Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Keluarga jeruk sangat terkenal dengan manfaat kesehatan dan kecantikan yang dimiliki masing-masing jenisnya. Beda jenis jeruk, beda pula manfaatnya. Kali ini, mari kita membahas salah satu jenis jeruk yaitu jeruk lemon. Siapa sih yang nggak kenal buah jeruk lemon? Buah kuning segar ini kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Pohon lemon diketahui berasal dari Asia, dengan buah berbentuk bulat agak lonjong dan berwarna hijau atau kuning. Buah ini mempunyai rasa yang sangat asam namun bukan asam yang akan membuat maag anda semakin memburuk, justru sebaliknya, asam buah lemon ini mampu mengobati maag. Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk kesehatan.

Manfaat lemon untuk kesehatan:
1. Mengobati maag
Seperti yang telah disebutkan diatas, lemon bisa mengobati maag. Hal ini dikarenakan lemon bersifat basa, sedangkan lambung yang menderita maag bersifat asam. Sehingga jika basa bertemu dengan asam, maka akan mengembalikan keadaan lambung menjadi normal. Banyak yang tidak mempercayai hal ini, namun hal ini telah dibuktikan secara ilmiah.

Manfaat lemon untuk kesehatan
Manfaat lemon untuk kesehatan


2. Detoksifikasi tubuh
Manfaat lemon untuk kesehatan berikutnya yaitu berguna sebagai detoksifikasi tubuh. Jus lemon merupakan pembersih darah alami. Karena jus lemon dapat membuang zat-zat racun yang berasal dari makanan yang kita makan dan mengeluarkannya bersama dengan sisa metabolisme tubuh lainnya. Selain itu jus lemon ini juga membantu melancarkan pencernaan.

3. Menstabilkan tekanan darah tinggi
Lemon mengandung kalium yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual. Kandungan kalium ini memberikan sensasi yang menenangkan, sehingga tak heran jika buah ini disebut-sebut juga sebagai anti depresan alami.

4. Anti kanker
Manfaat lemon untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai anti kanker. Buah lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal  kanker. Selain itu, lemon juga memiliki 22 jenis zat anti kanker di dalamnya.

5. Mencerahkan wajah kusam
Jika wajah terasa kusam dan tidak berseri, coba aplikasikan masker lemon. Lemon sangat kaya dengan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Cara membuat masker ini cukup mudah. Cukup campurkan jus lemon dengan madu atau air mawar. Aplikasikan masker ini seminggu sekali. Wajah kusammu akan segera pergi menjauh.

6. Mengatasi jerawat dan komedo
Manfaat lemon untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk mengatasi jerawat, cukup aplikasikan jus lemon dengan air, dengan perbandingan 1:1 di daerah wajah yang berjerawat dengan menggunakan cottonbud atau kapas. Biarkan mengering, lalu bilas. Lakukan hal ini setiap hari sampai jerawat sembuh. Untuk mengatasi komedo, aplikasikan ramuan diatas setiap hari setelah membersihkan wajah.

7. Anti inflamasi
Jika anda mengalami radang tenggorokan, maupun peradangan lainnya, minumlah jus lemon yang bisa anda tambahkan dengan madu. Lemon sebagai anti inflamasi akan membantu meredakan rasa sakit yang dapat ditimbulkan oleh radang tersebut.

8. Menyeimbangkan kadar PH tubuh
Selain sebagai sumber zat asam, lemon juga terkenal sebagai makanan yang mengandung alkali. Saat lemon dicampur dengan air maka lemon akan membantu produksi molekul di tubuh Anda yang dapat menyeimbangkan kadar PH tubuh.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat lemon untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam lemon bisa membantu sistem kekebalan tubuh dengan memerangi virus penyebab pilek dan flu, dan juga membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Asam askorbat (bentuk vitamin C) pada air lemon juga dapat membantu penyembuhan luka dan peradangan sendi.

10. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat lemon untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Proses pencernaan dan detoksifikasi yang baik serta meningkatnya produksi asam empedu yang mana akan membantu memecah makanan dan lemak dengan lebih baik, merupakan penyebab kenapa vitamin C sangat membantu dalam program diet. Selain itu, Air lemon mempunyai indeks glikemik rendah yang membuat gula darah tetap stabil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat pektin pada lemon juga membantu mencegah rasa lapar.

Itulah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Karena kandungan dan manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan dan bahkan untuk kecantikan kulit plus juga harganya yang terjangkau jangan ragu untuk selalu menyediakan lemon di rumah anda sehari-hari. Tetap sehat dan semoga bermanfaat.