Manfaat Jamur Shiitake untuk Kesehatan

Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan – Jamur shiitake berasal dari Asia Timur. Jamur ini populer dalam kuliner Thailand, Jepang, Korea dan China. Nama “shiitake” sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti jamur dari kayu yang merujuk pada pohon spesies Pasania tempat jamur ini tumbuh. Jamur ini dipercaya mampu memberi energi, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menekan pertumbuhan tumor. Para ahli herbal di China memakai jamur shiitake ini sebagai bagian dari pengobatan, terutama masalah saluran pernapasan, sirkulasi darah yang buruk, penyakit hati, letih dan lesu, serta sirkulasi chi yang sedang dalam keadaan tidak seimbang.

Jamur pada umumnya berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan proteinnya tinggi, namun kadar lemaknya rendah sehingga menjadikannya makanan favorit oleh mereka yang sedang menjalankan diet pelangsingan. Bila teratur menyantap jamur kuping, maitake dan shiitake dipercaya bisa menghindarkan kita dari penyakit kanker maupun masalah kardiovaskular lainnya. Air rebusan jamur kuping bagus untuk mengencerkan darah, sedangkan rebusan air jamur shiitake bermanfaat untuk sirkulasi dan menambah energi.

Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan
Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan
Jamur shiitake telah lama dikenal sebagai sumber zat besi yang amat baik. Namun penelitian terbaru menemukan bahwa bioavailability besi dari jamur shiitake dapat lebih baik dari yang kita pikirkan. Penelitian ini menemukan bahwa kandungan zat besi pada jamur shiitake kering sama dengan bioavailable pada zat besi dalam bentuk ferrous gluconate, yang umum pada suplemen zat besi dosis rendah.Beberapa manfaat jamur shiitake untuk kesehatan antara lain:

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Berbagai penelitian menunjukkan kemampuan jamur shiitake untuk mencegah aktivitas imun yang berlebih. Jadi jamur shiitake ini mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam dua arah yaitu meningkatkan saat dibutuhkan dan mengurangi aktivitasnya bila diperlukan.

2. Mampu melawan kanker
Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu melawan kanker. Ekstrak jamur shiitake mengandung zat-zat yang berhubungan dengan efek penangkal kanker dan efek imunologi. Satu hal yang menarik adalah dampak jamur shiitake pada sel-sel kekebalan tubuh yang disebut macrophage, dimana salah satu tugasnya adalah mengidentifikasi dan membersihkan sel-sel berpotensi kanker dari dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan otak
Kandungan selenium dalam jamur shiitake ini mampu menjaga fungsi dan kinerja otak. Sehingga dapat membantu pikiran untuk tetap fokus.

4. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Jamur shitake memiliki beberapa zat penting yang mampu mencegah pembentukan kolesterol, mencegah penyerapan kolesterol dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang pada akhirnya akan mampu mencegah tersumbatnya aliran darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Mampu melawan penyakit autoimun
Jamur shiitake ini cukup kuat untuk memerangi sejumlah gangguan autoimun yang disebabkan oleh berbagai macam virus, seperti hepatitis B dan HIV. Ekstrak jamur shiitake ini bahkan lebih kuat dalam melawan sel-sel tubuh yang terinfeksi oleh virus HIV daripada obat anti HIV sendiri.

6. Mencegah anemia
Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu mencegah anemia. Karena kandungan zat besi dalam jamur shiitake ini cukup tinggi, sehingga mampu merangsang produksi trombosit lebih banyak. Sehingga mampu mencegah dan mengurangi anemia. Kandungan protein dalam jamur shiitake bisa dibilang tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif untuk para vegetarian untuk pengganti daging. Untuk memaksimalkan rasa serta mempertahankan kandungan nutrisinya, jamur shiitake sebaiknya dimasak tidak lebih dari 7 menit.

Beberapa cara mengolah jamur shiitake untuk mendapatkan khasiatnya bisa anda campurkan pada olahan telur yang di goreng, campuran sup daging ataupun sup sayuran. Jamur shiitake di Indonesia saat ini masih cukup sulit untuk dicari karena tidak banyak pasar atau swalayan yang menjual jamur shiitake ini. Namun dengan membaca artikel anda kita bisa mengetahui manfaat jamur shiitake untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.