Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Posted on

Duniakesehatan.net – Gejala Sakit Ginjal pada Wanita. Ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi utama ginjal adalah menyaring zat-zat racun atau limbah yang terkandung dalam makanan dan minuman dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urin. Jika ginjal mengalami kegagalan fungsinya, tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tanda penyakit ginjal samar-samar dan terkadang kita tidak menyadarinya. Kebanyakan penderita tahu terkena sakit ginjal ketika sudah berada dalam tahap parah atau kronis.

Baik pria maupun wanita bisa saja terserang penyakit ginjal. Gejala sakit ginjal pada wanita secara umum tidak berbeda dengan apa yang dialami pria. Namun bagi Anda para wanita juga harus waspada untuk mengetahui gejala sakit ginjal pada wanita yang akan kami uraikan dibawah ini.

Beberapa Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita

Sering Buang Air Kecil

Sakit ginjal sebagian besar diawali dengan perubahan pada siklus dan perubahan pada kencing. Frekuensi kencing yang melebihi batas normal serta warna urin yang sangat berbeda menjadi gejala awal sakit ginjal. Ginjal berfungsi menghasilkan urin untuk menghilangkan sisa limbah dari tubuh. Jika Anda mengalami gejala sering kencing atau air kencing/urin Anda berbusa atau bahkan bercampur dengan darah, Anda harus segera menemui dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis urologi untuk memeriksanya.

Nyeri di kaki, Punggung dan Samping Tubuh

Gejala sakit ginjal pada wanita berikutnya adalah sering mengalami rasa nyeri di kaki, punggung dan tubuh bagian samping. Bagian punggung samping adalah letak dimana ginjal berada. Oleh karena itu anda harus waspada jika sering mengalami nyeri pada bagian tersebut.

Gejala sakit ginjal pada wanita
Gejala sakit ginjal pada wanita

Bau Mulut Parah

Gejala sakit ginjal pada wanita berikutnya adalah bau mulut parah. Bau mulut sering menjadi pertanda bahwa sesuatu dalam sistem tubuh tidak berfungsi dengan baik. Beberapa pasien yang mengalami gagal ginjal mendapati bau mulut mereka sangat tidak sedap dikarenakan adanya kelebihan limbah/kotoran di dalam tubuh dan aliran darah yang tidak bisa dibersihkan dengan baik oleh ginjal.

Sering Mual

Gejala sakit ginjal pada wanita yang berikutnya adalah sering mengalami mual-mual. Zat racun yang berlebihan dalam tubuh (karena gagal diolah oleh ginjal) menyebabkan rasa mual yang berlebihan. Nafsu makan juga menurun dan berat badan mengalami penurunan yang drastis.



Pembengkakan di Beberapa Bagian Tubuh

Akibat gagalnya ginjal membuang limbah atau racun, beberapa bagian tubuh akan membengkak karena racun atau limbah akan menumpuk. Beberapa bagian tubuh yang mengalami bengkak adalah wajah, kaki, tangan, pergelangan kaki dan kaki.

Ruam Kulit dan Jerawat Parah

Penumpukan limbah atau racun juga akan membuat ruam dan jerawat parah. Limbah racun tersebut menumpuk di aliran darah yang akan memicu ruam serta jerawat parah tersebut.

Sering Mengalami Kelelahan Luar Biasa

Gejala sakit ginjal pada wanita yang berikutnya adalah tubuh sering merasa lelah. Padahal tidak ada aktifitas fisik yang berat namun tubuh terasa lemas dan lelah. Hal ini disebabkan oleh ginjal mengalami penurunan fungsinya dan tubuh mengalami kekurangan hormon Erythropoietin (EPO) yang memberikan perintah membawa oksigen dan sel darah merah untuk memberi energi pada otot dan otak.

Tubuh Sering Merasa Dingin

Berkurangnya produksi Erythropoietin (EPO) juga menyebabkan anemia atau penurunan sel darah merah. Ini membuat penderita sakit ginjal terus merasa kedinginan.

Sesak Napas

Penurunan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru yang menyebabkan sesak napas.

Siapa Saja Yang Berisiko Mengalami Penyakit Ginjal?

Pria atau wanita bisa saja mengalami kegagalan fungsi ginjal. Orang dengan gaya hidup tidak sehat sangat riskan terkena penyakit ini. Konsumsi minuman mengandung alkohol, merokok, dan penggunaan narkoba adalah pemicu utama kegagalan fungsi ginjal.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa berpeluang besar terkena kegagalan fungsi ginjal:

  • Orang yang berusia di atas 50 – Fungsi ginjal secara alami mulai melambat seiring bertambahnya usia.
  • Penderita diabetes – Diabetes dan fungsi ginjal berjalan seiring. Jika salah satu mengalami masalah, salah satunya juga akan mengikuti mengalami masalah.
  • Orang dengan hipertensi – Tekanan darah tinggi memberikan banyak tekanan pada ginjal.
  • Riwayat keluarga penyakit ginjal – Penyakit ginjal cenderung terjadi dalam keluarga.
  • Atlet – Latihan berat dapat menyebabkan kondisi dehidrasi kronis.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Baik?

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal Anda adalah:

1) Adopsi gaya hidup sehat: Jangan merokok, hindari narkoba, dan jangan konsumsi minuman mengandung alkohol.

2) Minumlah air dalam jumlah yang cukup. Hal ini membantu mengeluarkan racun dan mengatur tekanan darah. National Institute of Health merekomendasikan untuk minum 91 ons air per hari jika Anda seorang wanita dan 105 ons sehari jika Anda seorang pria. Sayuran dan buah-buahan seperti semangka, melon, mentimun, tomat juga sangat baik untuk di konsumsi.




3) Makan Diet Sehat Ginjal:

  • Batasi protein: Kelebihan protein (khususnya hewani) meningkatkan keausan pada ginjal dengan menambahkan terlalu banyak nitrogen dan asam urat ke darah. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan dehidrasi karena tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk membersihkan elemen-elemen ini. Batasi protein hewani Anda dan tambahkan lebih banyak protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal: Apel, kubis, kembang kol, stroberi, ceri, asparagus, selada, kacang hijau, lobak, keju dan terong.
  • Batasi produk susu: Susu mengandung banyak fosfor yang dapat menumpuk di ginjal. 2-3 porsi susu dalam sehari sudah bagus. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu mengonsumsi susu untuk mendapatkan kalsium yang sangat dibutuhkan. Ganti susu dengan pisang, tahu, bayam, brokoli yang juga rendah fosfor namun banyak mengandung kalsium.

4) Latihan fisik teratur membantu ginjal Anda membuang racun dari darah Anda lebih cepat karena mempercepat metabolisme tubuh.

5) Perhatikan berat badan anda. Berat badan berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat merusak ginjal.

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Jika Anda memiliki gejala dari penyakit ginjal seperti yang disebutkan di atas, silakan hubungi dokter. Dokter akan melakukan tes darah atau sinar-x untuk menentukan apakah Anda memiliki masalah dengan ginjal. Namun bagaimanapun juga, untuk mencegah terkena kegagalan fungsi ginjal hanya dapat ditangkal dengan gaya hidup sehat, diet makanan sehat, dan jumlah minum air dalam jumlah yang cukup. Itulah beberapa gejala sakit ginjal pada wanita dan beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kegagalan fungsi ginjal.