Gejala Sakit Jantung Pada Wanita

Penyakit jantung koroner masih belum banyak orang yang tahu mengenai gejala yang dialami oleh penyakit mematikan tersebut. Gejala sakit jantung pada wanita kerap kali tidak spesifik dan bervariasi. Tahukah anda? gejala lemah jantung yang dialami pada wanita hampir mirip dengan penyakit maag sehingga akan sulit membedakan antara mana penyakit jantung dan mana penyakit maag sebelum dilakukan cek laboraturium.

Namun, tidak ada salahnya bukan memahami apa saja sih gejala yang alami oleh wanita pengidap penyakit jantung sehingga bisa dengan mudahnya menyerang kaum wanita. Nah, bagi anda yang penasaran dan bertanya-tanya tentang hal tersebut, simak ulasan tentang apa saja gejala yang dialami oleh wanita pengidap sakit jantung.

15 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita Yang Perlu Anda Waspadai:

1. Rasa sakit pada bagian dada
Pada saat anda mengalami serangan jantung, ciri-ciri sakit jantung pada wanita yang sering terjadi adalah nyeri pada bagian dada. Tapi, antara wanita dan pria mempunyai ciri yang berbeda. Nyeri pada dada dikarenakan otot jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen sehingga hal tersebut membuat dada terasa tidak nyaman. Biasanya, hal tersebut disertai dengan rasa sakit yang luar biasa seperti jantung terasa di remas-remas.

Gejala sakit jantung pada wanita
Gejala sakit jantung pada wanita

2. Berkeringat secara berlebihan
Gejala sakit jantung pada wanita berikutnya yaitu keringat yang berlebihan. Pada umumnya, kita berkeringat setelah melakukan kegiatan berat seperti olahraga, mengangkat barang berat atau hal lainnya. Tetapi pada kasus ini, seorang wanita yang mengalami penyakit jantung koroner akan mudah sekali berkeringat padahal tidak melakukan kegiatan apapun. Biasanya bagian yang berkeringat adalah bagian telapak tangan.

3. Badan terasa lemas atau mudah lelah
Merasa lemas maupun mudah lelah bisa saja menjadi gejala utama yang sering terjadi pada penderita penyakit jantung koroner. Apabila anda terasa sering lelah dan lemas padahal anda tidak sedang melakukan aktivitas, maka kemungkinan jantung anda mengalami masalah dan segeralah periksakan hal tersebut kepada dokter.

4. Sakit Kepala
Gejala sakit jantung pada wanita yang berikutnya yaitu sering mengalami sakit kepala. Bagi sekian banyak wanita yang memiliki masalah pada jantung akan mudah sekali terserang sakit kepala. Kenapa wanita yang mengidap penyakit jantung sering mengalami sakit dibagian kepala? Hal tersebut dikarenakan aliran darah ke otak terganggu sehingga aliran darah tersebut menjadi tidak normal.

5. Sakit pada perut
Sakit perut yang terjadi pada wanita sangat sering disalah artikan. Padahal fenomena tersebut juga bisa menjadi salah satu gejala sakit jantung pada wanita. Kadang-kadang kaum wanita mengalami sakit perut adalah tanda akan berlangsungnya siklus menstruasi atau haid. Namun, ada studi kasus menyatakan, mereka akan mengalami sakit perut parah seperti ada sesuatu yg menusuk menusuk pada perut mereka.

6. Terasa mual
Mual menjadi salah satu ciri utama serangan jantung mendadak yang dialami para pengidap sakit lemah jantung. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pada bagian perut mengalami pembengkakan, sehingga para penderita mengalami mual beserta muntah-muntah parah dan mereka yang menderita penyakit tersebut akan kehilangan nafsu makan.

7. Sakit pada beberapa bagian tubuh
Gejala awal sakit jantung akan merasakan sakit pada baguan rahang, lengan maupun leher. Sakit pada bagian tubuh tersebut bisa datang secara tiba-tiba dan kemudian bisa saja perlahan menghilang dan kemudian menjadi semakin parah. Hal ini sering terjadi khususnya pada wanita setidaknya 2 kali dalam sebulan. Maka, apabila anda mengalami gejala tersebut, cepat-cepatlah periksakan diri anda ke dokter.

8. Insomnia atau sulit tidur
Salah satu gejala sakit jantung pada wanita, mereka akan mengalami sulit tidur nyenyak. Hal tersebut di karenakan mereka yang mengidap penyakit jantung koroner akan merasakan ketidaknyaman pada dirinya ketika tidur. Sekilas hal tersebut adalah hal yang wajar terjadi, tapi apabila anda mengalami insomnia secara terus menerus, kemungkinan anda mempunyai jantung koroner.

9. Cemas tanpa sebab
Kecemasan juga menjadi salah satu tanda awal penyakit jantung pada wanita. Kecemasan tersebut terjadi tanpa sebab, biasanya wanita yang mengalami kecemasan berlebih memliki trauma akan sesuatu sehingga mereka mudah gelisah, cemas, maupun takut akan kematian, seperti kecemasan pada diri mereka sendiri yang sudah positif mengidap penyakit jantung. Alangkah baiknya apabila si pengidap penyakit jantung tersebut menenangkan diri.

10. Pembengkakan pada bagian tubuh
Indikasi penyakit jantung pada wanita ditunjukan dengan adanya pembengkakan di area bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa terjadi karena kondisi jantung sudah ada dalam batasannya untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh tapi terhambat. Hal inilah yang menjadi sebab pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

11. Kecepatan denyut jantung yang tidak teratur
Denyut jantung menjadi tidak seimbang merupakan gejala lemah jantung pada wanita. Denyut jantung yang tidak teratur disebabkan karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Sehingga jantung akan mengalami penyempitan otot dan lebih parahnya lagi jantung akan mengalami kebocoran.

12. Nafsu makan menurun
Seperti yang telah di sebutkan di atas mual menjadi salah satu factor utama kelainan jantung. Para wanita pengidap jantung lemah akan mengalami nafsu makan yang turun secara drastis dan berat badannya secara otomatis juga akan menurun. Hal inilah yang dapat membuat kondisi penderita jantung koroner akan semakin memburuk.

13. Sesak nafas
Gejala sakit jantung pada wanita yang berikutnya yaitu sering sesak nafas. Sesak nafas pada umumnya telah menjadi tanda awal sakit jantung. Otot-otot pada jantung berkontraksi secara tidak normal yang bisa berdampak ke paru-paru yang menyebabkan kesulitan untuk bernafas.

14. Sakit pada daerah ulu hati
Sakit pada daerah ulu hati adalah gejala umum yang sering di jadikan penanda oleh wanita yang mengidap sakit lemah jantung. Pada bagian ulu hati akan terasa amat sakit seperti di cabik-cabik. Hal tersebut berhubungan erat dengan kondisi dimana jantung mengalami kendala saat memasok darah ke seluruh tubuh termasuk ulu hati yang menyebabkan fungsi utama dari ulu hati tersebut tidak berfungsi secara maksimal.

15. Sering pingsan mendadak
Sering mengalami pingsan mendadak merupakan salah satu tanda penyumbatan jantung. Namun,pingsan mendadak juga bisa di alami oleh mereka yang mempunyai gula darah rendah atau kelelahan. Tapi, apabila anda mengalami pingsan terlalu sering, bisa jadi itu adalah gejala yang dialami wanita lemah jantung. Sebelum masalah tersebut semakin parah, alangkah baiknya jika melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Bagaimana? Sudah jelas kan tentang apa saja gejala sakit jantung pada wanita. Memang tidak semua gejala sakit jantung pada wanita seperti yang sudah dijelaskan melalui ulasan di atas terjadi secara bersamaan. Namun, alangkah baiknya apabila anda menemukan salah satu ciri diatas maka sesegera mungkin hubungi dokter Anda karena gejala sakit jantung pada wanita memiliki gejala yang sama dengan penyakit lainnya. Tujuannya adalah mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri kita ataupun pada orang-orang disekitar kita.