Merawat Kulit Sehat dan Awet Muda

iapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang selalu tampak sehat dan awet muda? Baik itu kaum pria atau wanita terutama yang sudah berusia dewasa dan menjelang usia tua pasti ingin selalu memiliki kulit yang halus, mulus dan sehat.  Untuk mendapatkan kulit awet muda harus dipersiapkan semenjak masa muda kita dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Jadi makanan apa saja yang bisa merawat kulit tetap sehat dan awet muda mari kita simak berikut ini.

Merawat kulit sehat dan awet muda dengan konsumsi makanan berikut ini:
1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, C dan E
Vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan kulit adalah Vitamin A, C dan E. Jika kita sudah terbiasa sejak usia dini banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin-vitamin ini tentu saja efek jangka panjangnya ketika sudah dewasa salah satunya adalah memiliki kulit yang awet muda. Paduan ketiga vitamin ini akan menghasilkan keseimbangan kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit. Beberapa makanan yang mengandung Vitamin A, C dan E adalah :

Wortel, bayam, hati sapi, umbi, brokoli, telur, melon, ikan tuna, mangga, jeruk, kiwi, strawberi, tomat, kubis, kentang, biji bunga matahari, kacang almon, dan kacang-kacangan.
Merawat Kulit Sehat
Wortel dan brokoli bermanfaat untuk merawat kulit

2. Sayur dan Buah-buahan yang memiliki warna cerah
Buah-buah dan sayur yang memiliki warna cerah banyak memiliki banyak vitamin c yang dibutuhkan tubuh serta kandungan beta karoten. Contoh buah adalah seperti jeruk dan straberri.

3. Konsumsi makanan rendah gula
Konsumsilah makanan yang memiliki kadar gula yang rendah. Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi banyak memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kesehatan kulit.

4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak esensial
Lemak esensial bermanfaat merawat kulit dengan melawan efek penuaan serta menjaga kulit tetap lembab dan menjaga nutrisi yang baik untuk kulit. Beberapa makan yang mengandung lemak esensial adalah ikan salmon dan buah alpukat.

5. Makanan yang mengandung Zinc
Zinc adalah mineral yang sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Beberapa makanan yang banyak mengandung zinc diantaranya adalah kepiting, lobster, yogurt dan keju.

6. Makanan yang mengandung Selenium
Selenium adalah mineral anti oksidan yang sangat kuat untuk menjaga elastisitas kulit. Efek lain adalah mencegah jerawat dan kanker kulit. Makanan yang banyak mengandung selenium diantaranya adalah ikan tuna, makanan laut dan bawang.

7. Makanan yang mengandung Omega-3
Omega-3 sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia dan juga kesehatan kulit agar mendapatkan kulit awet muda. Omega-3 juga berguna untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Contoh makanan yang mengandung Omega-3 adalah ikan salmon, sarden dan kenari.

Untuk merawat kulit tetap sehat dan awet muda konsumsilah makanan-makanan diatas sejak usia muda agar kulit kita tetap terjaga kesehatannya dan tentu saja efek kulit awet muda akan kita dapatkan. Hindari juga makanan yang mengandung minyak berlebih dan manis yang berlebihan. Semoga ulasan makanan untuk merawat kulit tetap awet muda ini menjadi inspirasi untuk Anda.