Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berenang adalah kegiatan olahraga kardiovaskular yang memiliki begitu banyak manfaat terutama yaitu untuk mengurangi lemak ditubuh kita. Kegiatan berenang membakar begitu banyak kalori dalam tubuh yang otomatis juga akan mengurangi berat badan. Karena begitu bagusnya manfaat berenang bagi kesehatan tubuh, di artikel ini kami akan menyajikannya bagi Anda.

Tergantung bagaimanapun pola dan kebiasaan makan Anda, jumlah lemak yang Anda bakar sehari-hari juga akan bergantung pada berapa banyak jumlah kalori yang dimakan dan juga kegiatan atau aktifitas olahraga yang Anda lakukan. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh salah satunya adalah dengan berenang. 1 jam berenang kita bisa membakar rata-rata 500 sampai 700 kalori.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membakar kalori dengan cepat
Manfaat berenang yang pertama yaitu mampu membakar kalori dengan cepat. Berenang dengan menggunakan gaya kupu-kupu selama kurang lebih 10 menit menurut penelitian akan membakar sekitar 150 kalori dalam tubuh pada orang dewasa dengan berat badan 72.5 KG. Sedangkan berenang dengan gaya dada maupun gaya bebas juga memiliki manfaat membakar kalori dalam tubuh dengan cepat.

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh
Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh

2. Program penurunan berat badan yang efisien
Untuk program menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan gabunglah dengan kegiatan berenang. Lakukan kegiatan berenang minimal 30 menit dalam sehari untuk membakar karbohidrat dan juga membakar lemak. Menurut penelitian, berenang selama 30 hingga 60 menit sehari dalam kurun waktu 4 hingga 6 hari dalam seminggu sangat membantu secara signifikan untuk menurunkan berat badan serta mengurangi resiko diabetes, stroke dan sakit jantung.

3. Meningkatkan massa otot
Selain itu manfaat berenang adalah untuk menguatkan massa otot pada tubuh bagian bawah, bagian atas dan punggung. Ketika berenang, bagian jantung dan paru-paru juga akan bekerja secara keras untuk menyediakan oksigen bagi tubuh. Otot juga akan menjadi lebih keras. Massa serta kekerasan otot sangat bagus untuk mendukung proses metabolisme tubuh sehingga tubuh akan lebih baik dalam membakar kalori.

4. Olahraga beresiko rendah
Berenang adalah memiliki resiko bahaya yang rendah tentu dengan catatan Anda sudah bisa berenang. Dengan cara yang tepat seperti melakukan pemanasan yang cukup, berenang adalah olahraga yang bebas dari resiko seperti cedera. Hal lain yang harus dihindari ketika berenang yaitu jangan makan ditengah proses berenang.

Untuk mendapatkan manfaat berenang secara efisien, pastikan setelah berenang jangan langsung makan dan hindari makanan yang mengandung kalori. Makanlah 2 jam setelah berenang. Jika Anda merasa sangat lapar setelah berenang, konsumsi saja makanan dan minuman hangat yang bebas kalori.