Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari olahan buah zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal semenjak jaman dahulu banyak memiliki manfaat bagi manusia terutama untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya bagi manusia adalah mulai dari rambut hingga untuk menjaga kesehaan kulit. Dan buah zaitun juga bisa dikonsumsi secara langsung tanpa pengolahan khusus. Cukup banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Mari kita simak berbagai manfaatnya berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
1. Perawatan kulit
Minyak zaitun sudah sangat dikenal memiliki manfaat untuk menjaga perawatan dan kesehatan kulit. Caranya juga sangat mudah cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit tubuh anda terutama menjelang tidur malam. Efek pemakaian secara rutin adalah kulit yang halus, kencang dan sehat.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
2. Membantu menurunkan kadar kolesterol
Kandungan lemak tak jenuh pada buah zaitun sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh.3. Menjaga kesehatan darah
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kesehatan darah. Kandungan asam lemak pada zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi pembuluh darah dan juga sel darah merah.  Manfaat lain untuk darah adalah menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga elastisitas arteri sehingga mengurangi resiko pecahnya pembuluh darah.

4. Membantu kesehatan rambut
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk kesehatan rambut. Banyak sekali manfaat zaitun untuk rambut terutama minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut :

  • Melebatkan rambut
  • Menghitamkan rambut
  • Menyehatkan kulit kepala
  • Mencegah kerontokan ringan pada rambut
  • Menghilangkan kutu rambut
5. Mencegah osteoporosis
Konsumsi minyak zaitun secara rutin juga akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik sehingga massa tulang akan lebih padat dan sehat serta memiliki efek mengurangi terkena penyakit osteoporosis.6. Mengurangi resiko diabetes
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mengurangi resiko diabetes. Sifat minyak zaitun yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan juga membantu mengurangi kadar gula tinggi sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit diabetes.

7. Mengobati sakig maag
Maag beberapa diantara adalah disebabkan oleh bakteri yang ada di lambung. Jika anda mengalami maag sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung untuk membunuh bakteri penyebab maag.

8. Mencegah penuaan dini
Zaitun memiliki kandungan yang dapat membantu mencegah penuaan dini  yaitu menjaga kulit terutama kulit wajah dengan memberikan asupan kadar air agar terhindar dari kering sehingga mencegah kulit menjadi keriput.

9. Menjaga kesehatan usus
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan usus. Zaitun memiliki senyawa untuk menjaga kesehatan usus. Senyawa ini juga membantu mengurangi kerusakan pada usus.

10. Membantu menyembuhkan sembelit
Ketika Anda mengalami sembelit, konsumsi minyak zaitun secara langsung dengan mencampurkan dengan jeruk nipis secukupnya. Lakukan di pagi hari sebelum sarapan.

11. Mengobati bibir pecah-pecah dan kering
Jika Anda terus-terusan mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah, oleskan saja minyak zaitun secara rutin pada bibir Anda agar bibir selalu terjaga kelembabannya sehingga mengurangi atau bahkan akan menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah.

12. Mengurangi selulit
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mengurangi selulit. Selulit pada kulit juga bisa dikurangi dengan bantuan minyak zaitun yang dicampur dengan bubuk kopi. Oleskan campuran ini secara merata pada kulit anda yang memiliki selulit. Lakukan saja secara rutin di saat waktu senggang.

13. Terapi sulit tidur
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai terapi sulit tidur. Jika Anda mengalami kesulitan tidur malam, sediakan saja bau-bauan aroma terapi dari minyak zaitun. Aroma minyak zaitun dalam beberapa kasus kesulitan tidur sangat membantu membuat kondisi lebih rileks sehingga akan membuat lebih cepat tidur.

14. Membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah
Hampir setiap orang dewasa akan mengalami kulit kaki pecah-pecah. Cukup oles saja minyak zaitun secara rutin pada kulit kaki Anda yang pecah-pecah dan lakukan malam hari sebelum tidur.

5. Membantu menjaga kekebalan tubuh
Kadar anti oksidan dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

16. Membantu diet penurunan berat badan
Jika anda dalam masa diet untuk menurunkan berat badan, tambah asupan makanan anda dengan olahan minyak zaitun. Atau langsung komsumsi saja 1 sendok minyak zaitun setiap hari setelah bangun tidur.

17. Mengobati radang pankreas
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk mengobati radang pankreas. Menurut beberapa penelitian, ekstrak minyak zaitun yang murni juga bisa untuk membantu pengobatan radang pankreas. Jenis minyak zaitu ini dinamakan Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

18. Mengurangi resiko kanker
Kandungan lemak tak jenuh dan zat anti oksidan tentu saja bermanfaat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Namun Anda juga harus tetap berhati-hati ketika membeli minyak zaitun. Karena sudah banyak beredar minyak zaitun yang tidak murni yang dikhawatirkan malah akan memberikan efek kurang baik jika kita gunakan. Beberapa minyak zaitun murni memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun tentu saja harga yang cukul mahal ini akan berimbang dengan hasil yang akan kita dapatkan.