Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Banyak penyakit yang muncul di tubuh  sekarang ini. Tidak hanya penyakit yang terlihat dari luar, namun penyakit dalam juga merupakan penyakit yang harus diperhatikan. Karena justru penyakit dalam lebih mengkhawatirkan untuk kesehatan tubuh Anda.  Salah satu penyakit yang perlu di waspadai adalah penyakit jantung. Karena penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia saat ini. Walaupun kebanyakan penderita penyakit ini adalah laki-laki, bukan tidak mungkin penyakit ini menyerang wanita. Gejala penyakit jantung pada wanita pun perlu diketahui sebagai bentuk deteksi dini dari penyakit jantung. Untuk itu, simaklah informasi di bawah ini.

Beberapa Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Wanita memanglah mahluk yang unik, setiap bagian ditubuhnya merupakan hal yang indah dan patut dikagumi. Namun wanita juga sulit dipahami, terutama untuk mendeteksi penyakit yang ada di dalam tubuhnya. Untuk lebih memahami wanita dan gejala sakit jantung yang ada padanya, simaklah informasi ini dan semoga berguna untuk anda ataupun orang tersayang.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita (Gambar Medicaldaily)
Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita (Gambar Medicaldaily)

1. Rasa Tidak Nyaman Pada Dada dan Sekitarnya
Gejala penyakit jantung pada wanita yang pertama yaitu adanya rasa sakit, nyeri atau tidak nyaman pada dada dan sekitarnya. Tidak hanya bagian dada, sakit jantung biasanya menjalar hingga lengan, punggung bahkan rahang. Namun untuk para wanita biasanya tidak merasakan demikian, karena rasa nyeri dapat muncul dan hilang secara tiba-tiba. Namun bila anda merasakan rasa nyeri ini ketika tidur dan terbangun, mungkin ini adalah gejala dari sakit jantung.

2. Nyeri Perut, Mual, Sesak Nafas, dan Pusing
Gejala penyakit jantung pada wanita yang berikutnya yaitu adanya rasa nyeri pada perut, mual, sesak nafas dan kepala sering pusing. Banyak orang yang tidak menyadari tanda tersebut adalah gejala penyakit jantung pada wanita. Karena menganggap itu semua adalah penyakit maag, sakit lambung atau bahkan flu. Biasanya nyeri perut yang dirasakan begitu parah, sehingga menyebabkan sesak nafas.

Sesak nafas mengakibatkan oksigen tidak dapat dikirimkan dengan baik ke otak dan mengakibatkan kepala terasa pusing. Bila hal ini terjadi ketika tidak melakukan aktivitas berat, sebaiknya segeralah hubungi dokter. Karena bisa saja hal tersebut adalah tanda dari penyakit jantung dan serangan jantung tiba-tiba telah terjadi.

3. Mudah Lelah dan Berkeringat Dingin
Gejala penyakit jantung pada wanita yang berikutnya yaitu badan selalu merasa cepat lelah padahal tidak melakukan aktifitas berat. Kelelahan seperti ini adalah gejala penyakit jantung pada wanita yang tidak disadari. Berkeringat dingin pun menjadi salah satu gejala dari sakit jantung. Misalnya, sering berkeringat dingin saat stress atau ketika diam di udara panas Anda sudah harus mulai berhati-hati. Karena kemungkinan ini adalah serangan jantung yang tidak disadari oleh anda.

Namun jika memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, tentunya lebih baik untuk memeriksakan jantung secara berkala dan lebih waspada. Atau jika tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung dan mengalami gejala di atas, sebaiknya segeralah waspada bisa saja ini adalah gejala dari sakit jantung.

Tidak semua gejala di atas dapat dirasakan oleh wanita. Banyak pula gejala penyakit jantung pada wanita yang berbeda antara wanita yang satu dengan yang lain. Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya lakukanlah olahraga rutin atau untuk perokok mulailah untuk mengurangi merokok. Selain itu, anda juga dapat melakukan pemeriksaan rutin ke dokter jantung untuk mengetahui kesehatan jantung. Kiranya informasi di atas dapat membantu untuk deteksi dini penyakit jantung pada wanita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan cintailah jantung anda!!