ini adalah pendarahan sesudah haid dan hubungan intim. Bila gejala awal sudah terjadi, maka akan tumbuh benjolan tidak rata pada kemaluan anda.

Penyakit Kelamin pada Wanita
Penyakit kelamin pada wanita salah satu penyebabnya berganti-ganti pasangan

3. Kandidiasis
Kandidiasis merupakan penyakit kelamin pada wanita yang banyak dijumpai. Penyebab dari penyakit kelamin ini adalah jamur Candida Albicans. Penyakit ini biasanya menyerang orang dengan tingkat imunitas yang rendah. Tanda-tanda dari penyakit kelamin ini adalah adanya bercak-bercak putih di atas mukosa dimulai dari leher rahim sampai mulut kemaluan.

Terdapat pula gejala lain yaitu adanya cairan putih kekuningan. Tidak hanya dapat menyerang alat vital, jamur ini dapat menyerang paru-paru, kulit, ataupun bagian tubuh yang lain.

4. Herpes Genitalis
Penyakit kelamin pada wanita ini terjadi karena akibat hubungan seksual. Penyakit ini timbul karena sebuah virus, yaitu Herpes Virus Hominis. Virus ini biasanya menyerang alat kemaluan dan daerah di sekitarnya, seperti bokong, anus dan paha.
Bagi yang telah terinfeksi virus ini, maka akan merasakan panas pada bagian-bagian tersebut setelah beberapa hari melakukan hubungan seksual. Proses berikutnya setelah terinfeksi dan merasakan panas, penderita akan mulai merasakan tidak enak badan, nyeri otot, demam dan mulai cepat merasa lelah.

5. Trikomoniasis
Penyakit ini adalah penyakit parasit menular. Penyakit kelamin pada wanita ini terjadi karena adanya penularan melalui hubungan seksual. Penyebab dari penyakit ini adalah seringnya berganti-ganti pasangan, penggunaan obat yang berjenis suntikan, atau berhubungan badan dengan laki-laki yang terinfeksi. Tanda awal penyakit kelamin pada wanita ini biasanya dinding kemaluan akan terlihat berwarna kekuning-kuningan atau kehijauan. Selain itu, kemaluan juga berbau tidak sedap dan berbusa.

Jika anda mengalami gejala-gejala penyakit kelamin pada wanita seperti yang sudah kami uraikan diatas, maka segeralah periksakan diri anda ke dokter. Hal ini penting dilakukan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap tubuh anda. Selain itu hal ini penting, agar penyakit tersebut dapat segera di tangani. Itulah beberapa jenis penyakit kelamin pada wanita yang perlu untuk di ketahui. Kunci utama menghindari terkena penyakit kelamin adalah rajin menjaga dan membersihkan organ kewanitaan serta hindari berhubungan seks berganti-ganti pasangan.