Mengenali Gejala Stroke Ringan Pada Wanita

Posted on

Stroke tergolong penyakit yang tidak menular. Banyak wanita yang meninggal akibat komplikasi stroke pada setiap tahunnya. Menurut data, lebih banyak wanita yang meninggal karena stroke dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, bagi para wanita Anda wajib berhati-hati dan mulai mengenali gejala stroke ringan pada wanita. Untuk mengetahuinya, simaklah informasi di bawah ini.

Gejala Stroke Ringan Pada Wanita

1. Pusing Kepala Tiba-Tiba
Gejala stroke ringan pada wanita yang pertama adalah adanya pusing kepala yang terjadi tiba-tiba. Pusing kepala inilah yang menyebabkan gejala stroke dapat hilang dan muncul kembali. Ini sering muncul pada stroke hemoragik yang terjadi ketika pembuluh darah pecah dan terjadi pendarahan di otak. Ini jarang terjadi, namun merupakan tingkat kematian yang cukup tinggi. Solusi dari masalah ini adalah jagalah kesehatan dan rajinlah berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu gejala stroke ringan pada wanita adalah sering pusing
Salah satu gejala stroke ringan pada wanita adalah sering pusing

2. Kehilangan Keseimbangan
Kehilangan keseimbangan merupakan gejala stroke ringan pada wanita berikutnya. Kehilangan keseimbangan dapat menyebabkan Anda terjatuh dan menyebabkan penyakit lainnya. Bila sudah mengalami kehilangan keseimbangan, sebaiknya segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Kecacatan pada Mulut
Kecacatan pada mulut adalah tanda dari stroke kecil. Kecacatan pada mulut akan membuat Anda sulit untuk berbicara, padahal biasanya sangat mudah. Di samping itu, orang yang mendengar pun akan kesulitan untuk mengerti apa yang dikatakan. Jika sudah merasakan gejala ini, segeralah melakukan perawatan medis sebelum terjadi gejala yang lebih parah.

4. Merasa Lemah atau Mati Rasa pada Sisi Tubuh atau Keseluruhan
Gejala stroke ringan pada wanita berikutnya yaitu tidak dapat merasakan bagian tubuh pada satu sisi atau seluruhnya. Gejala ini adalah gejala paling awal dari stroke ringan, yang biasanya terjadi pada lengan atau kaki. Selain itu, bila gejala stroke telah terjadi satu sisi dari wajah akan terlihat menurun dan berbeda dari biasanya.

5. Kesadaran Menghilang
Jika sudah pada gejala yang terburuk yakni kehilangan kesadaran maka Anda wajib menjalani rawat inap di rumah sakit. Penyebab stroke ringan pada wanita ini adalah serangan jantung yang tiba-tiba terjadi. Biasanya serangan jantung ini tidak dirasakan oleh penderita dan menganggapnya adalah hal yang biasa.

6. Kehilangan Penglihatan
Sama halnya seperti kehilangan kekuatan atau mati rasa, gejala stroke ringan pada wanita di bagian mata ini pun terjadi hanya satu sisi. Bila gejala ini terjadi Anda tidak akan melihat pandangan yang sama pada kedua mata. Hal ini terjadi karena lokasi di mana segala informasi diproses mengalami kerusakan. Namun tidak perlu khawatir, karena bagian bola mata dan syaraf optik tidak mengalami kerusakan dan baik-baik saja.

7. Cegukan Mendadak dan Nyeri Dada
Gejala stroke ringan pada wanita berikutnya yaitu sering mengalami cegukan mendadak dan nyeri dada. Seperti yang diketahui oleh banyak orang, penyebab stroke dapat beragam hal. Namun yang paling sering adalah adalah adanya serangan jantung mendadak. Serangan jantung akan menimbulkan gejala nyeri dada yang parah atau ringan. Sehingga sering kali ini tidak dianggap sebagai penyakit yang serius. Akibat oksigen yang tersendat dan tidak sampai ke otak juga menyebabkan cegukan terjadi. Bila cegukan mendadak sering melanda tanpa ada alasan yang jelas. Anda harus waspada terhadap gejala tersebut.

Jika Anda atau orang terdekat mengalami beberapa gejala tersebut. Sebaiknya segeralah hubungi tim medis, agar segera mendapatkan penanganan terbaik. Dengan demikian, akibat komplikasi dari stroke ringan dapat dihindari sesegera mungkin. Inilah beberapa informasi penting tentang gejala stroke ringan pada wanita, semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda. Salam sehat selalu dan jagalah kesehatan tubuh Anda.