Mengobati Nyeri Haid Secara Alami

Mengobati Nyeri Haid Secara Alami – Sakit pada saat haid merupakan hal yang umum terjadi, namun jika rasa sakit yang diakibatkan dirasa berlebihan, maka patut dicurigai adanya tumor atau peradangan yang terjadi di dalam vagina atau rahim. Rasa nyeri yang dialami akan terasa tajam, terkadang disertai dengan keram di bagian bawah perut. Namun, diduga karena adanya kontraksi otot rahim yang disebabkan tingginya kadar hormon prostaglandin. Selain itu, nyeri haid juga dapat dipicu oleh kondisi psikologis, seperti rasa tegang yang berlebihan. Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati nyeri haid secara alami.

1. Ramuan I
Siapkan dua jari jahe, dua batang serai, dan gula aren. Kupas jahe dan dicuci bersih. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air, hingga tersisa 2 gelas. Air rebusannya disaring dan di dinginkan. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

2. Ramuan II
Siapkan dua genggam daun rumput mutiara, cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebur. Minum ramuan ini dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan takaran setengah gelas untuk sekali minum. Resep ini juga bisa menyembuhkan myoma, infeksi jamur, dan serangan bakteri pada vagina. Namun, jika dosisnya berlebihan akan menimbulkan rasa haus dan kering di mulut.

Mengobati Nyeri Haid Secara Alami
Mengobati Nyeri Haid Secara Alami

3. Ramuan III
Sediakan 14 batang rimpang rumput teki, lalu cuci bersih. Rebus rimpang tersebut dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin saring airnya, lalu tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan dosis setengah gelas setiap kali minum. Selain untuk mengurangi nyeri pada waktu haid, rumput teki juga bisa digenakan untuk menghentikan pendarahan dan keputihan.

4. Ramuan IV
Sediakan 15 gram jahe, 15 gram rumput teki, dan gula merah secukupnya. Cuci hingga bersih, jahe dan rumput teki. Rebus semua bahan dalam 400 l air hingga tersisa 200 ml, lalu saring air rebusan tersebut. Minum air rebusan tersebut selagi hangat sebanyak dua kali setiap hari secara teratur.

5. Ramuan V
Siapkan 15 gram jahe, 25 gram bunga mawar segar, dan 15 gram bunga jengger ayam. Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dalam 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Saring air rebusannya. Minum air rebusan tersebut selagi hangat sebanyak dua kali sehari setiap hari.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk mengobati nyeri haid secara alami. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *