Manfaat Mangga – Si Raja Buah Kaya Antioksidan

Manfaat mangga – Mangga liar yang masih hidup di India dan Asia Tenggara, daging buahnya jauh lebih keras dibandingkan mangga yang biasa kita makan. Mangga tropis merupakan buah nasional India. Para penjelajah dari Portugis memperkenalkan tanaman mangga ke Afrika dan Brazil pada abad ke-16, dan sejak abad ke-19 mangga tumbuh pula di Hawaii dan Florida. Di India pohon mangga menjadi simbol kehidupan. Daun pohon mangga digunakan untuk dekorasi pada pesta pernikahan dan perayaan-perayaan keagamaan. Saat ini India merupakan negara penghasil mangga terbesar, diikuti China, Thailand, Meksiko dan Brazil.

Tanaman mangga ini cocok untuk hidup di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Masa kering diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Jika ditanam di daerah basah, tanaman akan mengalami banyak serangan hama dan penyakit serta gugur bunga atau buah jika bunga muncul pada saat musim hujan.

Manfaat Mangga
Manfaat mangga – Si raja buah kaya antioksidan
Mangga mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan dan sedikit protein, lemak serta kalori. Buah mangga merupakan pengganti sempurna untuk garam, vitamin dan energi setelah melakukan latihan fisik atau olahraga. Mangga yang sering disebut sebagai king of fruits ini merupakan salah satu buah yang paling bergizi, belum lagi rasanya yang khas dan lezat. Banyak manfaat mangga bagi kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah mangga ini, salah satu buah termanis di dunia.Mangga mengandung vitamin A (betakaroten), vitamin E dan selenium yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lain seperti usus dan kanker leher rahim. Vitamin A dan C yang terkandung dalam mangga juga merupakan sumber kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah rendah, kontraksiotot dan menjaga  proses tubuh bekerja dengan benar. Mangga mengandung zat besi yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi penderita anemia dan wanita hamil, jika memakannya secara teratur. Mangga juga mengandung vitamin E yang dapat membantu sistem hormonal bekerja dengan lebih efisien sehingga meningkatkan dorongan seksual.

Manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buah mangga ini, antara lain:
1. Mencegah kanker
Manfaat mangga yang paling dahsyat adalah bisa membantu mencegah kanker. Senyawa quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah merupakan antioksidan yang mampu melawan dan melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Antara lain kanker kolon, kanker payudara, kanker darah (leukemia) dan kanker prostat. Bahkan beberapa penyakit degeneratif khususnya yang berkaitan dengan hati.

2. Menjaga kadar kolesterol agar tetap normal
Buah mangga kaya akan vitamin C, pektin dan serat yang berperan penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Melancarkan pencernaan
Manfaat mangga berikutnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Mangga mempunyai kandungan enzim yang mampu membantu tubuh menghancurkan lemak dan protein yang kita konsumsi. Kemudian dibantu oleh serat alami yang terkandung dalam mangga, yang berperan dalam melancarkan sistem pencernaan kita dan mencegah sembelit.

4. Mencegah penyakit jantung
Manfaat mangga berikutnya adalah membantu mencegah penyakit jantung. Serat, kalium dan vitamin yang terkandung dalam buah mangga, bersama-sama akan mampu menangkal penyakit jantung. Kalium sendiri merupakan komponen penting untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan mata
Manfaat mangga berikutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan zat antioksidan zeaxanthin mampu menjaga kesehatan mata dan menangkal kerusakan dari degenerasi makula.

6. Mencegah anemia
Manfaat mangga berikutnya adalah untuk mencegah anemia. Mangga mengandung zat besi yang melimpah, sehingga sangat baik bagi penderita anemia. Zat besi juga baik untuk wanita hamil.

7. Menjaga kesehatan tulang
Mangga mampu meningkatkan zat besi dan kalsium secara bersamaan, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil atau wanita yang telah memasuki usia menopause. Secara umum mangga sangat baik dikonsumsi oleh wanita, karena wanita lebih beresiko terserang osteoporosis, sehingga perlu asupan kalsium lebih banyak.

Cukup banyak manfaat mangga bagi segi kehidupan manusia. Selain buahnya yang manfaatnya sudah kami sebutkan diatas ternyata daun mangga juga memiliki manfaat-manfaat luar biasa untuk kesehatan.