Waspada Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru (karsinoma bronkhogenik) adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang menyerang dan tumbuh pada organ paru-paru yang berperan penting dalam proses pernapasan, dimana terdapat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru. Kebanyakan orang mengira, kanker paru ini timbul secara tiba-tiba dan tanpa gejala. Padahal sebenarnya ada beberapa gejala samar yang biasanya muncul sebagai peringatan kanker paru. Sehingga banyak orang lengah dan baru menyadari ketika kanker mencapai stadium tinggi. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui gejala dan penyebab kanker paru-paru agar kita bisa mengetahui sejak dini segala macam tanda-tanda dan juga bagaimana untuk menghindarinya.

Gejala Kanker Paru-paru
Berikut ini adalah beberapa gejala-gejala yang biasanya ditemukan pada penderita kanker paru:
1. Gejala awal adanya kanker paru ini biasanya ditandai oleh timbulnya batuk yang terus menerus dan berlangsung lama, biasanya lebih dari dua minggu, yang disebabkan oleh bronchitis menahun. Pasien bronchitis kronis yang menderita kanker paru biasanya menyadari bahwa batuknya semakin memburuk.

kanker paru-paru
Gejala dan penyebab kanker paru-paru

2. Batuk yang di sertai darah, merupakan tanda lain dari penyakit ini. Jika anda mengalami batuk yang berkepanjangan, ada baiknya untuk melihat dahak anda, apakah terdapat darah atau tidak. Jika kanker tumbuh ke dalam pembuluh darah di bawahnya, maka hal ini bisa menyebabkan pendarahan hebat.

3. Sakit pada dada. Kanker yang sudah tumbuh ke dalam dinding dada akan menyebabkan rasa nyeri pada dada yang berlangsung terus menerus.

4. Penderita kanker paru juga bisa mengalami sesak napas, yang disebebakan terjadinya penimbunan cairan di sekitar paru-paru. Kondisi ini akan semakin parah ketika kanker mulai menyebar ke dalam paru-paru.

5. Nafsu makan berkurang, sehingga berat badan turun drastis tanpa sebab dan diikuti kondisi tubuh yang semakin lemah.

6. Terjadi pembengkakan pada wajah dan leher yang disebabkan  oleh kanker yang mulai menyebar atau tumbuh di dalam syaraf tertentu pada wajah atau leher. Hal ini pada akhirnya  dapat menyebabkan terjadinya sindroma Horner, yaitu sindrom yang ditandai dengan timbulnya kondisi seperti mata menjadi cekung, pupil yang mengecil, kelopak mata menutup, dan berkurangnya keringat pada salah satu sisi wajah.

7. Gejala lain yang mungkin dialami adalah sakit kepala, susah tidur, timbulnya nyeri atau retak pada tulang tanpa sebab yang jelas, suara menjadi parau dan demam tinggi.

Penyebab Kanker Paru-paru
Beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya kanker paru ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rokok
Rokok merupakan penyebab sebagian besar jenis kanker yang ada di dunia, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Sebuah statistik menunjukkan bahwa 80% penderita kanker paru-paru merupakan perokok. Berbagai kandungan dalam sebatang rokok, seperti zat karsinogen atau zat penyebab kanker dapat merusak paru-paru.

2. Terpapar udara yang tercemar
Orang yang terpapar udara yang tercemar biasanya akan lebih mudah terserang kanker paru-paru. Pencemaran udara bisa berasal dari asap kendaraan,  linkungan industri, pembangkit listrik, dan banyak lagi.

3. Alkohol
Mengkonsumsi alkohol apalagi secara berlebihan akan meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru. Apalagi bila usia anda semakin menua. Bukan hanya kanker paru, kebiasan meminum minuman beralkohol juga akan menyebabkan kanker tenggorokan.

4. Genetik
Meskipun faktor genetika ini tidak terlalu besar pengaruhnya, sekitar 10-15%, juga bisa menjadi salah satu penyebab yang perlu diwaspadai.

5. Penyakit paru
Kanker paru kadang kala juga di temukan pada orang yang memiliki paru-paru jaringan parut. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit lain seperti TB/ TBC atau fibrosis.

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit kanker paru ini, maka alangkah bijaknya jika sedapat mungkin kita menghindari faktor resiko diatas. Selain itu ada beberapa anjuran yang bisa membantu anda menghindari resiko kanker paru ini, antara lain :

1. Berolahraga
Olahraga dengan waktu yang singkat namun berkesinambungan, lebih baik daripada berolah raga dalam waktu yang lama namun hanya sesekali bahkan jarang. Olahraga dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Jika jantung dan paru-paru sehat, maka aliran darah keseluruh tubuh akan menjadi lancar. Sehingga bukan hanya kanker paru yang bisa dihindari dengan berolahraga, berbagai macam penyakit akan hilang ketika badan kita bugar.

2. Mengkonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai zat yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan mempercepat pertumbuhan sel baru pengganti.

3. Tingkatkan kualitas udara dalam ruangan
Karpet-karpet yang berdebu, penyegar ruangan dengan bahan kimia, obat semprot serangga, penggunaan lilin yang berlebihan ataupun adanya pekerjaan bangunan merupakan salah satu faktor yang bisa mencemari udara yang kita hirup. Sehingga di anjurkan untuk selalu menjaga sirkulasi udara dengan baik sehingga pertukaran udara menjadi lancar dan sehat.

Kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Kunci utama untuk menghindari penyakit ini adalah hindari semua hal-hal yang menyebabkan kanker paru-paru yang sudah kami sebutkan diatas. Jika anda perokok segera kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan merokok anda. Karena asap rokok anda sangat berbahaya bagi anda sendiri terutama bagi orang-orang di sekitar anda. Semoga gejala dan penyebab kanker paru-paru diatas bisa menjadi rujukan berharga bagi kita semua agar bisa terhindar dari penyakit kanker paru-paru ini. Tetap sehat dan semoga bermanfaat.