Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan – Bawang putih yang memiliki nama Latin Allium sativum, dalam masyarakat Jepang kuno telah lama dimanfaatkan sebagai obat. Umbi bawang putih ini memiliki banyak khasiat, antara lain menurunkan kadar kolesterol dan obat sakit maag. Bangsa Mesir kuno disinyalir merupakan bangsa pertama yang menanam bawang putih, karena bawang putih memiliki peran penting pada budaya mereka. Bawang putih tidak hanya diletakkan di makam para Firaun, namun juga diberikan kepada para budak yang membangun Piramid untuk menambah daya tahan dan kekuatan mereka.

Pengetahuan tentang manfaat bawang putih dalam pengobatan sudah ada sejak tahun 1550 SM. Pada masa itu orang-orang Mesir menggunakan bawang putih untuk mengobati berbagai penyakit. Berbagai penelitian epidemiologi yang berkembang kemudian menyebutkan bahwa bawang putih dan berbagai tanaman lain yang mengandung senyawa organosulfur dapat mencegah terjadinya kanker pada manusia, termasuk kanker kolon. Senyawa organosulfur adalah kandungan kimia di dalam bawang putih yang memiliki aktivitas biologi dan bermanfaat dalam pengobatan.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan
Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Sulfur barangkali merupakan kandungan paling unik pada bawang putih. Ada puluhan molekul sulfur pada bawang putih yang telah diteliti dan semuanya menunjukkan fungsi sebagai antioksidan. Kandungan sulfur juga memberikan manfaat anti-inflamasi. Bawang putih juga nerupakan sumber mangan  yang sangat baik, juga merupakan sumber vitamin B6 dan vitamin C.

Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan antara lain:

1. Antibiotik alami, meningkatkan daya tahan tubuh  serta melawan flu
Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama yaitu sebagai antibiotik alami. Dari hasil penelitiannya pada 1944, Cavallito menyatakan bahwa Alisin, yang bertanggung jawab atas bau menyengat pada bawang putih, merupakan zat yang amat ampuh sebagai antibiotik. Kemanjuran alisin ini tidak berkurang meskipun jika dipecah menjadi banyak bagian. Kandungan germanium pada bawang putih juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Tak heran bila bawang putih dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina dan dikonsumsi untuk melawan flu.

2. Meminimalkan resiko kanker
Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu meminimalkan resiko terkena kanker khususnya kanker lambung dan usus besar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim University of Minnesota, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa peluang terserang kanker turun 50 % pada wanita usia lanjut yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Sel-sel kanker prostat hanya tumbuh seperempat kecepatan normal bila penderitanya rajin mengkonsumsi bawang putih.

3. Memperlambat proses penuaan dan mencegah rematik
Mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul secara rutin akan mencegah terjadinya rematik. Bawang putih juga berguna memperlambat proses penuaan. Ekstrak bawang putih yang dikombinasikan dengan vitamin E dapat mencegah rambut rontok dan dapat menjaga kesehatan mata.

4. Mampu menurunkan kadar kolesterol dan sebagai anti penggumpalan darah
Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang lain ada mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol adalah faktor utama penyebab penyempitan pembuluh darah. Kolesterol membantu memperbesar sel-sel yang menjadi kerak di dingding pembuluh darah. Ekstrak bawang putih bermanfaat dan memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan oksidasi dari serum lemak. Ekstrak bawang putih juga terbukti bermanfaat untuk memelihara aliran darah.

5. Menurunkan resiko jantung koroner
Manfaat bawang putih untuk kesehatan berikutnya adalah membantu menurunkan resiko jantung koroner. Bawang putih terdiri atas bermacam komponen dengan beragam khasiat antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, menghambat agregasi trombosit, menghambat atherogenesis, meningkatkan aktivitas fibrinolitik, dan menurunkan tekanan darah, karena itu dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Ada beberapa cara praktis mengkonsumsi bawang putih, misalnya dengan memotong-motong atau mencamputkannya dalam makanan. Memakannya mentah-mentah dianggap merupakan cara paling baik untuk mengoptimalkan khasiatnya. Namun ada dua reaksi negatif yang bisa terjadi, yaitu pertama, jaringan dalam mulut bisa terbakar karena semburan panasnya. Dan, kedua, khususnya bagi mereka yang perutnya rentan, bawang putih bisa menggangu pencernaan dan menimbulkan rasa panas di perut. Meskipun telah diolah, khasiat bawang putih tetap sama.

Sudah barang tentu, mengkonsumsi bawang putih harus disertai denga pola hidup sehat, seperti mengurangi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi, banyak olahraga, istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang sarat nutrisi. Gaya hidup sehat merupakan kunci penting untuk menjaga kesehatan. Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan dan semoga memberi manfaat bagi kita semua.