Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Buah nanas jika matang memiliki rasa yang sangat manis. Buah ini menjadi favorit sebagian besar dari kita. Bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Dimakan langsung daging buahnya, dijadikan campuran es campur ataupun es lain, dinikmati sebagai jus nanas dan sebagainya. Di Indonesia sendiri buah nanas memiliki beberapa varian atau jenis. Yang populer diantaranya adalah nanas madu. Oh ya nanas meski banyak dijumpai tersebar di seluruh Indonesia, namun sebenarnya buah nanas ini asalnya berasal dari Negara Brazil, Bolivia dan Paraguay. Manfaat nanas untuk kesehatan akan kita ulas di artikel ini.

Manfaat nanas untuk kesehatan
1. Menjaga kesehatan tulang
Konsumsi jus nanas secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang kita. Nanas mengandung kandungan Mangan dan magnesium yang berguna untuk kesehatan tulang manusia.

2. Mencegah asma
Manfaat nanas untuk kesehatan yang berikutnya yaitu untuk mencegah asma karena nanas memiliki zat beta karoten yang sangat bermanfaat mengurangi resiko asma.

3. Mencegah penyakit katarak
Selain Vitamin A, studi penelitian menyebutkan bahwa vitamin c juga memberi peran penting untuk kesehatan mata. Buah nanas tentu saja mengandung banyak vitamin A dan C yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan bahkan mengurangi resiko penyakit katarak.

4. Memperkuat otot
Manfaat nanas untuk kesehatan berikutnya adalah membantu memperkuat otot. Nanas juga mengandung vitamin B1 yang berguna untuk memperkuat otot tubuh. Kandungan lain yang ada di dalam buah nanas adalah fosfor yang berguna memperkuat kesehatan gigi dan tulang (menghambat perkembangan osteoporosis)

Manfaat nanas untuk kesehatan
Manfaat nanas untuk kesehatan
5. Mencegah kanker
Manfaat nanas untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu mencegah kanker. Vitamin A dan C memiliki sifat antioksidan. Vitamin ini dapat menangkal radikal bebas yang memicu perkembangan penyakit kanker.6. Memperlancar pencernaan
Buah nanas kaya akan kandungan serat yang seperti kita ketahui sangat berguna untuk memperlancar proses pencernaan.

7. Pengobatan radang kulit
Jika anda mengalami radang kulit, gunakan ampas dari jus nanas yang ditempelkan atau dioles ke bagian kulit yang mengalami peradangan. Gunakan secara rutin hingga radang kulit anda sembuh.

8. Meningkatkan kadar gula
Manfaat nanas untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Jika anda mengalami gangguan kadar gula rendah, daripada mengkonsumsi makanan yang mengandung gula akan lebih baik mengkonsumsi buah nanas. Kandungan gula yang ada di dalam nanas bisa membantu peningkatan glukosa di dalam tubuh.

9. Menyegarkan tubuh
Banyaknya Vitamin C dan cairan yang ada di dalam buah nanas bisa membantu menyegarkan kondisi tubuh di panas yang terik atau setelah beraktifitas pada yang menguras tenaga dan keringat.

10. Membantu mengurangi stress
Manfaat dan khasiat buah nanas untuk kesehatan berikutnya adalah nanas memiliki senyawa serotonin yang dipercaya memiliki khasiat dapat membantu mengurangi rasa stress.

11. Menjaga kesehatan jantung
Vitamin C juga sangat berguna menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Karena kandungan buah nanas bisa membantu memperlancar kinerja jantung dan mengurangi pembekuan darah.

12. Mengobati perut kembung
Manfaat nanas untuk kesehatan berikutnya adalah mengobati perut kembung. Jika anda mengalami perut kembung, pengobatan alami untuk perut kembung bisa menggunakan buah nanas. Buah nanas mengandung zat Bromelain yang membantu proses pencernaan atau memecah makanan sehingga mengurangi resiko perut kembung.

13. Membantu pengobatan asam urat
Konsumsi nanas muda secara rutin jika anda memiliki masalah dengan asam urat.

14. Menyembuhkan infeksi pada luka
Jika anda terluka dan mengalami infeksi, bisa dibantu penyembuhan dengan menggunakan buah nanas karena memiliki sifat anti-inflamasi. Oleskan ampas nanas yang dijadikan jus pada luka secara rutin.

15. Membantu proses penurunan berat badan
Jika anda dalam program penurunan berat badan, coba tambah asupan makanan anda dengan buah nanas karena nanas mengandung enzim proteiolitik yang akan menghambat penyerapan lemak dan membantu mempercepat proses pembakaran lemak.

16. Memperkuat otot jantung
Manfaat nanas untuk kesehatan yang terakhir yaitu membantu memperkuat otot jantung karena nanas mengandung zat valina, zat ini berguna untuk membantu memperkuat otot jantung dan tendon.

Manfaat nanas untuk kesehatan sangat banyak. Namun perlu diketahui juga jangan terlalu banyak makan buah nanas. Mengkonsumsi nanas secara berlebihan malah akan memberikan efek kurang baik terhadap tubuh. Terutama untuk para penderita diabetes karena kandungan gula pada nanas yang sangat tinggi maka sebaiknya dihindari. Konsumsi nanas yang berlebihan juga meningkatkan resiko rematik karena dalam beberapa kasus, nanas ketika dicerna tubuh akan terfermentasi menjadi alkohol yang dapat menyebabkan radang sendi. Oleh karena itu cukup konsumsi buah nanas secukupnya untuk memperoleh manfaat nanas untuk kesehatan tubuh manusia.