Manfaat Lobak untuk Kesehatan

Manfaat lobak untuk kesehatan – Lobak merupakan tanaman perdu semusim yang telah dibudidayakan di seluruh dunia sebagai tanaman sayur dan tanaman obat. Tumbuhan lobak memiliki akar tunggang yang berubah bentuk dan fungsi menjadi umbi yang besar. Umbi ini tumbuh memanjang ke bawah seperti wortel, bentuknya lebih bulat dan berwarna putih bersih. Bagian umbi yang dekat dengan permukaan tanah dan terkena sinar matahari biasanya akan berubah warna menjadi agak kehijauan.

Tanaman lobak ini berasal dari Asia Selatan. Umbinya mempunyai kandungan antara lain vitamin A, B1, B2, niasin, minyak atsiri, kolin, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi dan asam oksalat. Daun tanaman lobak memiliki kandungan minyak atsiri, vitamin A dan C, sedangkan bijinya mengandung 30-40 % minyak lemak dan minyak atsiri. Zat-zat tersebut mengandung antibiotik terhadap beberapa jenis bakteri dan antioksidan. Begitu banyak zat-zat berguna yang terdapat dalam lobak oleh karena itu mari kita kupas dan uraikan berbagai manfaat lobak untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat lobak untuk kesehatan
Manfaat lobak untuk kesehatan
Lobak kaya akan vitamin C dan merupakan sumber yang sangat baik untuk potassium, kalsium, besi, fosfor dan serat. Daun lobak mengandung vitamin C enam kali lebih banyak daripada umbinya dan merupakan sumber kalsium yang sangat baik.Para ilmuwan di Jepang memberi perhatian khhusus terhadap sifat enzimatik dari jus lobak. Para peneliti di Jepang menemukan bahwa jus lobak menghambat pembentukan kimia berbahaya di dalam tubuh. Nitrosamin, suatu jenis karsinogen, dapat terbentuk di dalam perut dari adanya bahan-bahan kimia pada makanan alami maupun makanan olahan. Jus lobak mengandung zat-zat yang dikenal sebagai “phenolic compounds” yang bisa menghambat reaksi berbahaya tersebut, karena itulah diet yang memasukkan lobak mentah dapat mengurangi resiko kanker.

Lobak merupakan sayur yang sangat populer di Asia. Manfaat lobak untuk kesehatan dikenal dapat membantu mengatasi obesitas, membantu proses detoksifikasi, memperkuat pencernaan, mengurangi produksi dahak, mengobati batuk, membantu usus besar berfungsi lebih baik, membersihkan darah meningkatkan energi dan sirkulasi darah menjadi lebih baik.

Manfaat lobak untuk kesehatan yang lain yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki sirkulasi dan memperbaiki fungsi pencernaan, terutama karena kandungan enzim diastase, amylase dan esterase. Kandungan enzim diastase pada lobak  melancarkan pencernaan dan menghalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh. Kandungan enzin-enzim akan rusak akibat pemasakan, karena itulah lobak lebih baik dikonsumsi mentah. Diolah sebagai salad, dengan tambahan buah seperti mangga atau pear dan beri dressing minyak zaitun murni dicampur air perasan jeruk lemon, sedikit garam dan lada bubuk. Lobak juga nikmat disajikan sebagai jus dengan menambahkan nanas, wortel, dan sedikit jahe.

Manfaat lobak untuk kesehatan selain yang sudah disebutkan diatas diantaranya adalah:

1. Obat jerawat. Lobak yang sudah dihaluskan merupakan obat alami yang efektif mengobati jerawat.

2. Gangguan pencernaan. Mengingat sifatnya yang melindungi hati, jus lobak membantu memperbaiki pencernaan, terutama makanan tinggi lemak yang memerlukan pembentukan empedu oleh hati agar mudah dicerna.

3. Diuretik dan laksatif. Lobak bisa digunakan sebagai obat pencahar. Lobak membantu organ detoks dengan membuang racun di dalam tubuh melalui ginjal dan kolon.

4. Gangguan pernapasan. Lobak memiliki manfaat terapeutik untuk masalah pernapasan. Karena memiliki efek anti radang, antibakteri, dan antiviral, lobak efektif meringankan gangguan termasuk batuk, pilek, asma, bronchitis dan masalah-masalah paru-paru lainnya.

5. Gangguan tidur. Sifat sedatif dari lobak telah lama dikenal Romawi Kuno. Saat itu mereka membuat lobak untuk membuat orang tertidur. Minumlah satu gelas jus lobak sebelum tidur untuk mengatasi gangguan tidur.

Itulah beberapa manfaat lobak untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Di Indonesia sendiri lobak memang belum terlalu populer untuk diolah sebagai menu makanan harian. Dengan mengetahui berbagai manfaat dari lobak ini Anda layak mempertimbangkan lobak untuk dimasukkan dalam menu pelengkap konsumsi harian.