Kanker Payudara: Gejala dan Faktor Penyebabnya

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang menyerang jaringan payudara dimana kondisi sel-sel dalam payudara menjadi ganas karena kondisi yang abnormal. Ketika sel abnormal ini membesar dan tumbuh tak terkontrol, maka akan membentuk suatu jaringan ekstra atau tumor, yang pada akhirnya akan menjadi tumor jinak atau tumor ganas. Sel tumor ganas inilah yang nantinya akan menjadi kanker dan dapat menyabar ke jaringan tubuh terdekat yang pada gilirannya akan melepaskan diri kemudian menyebar pada bagian tubuh manapun.

Kanker ini umumnya di derita oleh kaum hawa, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kepada kaum pria. Kanker payudara yang menyerang pria, biasanya timbul lebih cepat, karena jaringan di sekitar payudara pria lebih tipis dibandingkan payudara wanita. Penyakit ini sangat berbahaya dan mengerikan jika tidak segera ditangani. Dan oleh sebab maka kita harus mengetahui gejalanya sebelum terlambat. Mari kita ketahui gejala dan faktor penyebab kanker payudara berikut ini.

Gejala kanker payudara
Banyak yang masih mengabaikan kesehatan payudara mereka karena kurang nya pengetahuan akan kanker payudara ini. Padahal di Indonesia, penyakit ini merupakan pembunuh no 1 bagi kaum wanita. Untuk itu, Anda perlu mencermati beberapa gejala yang mungkin terlihat samar, agar bisa melakukan deteksi dini dan mendapatkan pengobatan sedini mungkin. Ada beberapa gejala yang mungkin akan terdeteksi seperti di bawah ini :

Gejala Kanker Payudara
Gejala Kanker Payudara

1. Timbulnya benjolan di area payudara
Benjolan ini biasanya tidak terasa nyeri, namun permanen, dan keras ketika disentuh. Mungkin pada awalnya benjolan ini merupakan benjolan kecil, namun seiring berjalannya waktu benjolan ini akan membesar dan melekat pada kulit. Yang pada akhirnya kondisi ini akan menyebabkan perubahan mencolok pada kulit payudara, dan mengecilnya puting karena terjadi tarikan ke dalam puting payudara.

2. Perubahan kulit atau puting payudara
Kulit atau puting payudara bisa berubah menjadi seperti kulit jeruk, mengerut atau timbul luka borok. Luka itu akan semakin membesar, dan pada akhirnya bisa menghancurkan seluruh payudara. Keadaan ini biasanya disertai bau yang tak sedap dan payudara yang mulai berdarah.

3. Puting payudara mengeluarkan cairan darah
Cairan ini bisa berwarna merah ataupun cokelat yang keluar secara terus menerus dan hanya terjadi pada satu sisi payudara saja.

4. Timbulnya pembengkakan pada lengan dan ketiak
Pada awalnya kanker ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun apabila kanker sudah berkembang ke tulang tulang dan menjadi borok, barulah rasa sakit akan timbul pada penderitanya.

Penyebab kanker payudara
Walaupun selama ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker payudara ini, namun ada beberapa faktor yang di percaya mempunyai andil dalam menyebabkan penyakit ini. Berikut ini beberapa faktornya :

1. Gaya hidup
Gaya hidup mempunyai andil yang sangat besar dalam memberikan resiko serangan kanker ini. Prosentasenya antara 90- 95%. Gaya hidup dengan makan makanan yang tidak sehat, junk food, dan kurang gerak menyebabkan terjadinya obesitas yang akan memicu dan menaikkan resiko kanker payudara terutama ketika Anda mengalami menopause.

2. Alkohol
Ketika Anda meminum minuman beralkohol, maka kadar hormone estrogen dan endogen akan meningkat dan hal ini meningkatkan aktivitas tumor.

3. Faktor keturunan
Peran genetik dalam kanker ini relatif kecil, yakni antara 5-10%. Faktor genetik adalah adanya mutasi pada beberapa gen yang berperan dalam pembentukan kanker payudara. Jika ada 1 atau lebih saudara tingkat pertama, seperti orangtua, anak atau saudara kandung yang menderita kanker payudara, maka Anda perlu waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat. Biasanya penderita kanker payudara pria merupakan penderita dengan faktor turunan.

4. Rokok
Wanita yang memiliki kebiasaan merokok mempunyai resiko lebih besar terkena kanker payudara.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghindari kanker payudara ini terutama bagi Anda yang mempunyai faktor keturunan. Beberapa hal untuk mencegah kanker payudara adalah :

– Hindarilah faktor penyebabnya
– Olahraga teratur
– Hindari alkohol
– Idealkan berat badan Anda
– Makan buah dan sayuran
– Periksa rutin atau lakukan SADARI
– Aktiflah menyusui bayi ketika Anda memiliki bayi.

Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, semakin cepat penanganan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. Itulah gejala kanker payudara dan faktor penyebab kanker payudara agar segera bisa kita ketahui dan segera ditangani jika ada hal-hal yang mirip kondisi diatas.