Merawat Rambut Kering Secara Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Rambut kering adalah salah satu masalah rambut yang menimpa sebagian besar pria dan wanita saat ini. Banyak faktor yang menyebabkan rambut kering. Rambut kering sering dikaitkan dengan kulit kepala. Kondisi lingkungan juga menyebabkan rambut kering. Hal-hal seperti sengatan sinar matahari, mineral dan klorin dalam air yang digunakan untuk mencuci rambut kita dan bahan-bahan perawatan rambut yang mengandung zat kimia berbahaya. Merawat rambut kering dibutuhkan upaya yang sabar dan tekun.

Sebelum mengulas cara merawat rambut kering, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menyebabkan rambut kering lebih spesifik. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita bisa menghindarinya dan menjaga rambut tetap sehat.

Penyebab Rambut Kering

Terkadang kita tidak menyadari jika air yang kita gunakan untuk mandi setiap hari mengandung bahan penjernih air yang kurang baik bagi kulit dan rambut. Berenang juga bisa memicu rambut kering. Air kolam renang mengalami proses klorinisasi yang mana zat ini sangat tidak baik bagi rambut. Air yang keras bisa memicu ketombe, menipiskan rambut, dan kulit kering bersisik. Air yang keras selain merusak rambut juga akan membuat rambut mengeriting.

Zat lain di dalam air yang juga sangat tidak baik bagi rambut adalah kalsium. Kalsium adalah mineral yang menentukan kekerasan air. Efek kalsium pada rambut adalah sebagai berikut:

1. Kalsium membuat rambut terasa kering. Kalsium yang menumpuk di kulit kepala dapat menyebabkan pengelupasan kulit kepala yang akhirnya menyebabkan ketombe.

2. Kalsium bisa merusak folikel rambut yang menyebabkan mudah putus atau rontok.

Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat rambut kering secara alami:

1. Makanan yang sehat. Hal terbaik untuk memulai merawat rambut kering adalah dari makanan. Konsumsi makanan sehat yang bagus untuk folikel rambut. Untuk mempertahankan pelembab alami kulit kepala, disarankan untuk mengkonsumsi ikan seperti salmon dan makanan yang kaya seng/zync seperti tiram yang juga sangat baik untuk rambut. Hindari Hair Dryer, idealnya, rambut harus dibiarkan kering secara alami. Anda bisa menepuknya sampai kering dan jangan menyisirnya saat basah karena juga dapat menyebabkannya rapuh.

2. Jangan terlalu sering mencuci rambut. Mencuci rambut terlalu sering akan menghilangkan minyak alami dan menyebabkannya lebih kering. Gunakan sampo hanya saat dibutuhkan. Shampo bisa mengurangi kelebihan minyak di rambut yang menarik kotoran, tetapi tidak bisa menjaga kelembaban rambut.

3. Cara terbaik merawat rambut kering adalah menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita dan bisa digunakan untuk merawat rambut kering adalah:

  • Santan – Gunakan santan secukupnya dan gunakan secara merata pada rambut. Gunakan secara rutin seminggu 1 kali untuk merawat rambut kering anda. Penggunaan secara rutin akan mengembalikan kelembaban rambut.
  • Minyak jojoba – Jojoba sudah banyak digunakan di berbagai produk shampoo dan perawatan rambut. Jojoba dapat mengembalikan kilau rambut dan menjaga kesehatannya karena berfungsi sebagai pelembab rambut.
  • Telur – Kocok 2 butir telur dan oleskan ke rambut Anda dan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Pilih sampo yang mengandung pelembab. Tidak semua sampo dibuat dengan formula yang  sama. Beberapa formula dari shampo akan menghilangkan minyak dan kelembaban pada rambut. Pilih yang di formulasikan khusus untuk rambut kering.



5. Biarkan rambut Anda kering sendiri. Jika memungkinkan, jangan keringkan rambut Anda sama sekali, biarkan saja kering dengan sendirinya. Panas yang dihasilkan oleh pengering seperti hair dryer atau alat pengering rambut lainnya tidak hanya membuat rambut makin kering bahkan dapat membuatnya rapuh dan rentan patah. Dan jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya terlalu keras menggunakan handuk. Gosok dengan lembut dan pelan-pelan namun jangan sampai rambut benar-benar kering. Biarkan sedikit basah agar terjaga kelembabannya.

6. Sikat rambut Anda dua kali sehari. Menyikat rambut akan membuat rambut Anda rapi. Menyikat rambut menggunakan sikat berbulu yang lembut akan membantu minyak alami dalam rambut semakin merata. Ingat, lakukan dengan lembut dan jangan sampai rambut tertarik oleh sikat. Selain itu, dengan menyikat rambut akan menghilangkan kotoran dan partikel lain yang dapat merusak rambut, dan juga merangsang produksi minyak alami di kulit kepala, membuatnya lebih berkilau. Jangan pernah menyikat rambut saat dalam keadaan basah.

7. Gunakan kondisioner rambut secara rutin. Gunakan kondisioner rambut cukup 1 kali dalam seminggu. Gunakan di rambut selama 15 hingga 30 menit agar kondisioner meresap dan menembus folikel dan batang rambut. Carilah produk kondisioner yang mengandung  protein dan pelembab seperti minyak zaitun.

8. Perhatikan jenis kain pakaian Anda. Kelihatannya ini sepele. Kain seperti wol dan sweater berkatun tebal dapat mengeringkan rambut dan menyebabkan ujung rambut bercabang. Jika memang sedang dalam keadaan dingin yang mengharuskan Anda menggunakan baju hangat berbahan wol atau sweater, lindungi rambut anda dengan menutupinya menggunakan syal sutra. Atau ketika tidur, gunakan sarung bantal yang menggunakan bahan satin.

9. Perbanyak konsumsi ikan. Minyak ikan memiliki minyak omega 3 lemak dan asam yang sangat penting untuk kulit, rambut dan sendi. Minyak ikan akan membantu merawat rambut kering dengan melembabkannya.

10. Mayones adalah salah satu kondisioner alami rambut. Anda bisa menggunakan kondisioner mayones 1 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembaban rambut.

11. Banyak minum air putih. Dengan cukupnya cairan dalam tubuh Anda, maka rambut juga akan terjaga kelembabannya.

12. Merawat rambut kering menggunakan adonan pisang. Ambil dua buah pisang matang dan kemudian tumbuk hingga lembut. Tambahkan setengah cangkir dadih ke dalam tumbukan pisang yang dihaluskan dan aduk dengan benar. Oleskan campuran ini ke kulit kepala Anda hingga ujung rambut. Biarkan adonan mengendap selama 15 menit dan kemudian keramas.




13. Ambil secangkir susu dan tambahkan telur kocok di dalamnya. Peras jus lemon dan kemudian campurkan. Anda harus menambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan dan pijat secara lembut ke rambut Anda dan setelah itu tutup dengan handuk. Biarkan selama satu jam setelah itu bilas hingga bersih.

Merawat rambut kering tidak jauh berbeda dengan perawatan rambut rusak. Beberapa cara merawat rambut kering diatas mungkin terlihat konyol bagi Anda. Namun Anda jangan meremehkan efek yang nantinya akan dihasilkan. Apalagi bahan-bahan alami diatas sangat mudah di dapatkan di sekitar kita. Pilihlah salah satu cara yang nyaman untuk Anda lakukan. Rambut kering akan memicu masalah rambut lainnya dan Anda harus segera mengatasinya.