Manfaat Strawberry untuk Kesehatan – Buah Cinta Kaya Antioksidan

Manfaat strawberry untuk kesehatan – Pada Yunani kuno, buah strawberry diangkat resmi sebagai lambang Dewi Cinta karena keberadaan luar dalamnya. Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa dan keunggulan buah strawberry. Sejak itulah buah strawberry menjadi terkenal. Tanaman buah herbal ini pertama kali ditemukan di Chili, Amerika. Satu buah strawberry memiliki rata-rata 200 biji kecil. Terdapat sekitar 600 jenis strawberry yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Strawberry mulai dikenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Strawberry memerlukan temperatur rendah untuk tumbuh dengan baik sehingga sangat cocok ditanam di daerah Rancabali, Bandung, dan mulai dibudidayakan di daerah-daerah lain di Indonesia seperti Tawangmangu, Sukabumi, Batu dan Bedugul.

Warna merah pada strawberry, menandakan buah ini kaya akan pigmen warna antosiani dan mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam strawberry menjadikan buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Strawberry juga kaya akan vitamin C, serat, rendah kaloori, folat, potassium, serta asam ellagik. Mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari mampu memenuhi kebutuhan citamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Dengan kandungan vitamin C-nya tersebut diyakini strawberry mampu mengurangi resiko terserang penyakit kanker hingga 37 % seperti dirilis oleh The Iowa Women’s Health Study.

Manfaat strawberry untuk kesehatan
Manfaat strawberry untuk kesehatan
Strawberry juga diyakini mampu mencegah kanker payudara dan kanker leher rahim. Potassium dan serat pada strawberry diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Strawberry juga mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat yaitu asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin. Senyawa-senyawa tersebut mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab serangan jantung atau stroke. Makan strawberry secara teratur sebanyak satu hingga tiga cangkir sehari dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan.Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran  lain sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah oksidasi pada tubuh. Oksidasi adalah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab terhadap proses penuaan yang terjadi pada tubuh.

Manfaat strawberry untuk kesehatan
Dengan adanya kombinasi unik antioksidan dan anti-inflamasi, tidaklah mengherankan bila strawberry memberi manfaat bagi kesehatan pada tiga area utama, yaitu :

1. Mencegah  dan menurunkan resiko kanker
Manfaat strawberry untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk mencegah dan menurunkan resiko terkena kanker. Sejak pembengkakan kronis dan oksidasi berlebihan (kurangnya nutrisi antioksidan serta metabolisme yang tidak didukung oksigen) kerap menjadi faktor utama berkembangnya kanker, strawberry yang memiliki sifat menurunkan resiko kanker diharapkan mempu memberikan kandungan nutrisi antioksidan dan anti bengkak yang menonjol.

Manfaat antikanker dari strawberry tercatat baik dalam kasus kanker payudara, kanker serviks, kanker kolon, dan kanker tenggorokan. Dari beragam buah yang sudah pernah diteliti jumlah antioksidannya, strawberry mencatat skor tertinggi. Baik zat-zat tertentu dalam strawberry dan juga strawberrynya sendiri ternyata memiliki sifat antikanker.

Departemen Pertanian Amerika Serikat meneliti ekstrak strawberry dan menemukan adanya daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks dan sel kanker payudara. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa asam ellagik pada strawberry dapat menghambat kanker paru-paru, kanker kerongkongan, kanker payudara, kanker kulit dan kanker hati yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Kandungan kuersetin pada strawberry juga diketahui bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.

2. Mendukung kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung
Manfaat strawberry untuk kesehatan berikutnya adalah untuk kesehatan jantung. Jantung dan darah manusia setiap hari membutuhkan perlindungan dari oksidasi dan kerusakan akibat pembengkakan. Kandungan antioksidan dan anti bengkak pada strawberry sungguh luar biasa. Strawberry tidak hanya  sumber terbaik vitamin C, namun juga memberikan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lain yang juga merupakan sumber vitamin C. Setelah raspberry dan anggur, strawberry merupakan sumber yang baik bagi mangan. Karena peran utamanya sebagai kofaktor untuk aktifitas enzim antioksidan dengan enzim superoksida dismutase (SOD), mangan dinilai sebagai mineral antioksidan penting. Akan tetapi, strawberry yang sangat kaya akan antioksidan benar-benar disarankan karena kandungan phytonutrient-nya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa phytonutrient yang berbeda-beda tersebut bekerja bersama-sama secara sinergis untuk memberikan manfaat bagi jantung.

3. Meningkatkan peredaran gula darah dengan mengurangi DM tipe 2
Manfaat strawberry untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu meningkatkan peredaran gula darah. Beberapa penelitian yang dilakukan belum lama ini menemukan konsumsi strawberry secara teratur berhubungan dengan berkurangnnya resiko DM tipe 2. Dalam penelitian-penelitian tersebut, manfaat signifikan tidak muncul sampai frekuensi asupan mencapai 2-3 cangkir strawberry per minggu.

Para peneliti menduga polyphenol pada strawberry berperan penting dalam membantu mengatur gula darah. Salah satu jenis polyphenol tertentu pada strawberry yakni ellagitannins, merupakan senyawa penting dalam hal ini.

Strawberry dan Kecantikan
Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, strawberry ternyata memiliki manfaat bagi kecantikan. Manfaat strawberry untuk kecantikan antara lain:

1. Memutihkan gigi
Strawberry memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi anda. Caranya, hancurkan buah strawberry, dengan menggunakan jari, tempelkan pada gigi kemudian biarkan selama satu atau dua menit. Setelah itu, gosok gigi anda dengan sikat gigi secara menyeluruh.

2. Anti penuaan dini
Buah lambang cinta ini ternnyata juga memiliki konsentrasi tujuh zat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga menjadikan strawberry buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Kandungan vitamin B1, B2, C dan Provitamin A pada strawberry dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih  serta dapat mencegah kulit keriput.

3. Mengencangkan kulit
Manfaat strawberry untuk kecantikan berikutnya adalah untuk kesehatan kulit. Strawberry yang dimakan teratur dapat mengencangkan, menghaluskan serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Selain mengkonsumsinya secara teratur, anda bisa mencoba resep lulur strawberry agar kulit menjadi lebih segar. Siapkan 3 buah strawberry segar, 3 sendok makan madu, dan 3 sendok baking soda. Haluskan bahan-bahan tersebut sengan menambah sedikit air. strawberry akan membuat kulit anda halus dan wangi, madu dipercaya mengandung banyak vitamin E, sedangkan baking soda akan membantu membersihkan kulit dan membantu mengangkat tumpukan sel-sel mati pada kulit anda.

Luar biasa sekali manfaat strawberry untuk kesehatan tubuh kita. Bentuknya yang manis dan indah sesuai dengan manfaatnya yang luar biasa. Manfaat strawberry untuk kecantikan juga ada sehingga menjadikan buah ini sangat lengkap manfaatnya bagi aspek kehidupan manusia.