Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Posted on

DuniaKesehatan.net – Mata adalah salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Oleh karena itu mata sangat wajib dijaga kesehatannya agar tidak kehilangan fungsinya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Obat-obatan, vitamin dan makanan-makanan alami yang mengandung zat dan vitamin yang menjaga kesehatan mata saat ini banyak bertebaran di sekitar kita. Pada artikel ini kami akan berfokus pada makanan untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata secara alami adalah salah satu pilihan bijaksana yang bisa kita lakukan. Mata harus mendapatkan nutrisi yang cukup agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Berikut ini akan kami bantu uraikan beberapa makanan untuk menjaga kesehatan mata yang bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari Anda.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

#Makanan 1: Wortel

Wortel sudah tersohor sebagai makanan yang sangat baik untuk mata. Wortel memiliki vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Wortel kaya akan beta karoten (bentuk tidak aktif dari vitamin A). Beta karoten adalah antioksidan yang dapat membantu Anda mencegah katarak dan degenerasi makula. Salah satu manfaat lain wortel untuk mata adalah membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja.

#Makanan 2: Bayam

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya ada bayam. Bayam juga mengandung Vitamin A dan antioksidan yang akan membantu memulihkan penglihatan Anda. Bayam juga memiliki lutein, yang merupakan ramuan alami bagi mata Anda. Selain itu, bayam juga kaya akan beta karoten dan vitamin C. Bayam mengandung lutein dan zeaxantin sehingga makan makanan yang kaya akan dua zat ini meningkatkan kepadatan pigmen di makula, dan melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari.

Namun Anda perlu memperhatikan ketika memasak bayam. Ketika Anda memasak bayam, jangan mengolahnya terlalu matang karena akan menghilangkan zat gizi penting. Selain itu, mengolah bayam segar WAJIB Anda lakukan untuk mendapatkan manfaatnya. Bayam yang sudah lebih dari 1 hari setelah dipetik atau dipanen justru akan berbahaya bagi tubuh karena nitrat dalam bayam bisa berubah menjadi zat beracun.

#Makanan 3: Kale

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah kale. Kale adalah kubis yang berwarna ungu atau hijau. Kale sangat tinggi zat beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Dan faktor positif kale adalah ia tidak akan kehilangan nutrisi ketika dikukus.

#Makanan 4: Pepaya

Makanan untuk menjaga kesehatan mata adalah buah pepaya. Pepaya mengandung 46% Vitamin A. Pepaya adalah makanan serbaguna karena dapat dimakan mentah atau dimasak, sangat baik dimakan dengan salad, dan Anda dapat mengolah pepaya menjadi menjadi teh herbal yang kaya manfaat. Daunnya juga bisa dikukus dan dimakan bersama bayam bahkan daun pepaya memiliki lebih banyak nutrisi untuk mata Anda.

#Makanan 5: Ikan salmon liar, ikan cod, sarden dan tuna

Salmon serta ikan putih seperti tuna mengandung asam lemak Omega-3 dan vitamin A dan D; ini membantu Anda menjaga kesehatan otak yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan mata Anda. Konsumsi makanan ikan-ikanan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat positifnya.

Omega-3 juga sangat penting untuk perkembangan visual bayi. Kekurangan asam lemak ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. Asam lemak esensial sangat penting untuk mengatur tekanan intraokular karena mereka membantu mengalirkan cairan mata.

Selanjutnya ikan air dingin kaya asam Dicosahexaenoic (DHA), lemak penting yang membantu menstabilkan membran sel dalam tubuh. DHA direkomendasikan untuk pengobatan degenerasi makula, mata kering dan penglihatan secara keseluruhan. Makan dua kali seminggu cukup untuk menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

#Makanan 6: Blueberry, raspberry hitam, cranberry, anggur merah

Semua buah-buahan ini mengandung anthocyanin, antioksidan kuat yang meningkatkan penglihatan pada malam hari. Anthocyanin banyak terdapat pada buah beri yang telah kami sebutkan dan makan secukupnya dapat membantu penglihatan malam dalam 30 menit. Selain itu, Anthocyanin memiliki efek positif untuk kesehatan seperti membantu menghindari penyakit saraf, peradangan, infeksi bakteri dan bahkan kanker.

#Makanan 7: Daging kalkun

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah daging kalkun. Daging kalkun kaya seng/zync dan niacin (vitamin B yang melindungi mata terhadap katarak).

#Makanan 8: Telur

Telur mengandung belerang, lutein, lesitin dan asam amino. Semua zat ini bagus untuk mata Anda. Belerang membantu melindungi lensa mata dari pembentukan katarak sementara lutein menurunkan risiko degenerasi makula.

#Makanan 9: Bawang putih dan bawang

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah bawang putih. Kenapa bawang putih? Mereka kaya akan sulfur, yang penting untuk produksi glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang membantu menjaga kesehatan lensa mata.

#Makanan 10: Makanan lainnya

Ada banyak makanan lain yang bermanfaat untuk mata Anda, seperti: Kedelai (kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E), ubi jalar (mengandung beta karoten), anggur (anggur merah kaya dengan antioksidan), biji rami (kaya dengan Omega-3) dan Virgin Oil.

#Tips Menjaga Kesehatan Mata:

  • Gunakan kacamata hitam ketika kondisi panas terik dan menyilaukan.
  • Jika Anda pengguna komputer aktif, gunakan filter untuk mengurangi radiasi yang disebabkan oleh monitor komputer.
  • Terapkan diet sehat, pola hidup sehat dan olahraga cukup.
  • Mengurangi dan bahkan hindari merokok.
  • Jika Anda sering memakai lensa mata, ada saatnya lepas lensa mata Anda untuk memberikan waktu istirahat bagi mata.
  • Tutup mata Anda sejenak untuk memberi mereka waktu istirahat dan mencegah ketegangan.
  • Anda bisa membaca tips bermanfaat untuk menjaga mata sehat lebih lengkap dari kami.

Seperti yang telah kami tulis diatas, mata sangat penting dijaga kesehatannya agar fungsinya tidak mengalami penurunan atau bahkan kehilangan fungsinya. Dengan rajin mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata yang kami jabarkan diatas, Anda bisa membantu memelihara kesehatan mata dan juga menjaga fungsinya hingga usia tua.