Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif (1)

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang timbul sejalan dengan perubahan fisiologis tubuh manusia. Semakin bertambah umur seseorang, daya kerja sel juga akan mengalami penurunan. Akibatnya akan bermunculan berbagai gangguan penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal, rematik, tumor, batu empedu, gangguan prostat, dan tulang keropos. Berbagai penyakit degeneratif ini akan kita bahas satu-persatu macam-macamnya serta cara mengobatinya menggunakan ramuan tradisional alami dan akan kita bagi menjadi dua bagian artikel.

Mengobati penyakit degeneratif dengan ramuan tradisional
1. Mengobati Jantung
Penyakit degeneratif seperti sakit jantung terjadi dikarenakan menurunnya berbagai fungsi organ yang berhubungan erat dengan fungsi jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, kebiasaan merokok, dan tingkat stress yang tinggi. Darah tinggi terjadi karena kakunya pembuluh darah atau penyumbatan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah meninggi sehingga kerja jantung menjadi lebih keras.

Penyakit Degeneratif
Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif

Secara langsung penyakit degeneratif seperti kolesterol ini berpengaruh pada sistem kerja jantung karena menyumbat pembuluh darah koroner pada jantung. Kebiasaan merokok juga bisa mengakibatkan terjadinya pembekuan pembuluh darah pada jantung. Sementara itu, tingkat stress yang tinggi secara otomatis akan memacu kerja jantung sehingga kinerjanya tidak stabil. Terdapat beberapa jenis gangguan jantung, yakni payah jantung akibat kelebihan beban kerja, pembengkakan jantung, dan penyumbatan pembuluh darah koroner atau yang populer dengan sebutan penyakit jantung koroner.

Terdapat beberapa macam ramuan untuk mengobati penyakit jantung sekaligus untuk mengobati berbagai penyakit yang berkaitan erat dengan gangguan jantung, seperti denyut jantung yang tidak teratur, pembengkakan jantung, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, dan kolesterol.

1. Ramuan I (untuk mengatasi denyut jantung tidak teratur)
Bahan yang diperlukan untuk membantu mengobati penyakit degeneratif ini adalah 15 gram jahe, 50 gram kulit pisang, dan 20 gram gula batu. Cuci semua bahan hingga bersih. Selanjutnya direbus dengan air bersih sebanyak 600 ml hingga tersisa 300 ml. Air rebusannya disaring. Minum ramuan tersebut selagi hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari, tetapi harus disertai dengan konsultasi dengan dokter ahli.

2. Ramuan II (untuk mengobati pembengkakan jantung)
Ramuan berikutnya untuk membantu mengobati penyakit degeneratif ini yaitu; sediakan setengah genggam daun kemangi, setengah sendok teh biji kemangi, dua buah akar kemangi, dan satu ibu jari kencur. Cuci semua bahan hingga bersih, memarkan kencur. Bersama dengan bahan lainnya, rebus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya. Diminum dua kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

3. Ramuan III (untuk menurunkan tekanan darah tinggi)
Sediakan dua batang meniran termasuk akar dan daunnya, seperempat gengam pegagan atau daun tapak kuda, sebelas lembar daun kumis kucing, dan dua jengkal tangan akar alang-alang.

Cuci semua bahan hingga bersih, lalu rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, ramuan ini harus disaring. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum. Ramuan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan kram atau kesemutan. Bahkan berkhasiat juga untuk mengobati penyakit asam urat.

4. Ramuan IV (untuk mengatasi tekanan darah rendah)
Ramuan berikutnya untuk mengobati penyakit degeneratif ini adalah; sediakan 15 gram jahe dan gula merah secukupnya. Cuci jahe hingga bersih, lalu rebus dalam air bersih sebanyak 400 ml hingga airnya tersisa 200 ml. Sebelum diminum, air rebusannya disaring. Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur.

5. Ramuan V (untuk mengobati kolesterol dan penyumbatan pembuluh darah)
Ramuan berikutnya untuk membantu mengobati penyakit degeneratif ini adalah; sediakan dua jari tangan temu giring, tiga lembar daun jati belanda, dan tiga belas lembar daun kemuning muda. Kupas temu giring, lalu cuci dan di iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus bersama dengan bahan lainnya dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Saring hasil ramuan tersebut.

Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan takaran setengah gelas setiap kali minum. Selain untuk menurunkan penyakit degeneratif kolesterol, ramuan ini dapat digunakan untu melarutkan lemak tubuh sehingga berat badan penderita lambat laun akan turun. Jika kolesterol yang dilarutkan terlalu banyak, tambahkan bawang putih ke dalamnya. Kecuali jika penderita mempunyai penyakit maag. Fungsi bawang putih untuk merangsang pembentukan asam lambung.

6. Ramuan VI (penyakit jantung yang tidak terlalu parah dan untuk pencegahannya)
Ramuan berikutnya untuk mengobati penyakit degeneratif ini yang berikutnya yaitu; sediakan satu sendok makan ramuan mahkota dewa instan murni, satu kapsul daun dewa dengan umbinya ukuran 500 ml, dan daun dewa segar. Seduh satu sendok ramuan mahkota dewa instan murni dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum satu kali sehari. Jika tersedia kapsul daun dewa dengan umbinya dapat diminum satu kapsul sehari. Dan jika senang lalap, dapat pula menjadikan daun dewa segar sebagai lalapan sehari-hari.

2. Mengobati Diabetes Mellitus
Penyakit degeneratif diabetes mellitus (DM) pada dasarnya merupakan penyakit kelainan metabolisme yang disebabkan menurunnya produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Kondisi tersebut menyebabkan seluruh gula (dalam bentuk glukosa) yang dikonsumsi oleh tubuh tidak dapat diproses secara sempurna, sehingga kadar gula dalam darah akan meningkat. Gula yang terdiri dari polisakarida, oligosakarida, disakarisa, dan monosakarida merupakan sumber tenaga yang akan menunjang seluruh aktivitas manusia. Seluruh zat gula ini akan diproses menjadi tenaga dengan adanya hormon insulin ini.

Gejala yang akan dialami para penderita penyakit degeneratif DM (diabetes) biasanya mengalami lesu, kurang tenaga, selalu merasa haus, sering buang air kecil (dalam semalam bisa mencapai delapan kali), luka mudah terinfeksi dan menjadi gangren (borok), serta penglihatan menjadi kabur. Gejala lain adanya kadar gula yang terlalu tinggi, akan terjadi atheroma sebagai penyebab awal penyakit jantung koroner.

Ada beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit degeneratif seperti diabetes ini. Diagnosis dan pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional harus tetap dikonsultasikan dengan dokter. Simak paparan bahan-bahan yang digunakan dan cara meramunya.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk mengobati penyakit degeneratif ini yaitu; sediakan ¼ genggam daun iler, ¼ genggam daun meniran, ¼ genggam daun sembung, ¼ genggam daun kumis kucing, ¼ genggam herba pegagan, ¾ sendok teh adas yang sudah ditumbuk, dan ¾ jari batang pulosari yang dipotong kecil-kecil. Cuci bersih semua bahan, lalu direbus dalam tiga gelas air dan dibiarkan hingga tersisa satu setengah gelas. Setelah dingin, ramuan tersebut disaring. Minum ramuan ini dua kali sehari sebanyak ¾ gelas sekali minum.

2. Ramuan II
Sediakan ½ genggam daun meniran,2 genggam adas, 1 genggam daun sembung, ½ genggam daun murbei, dan ½ genggam daun iler.
Cuci bersih semua bahan, kemudian potong kecil-kecil. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air selama 15 menit dalam keadaan tertutup. Kemudian dinginkan dan saring. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum.

3. Ramuan III
Ramuan berikutnya untuk membantu mengobati penyakit degeneratif ini adalah satu genggam biji mahoni. Keringkan biji mahoni tersebut, kemudian giling hingga halus dan menjadi bubuk. Bubuk tersebut digunakan sebagai penyedap minuman seperti halnya kopi bubuk.
Cara pemakaiannya diminum seperti minum kopi dua kali setiap hari dengan dosis satu gelas, satu jam sebelum makan.

4. Ramuan IV
Ramuan berikutnya untuk membantu mengobati penyakit degeneratif adalah; sediakan 6 cm batang brotowali, 1/3 genggam herba sambiloto, dan 1/3 genggam daun kumis kucing. Cuci bersih semua bahan. Batang brotowali dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebus semua bahan dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Setelah agak dingin, saring ramuan tersebut.
Minum hasil rebusan tersebut dua kali sehari setengah jam sebelum makan pada pagi dan sore hari, dengan dosis satu gelas.

5. Ramuan V
Sediakan 10 gram herba sambiloto kering, 21 lembar atau sejumput daun mimba, dan satu jengkal batang brotowali. Cuci bersih semua bahan, batang brotowali dipotong kecil-kecil. Semua bahan direbus dalam lima gelas air bersih hingga tersisa tiga gelas, dengan menggunakan api kecil. Minum ramuan tersebut 3x sehari dengan takaran satu gelas setiap hari. Diminum sebelum makan.

6. Ramuan VI
Ramuan berikutnya untuk mengobati penyakit degeneratif ini adalah; sediakan 10 gram herba sambiloto, 10 gram herba pegagan, dan 10 gram herba kumis kucing. Bisa juga menggunakan 3 lembar daun dewa segar.
Rebus semua bahan kecuali daun dewa, dalam 5 gelas air hingga tersisa tiga gelas dengan menggunakan api kecil. Minum air rebusan tersebut 3x sehari dengan dosis satu gelas setiap hari, satu jam sebelum makan. Bahan-bahan sisa rebusan dibalurkan pada bagian tubuh yang terdapat luka. Sementara itu, daun dewa segar cukup dimakan sebagai lalapan.

7. Ramuan VII
Sediakan 3 lembar daun salam, 3-5 iris kecil teh racik mahkota dewa. Rebus semua bahan dalam 3 gelas air, hingga airnya tersisa sekitar satu setengah gelas. Ramuan ini diminum selama 3 hari berturut-turut atau seminggu sekali.

8. Ramuan VIII
Ramuan terakhir untuk membantu mengobati penyakit degeneratif ini yaitu sediakan satu sendok teh racik mahkota dewa dan tiga lembar daun salam. Rebusa kedua bahan tadi dengan air bersih, kemudian air rebusannya diminum 3x sehari.

Itulah berbagai ramuan tradisional untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit degeneratif. Masih ada ramuan-ramuan tradisional lain yang bisa Anda manfaatkan dan akan kami sajikan pada artikel bagian ke dua yang masih akan membahas pengobatan alami penyakit degeneratif. Nantikan dan baca artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.