Gejala Diabetes pada Wanita yang Jarang Disadari

Gaya hidup yang tidak teratur membuat laki-laki dan wanita modern saat ini beresiko terkena diabetes dan kencing manis. Tidak hanya gaya hidup, diabetes juga dapat terjadi karena faktor keturunan. Bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes mungkin sudah cukup mengetahui gejala dari penyakit diabetes. Namun ciri-ciri gejala diabetes pada wanita berbeda dengan gejala yang dialami oleh laki-laki. Dan terkadang gejala diabetes pada wanita ini tidak disadari oleh si penderita. Untuk anda para wanita kenalilah tentang beberapa gejala diabetes pada wanita di bawah ini.

Beberapa Gejala Diabetes Pada Wanita
1. Kelelahan
Kelelahan adalah gejala diabetes pada perempuan yang pertama. Terkadang rasa mudah lelah ini disertai dengan rasa lemas. Hal ini karena tidak mendapatkan suntikan energi seperti zat gula. Zat gula sebenarnya akan didapatkan dari makanan yang di makan. Namun ini berkebalikan karena cadangan gula darah tidak terserap sama menjadi energi. Karena tidak adanya insulin yang merubahnya. Walaupun tubuh memiliki insulin yang cukup, jika tubuh melakukan penolakan, zat gula tidak akan terserap. Hal inilah yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan lelah.

Gejala Diabetes pada Wanita
Mudah lelah adalah salah satu ciri gejala diabetes pada wanita

2. Luka yang Sulit Sembuh
Biasanya luka yang terdapat pada tubuh akan sembuh dengan cepat. Namun untuk penderita penyakit diabetes mellitus, jika terluka luka tersebut akan memakan waktu lama untuk sembuh. Lamanya luka yang sembuh disebabkan oleh perubahan tekanan cairan yang terjadi dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan perubahan yang besar untuk aliran darah dalam tubuh.

Hal ini mengakibatkan banyak bagian tubuh yang tidak mendapatkan suplai darah sesuai kebutuhan. Kondisi ini membuat syaraf mengalami masalah dan membuat luka lambat untuk sembuh. Banyak dari penderita diabetes yang mengalami luka yang sulit sembuh akhirnya harus diamputasi. Hal ini dilakukan untuk mengatasi agar infeksi tidak menjalar ke bagian syaraf yang lain.

3. Berat Badan Turun
Penderita penyakit diabetes biasanya memiliki nafsu makan dan minum yang tinggi, tapi yang terjadi justru penurunan berat badan. Namun gejala diabetes pada wanita biasanya terjadi penambahan berat badan. Jika kasus penurunan dan peningkatan berat badan ini terjadi tanpa ada alasan yang jelas, anda wajib berhati-hati. Karena bisa saja ini adalah gejala dari penyakit diabetes.

4. Sering Buang Air Kecil
Banyak orang yang berpandangan bahwa sering minum dan sering ke toilet merupakan hal yang baik. Namun sebenarnya, sering ke toilet untuk buang air kecil adalah gejala diabetes pada wanita ataupun pria. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang tinggi menghambat proses penyerapan glukosa yang sudah masuk ke ginjal. Sehingga hasil metabolisme kadar gula dalam tubuh akan keluar dari tubuh setelah melewati ginjal.

5. Infeksi Organ Kewanitaan
Salah satu ciri-ciri gejala diabetes pada wanita yang paling sering adalah adanya infeksi disekitar bagian organ kewanitaan. Atau dapat terjadi juga infeksi pada area bawah payudara. Penyebab utama dari terjadinya gejala ini adalah kadar gula darah yang cukup tinggi. Kadar gula darah yang tinggi adalah salah satu penyebab diabetes. Kadar gula darah yang tinggi juga menyebabkan perubahan cairan tubuh yang mempengaruhi kulit menjadi kering. Sehingga penderita penyakit diabetes, terlihat memiliki kulit yang bersisik.

Bila para pembaca yang merasakan lima gejala diabetes pada wanita di atas sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Pemeriksaan dokter akan membuat anda mengetahui status kesehatan diri. Disamping itu pemeriksaan juga dapat membantu untuk mendeteksi penyakit secepat mungkin. Semoga informasi di atas dapat membantu mengetahui tentang gejala diabetes pada wanita. Dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.