Makanan Penurun Kolesterol Untuk Konsumsi Harian Anda

Makanan penurun kolesterol – Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan yang kita asup. Kolesterol  tidak semuanya jahat, karena ada juga kolesterol yang baik untuk tubuh. Kolesterol jahat atau di sebut juga LDL (low density lipoprotein) adalah kolesterol yang harus dihindari, karena berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) adalah kolesterol yang mencegah terjadinya pengendapan kolesterol jahat.

Kelebihan kolesterol atau kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berat, seperti:
1. Penyakit Jantung Koroner
2. Stroke
3. Darah tinggi dan masih banyak lagi

Gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk mengatasi kolesterol tinggi ini. Langkah utama yang bisa dilakukan untuk mencegah ataupun menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Dibawah ini kami sajikan beberapa makanan penurun kolesterol tinggi dengan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Makanan Penurun Kolesterol
1. Gandum
Gandum merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan serat dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cepat, selain itu gandum juga bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah. Coba ganti roti anda dengan roti gandum untuk mendapatkan manfaaat kesehatannya.

makanan penurun kolesterol
Gandum Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat
2. Ikan
Makanan penurun kolesterol 
berikutnya yaitu ikan. Terutama ikan yang mengandung omega 3, seperti ikan salmon, ikan tuna/ tongkol, ikan kembung, ikan trout, dan ikan makarel. Omega 3 yang terkandung dalam ikan, sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan resiko pembekuan darah serta mengurangi resiko kematian mendadak karenan serangan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan cara menggoreng, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.3. Beras merah
Sudah menjadi rahasia umum bahwa beras merah adalah makanan yang sangat baik untuk tubuh, baik yang ingin menurunkan berat badan atau pun menurunkan kolesterol. Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien sehingga mampu membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga mampu menurunkan kadar gula darah.

4. Kedelai
Makanan penurun kolesterol 
berikutnya adalah kedelai. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Kedelai bisanya diolah menjadi tahu, tempe, susu kedelai, nugget, dll, merupakan makanan murah meriah yang ampuh sebagai penurun kolesterol anda.

5. Kacang panjang dan kacang-kacangan lainnya
Kacang panjang  mengandung banyak serat yang dapat memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Sedangnkan kacang kacangan seperti mede, almond, kenari, kacang tanah dll kaya akan Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Namun hindari mengkonsumsi kacang kacangan yang sudah diberi garam ataupun gula.

6. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol. Sebagian besar studi menunjukkan sekitar satu-setengah gram kolesterol bisa diturunkan dengan konsumsi satu gram bawang putih setiap hari.

7. Jeruk nipis
Makanan penurun kolesterol berikutnya yaitu jeruk nipis. Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi kolesterol jahat. Flavonoid ini juga terdapat pada teh, brokoli, tomat, anggur , serta buah delima.

8. Alpukat
Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat. Alpukat mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Dalam sebuah Alpukat banyak terdapat lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.

9. Tomat
Makanan penurun kolesterol berikutnya yaitu tomat. Tomat merupakan sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Untuk meningkatkan kadar likopen dalam sebuah tomat, sebaiknya tomat dimasak terlebih dahulu.

10. Kayu Manis
Kayu manis memiliki fungsi mengurangi kolesterol jahat, gula darah, trigliserida yang berlebih pada penderita diabetes tipe 2. Seikat kecil kayu manis direbus dalam sepanci air hingga 20 menit  dan diminum setiap hari. Bisa juga dicampur dengan teh hijau atau teh hitam. mengkonsumsi satu sendok teh kayu manis bisa menurunkan kolesterol dan gula darah pada penderita diabetes tipe-2.

11. Brokoli
Makanan penurun kolesterol berikutnya yaitu sayuran brokoli. Sayuran ini sangat bagus sebagai penurun kolesterol. Serat salam sayur brokoli akan mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih. Sayur ini bisa dimakan mentah sebagai salad, sup, ataupun dikukus untuk dimakan matang, serta bisa dibuat juice.

12. Teh hitam dan teh hijau
Teh hitam mengandung antioksidan yang dapat memberikan rasa tenang, dan mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah. Teh  hitam ini juga mampu mencegah sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. sedangkan teh hijau banyak mengandung theanine, polifenol katekin yang bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan mencegah kolesterol jahat. Cukup dengan 4 (empat) cangkir teh yang bisa diminum sepanjang hari akan mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain beberapa makanan diatas, sangat penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat, seperti misalnya berolah raga secara teratur, menghindari makan-makanan yang berlemak tinggi, dan juga berhenti atau berhenti merokok. Makanan penurun kolesterol diatas sangat penting untuk kita masukkan dalam menu sehari-hari untuk menghindari penyakit berat yang berawal dari kolesterol tinggi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *