Cara Menjaga Kesehatan Gigi Yang Mudah

Posted on

DuniaKesehatan.net – Menjaga kesehatan gigi adalah salah satu kunci untuk hidup yang higienis dan sehat. Sebagian orang meremehkan betapa pentingnya menjaga dan memelihara gigi tetap sehat. Kebersihan gigi yang baik tidak hanya penting untuk penampilan fisik yang sehat, tetapi juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk membiasakan kebiasaan yang tepat untuk mempertahankan senyum yang sehat. Bagaimanakah cara menjaga kesehatan gigi yang baik serta mudah dilakukan?

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

#1. Sikat gigi setiap hari

Langkah penting pertama menuju kesehatan gigi yang baik adalah menyikat gigi dua hingga tiga kali sehari. Menyikat gigi setiap hari diperlukan untuk kesehatan gigi. Pastikan Anda memilih sikat gigi dengan kepala kecil untuk mencapai bagian belakang mulut Anda yang ekstrem dan tempat-tempat yang sulit dijangkau lainnya. Pasta gigi yang Anda gunakan harus mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang. Menggunakan fluoride akan memperkuat enamel gigi Anda dan semakin keras enamel gigi, semakin sulit bagi plak untuk menempel pada gigi Anda.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut. Anda bisa menggunakan sikat gigi elektrik yang mampu membersihkan gigi lebih merata bahkan di sudut-sudut yang sulit. Hindari sikat gigi yang kaku dan keras karena cenderung mengikis dan menggores gigi serta gusi Anda. Juga ingat untuk membuang dan mengganti sikat gigi setiap 2 hingga 3 bulan.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi
Cara Menjaga Kesehatan Gigi

#2. Flossing secara teratur

Cara menjaga kesehatan gigi berikutnya adalah rajin melakukan Flossing. Flossing juga penting untuk kesehatan gigi dan kebersihan gigi. Flossing menghilangkan partikel makanan yang tidak dapat dijangkau melalui menyikat normal. Jika dibiarkan, partikel-partikel ini mulai membusuk, menyebabkan bau mulut serta radang gusi. Jika Anda melakukan floss setiap hari, Anda bisa menghindari penyakit gusi, gingivitis dan beberapa masalah gigi serta gusi lainnya.

Selain itu, Anda dapat menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk menghilangkan bakteri dan menyegarkan napas Anda. Mengocok atau berkumur setelah makan akan membantu membuang kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gigi. Kebiasaan mengunyah permen karet bebas gula setelah makan juga merupakan cara yang bagus untuk mengeluarkan partikel makanan yang goyah dari gigi sehingga mencegah gigi berlubang, bernoda dan berbau halitosis.

#3. Kunjungi Dokter Gigi Anda

Untuk selalu menjaga kesehatan gigi, Anda perlu mempertimbangkan mengunjungi ahli kesehatan gigi setidaknya dua kali dalam setahun. Dan jika Anda mempunyai waktu, pertimbangkan untuk mengunjungi dokter gigi 3 kali dalam setahun atau 3 bulan sekali. Dokter gigi akan melakukan evaluasi dan tindakan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu pilih dokter gigi yang membuat Anda nyaman dan tidak memberikan rasa sakit ketika melakukan penanganan.

Dokter gigi yang bagus adalah yang bisa memberikan penanganan pada gigi Anda dengan rasa nyaman dan bebas rasa sakit. Perkembangan teknologi serta obat-obatan saat ini mampu membantu memberikan bantuan bagi dokter gigi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya. Jika dokter gigi Anda tidak mampu mengatasi masalah rasa sakit dan memberikan rasa ketidaknyamanan bagi Anda, pertimbangkan untuk memilih dokter gigi lain yang lebih baik.

#4. Jangan menunggu sampai Anda mulai merasa sakit untuk mengunjungi dokter gigi Anda

Banyak diantara kita mengunjungi dokter gigi ketika sudah mengalami masalah dengan gigi. Hal seperti ini tidak perlu terjadi jika Anda melakukan antisipasi dengan sering melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Tidak perlu menunggu sakit gigi untuk mengunjungi dokter gigi. Kunjungi dokter gigi sesuai dengan rekomendasi yang kami tulis diatas.

#5. Mulut tidak akan berbohong

Apa yang dimaksud dengan mulut tidak akan berbohong? Standar kesehatan gigi yang buruk akan selalu terlihat ketika Anda membuka mulut. Misalnya, jika Anda biasanya minum banyak kopi atau soda atau Anda merokok atau mengunyah khat atau tembakau, gigi Anda pasti akan bernoda seiring waktu. Juga, jika Anda tidak menyikat atau menggosok gigi seperti yang disarankan, Anda pasti akan memiliki bau mulut. Karena itu Anda tidak perlu menunggu sampai orang lain melihat tanda-tanda ini. Jika Anda mempunyai kebiasaan makan/minum atau pola yang buruk dalam merawat gigi, hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum semua masalah gigi menyerang Anda.

Baca juga: Penyakit Periodontal: Penyakit Gigi Berbahaya

Cara menjaga kesehatan gigi sebenarnya sangat mudah. Terutama jika Anda sudah membiasakan kebiasaan sehat sejak usia dini. Mulailah dengan aktifitas mudah seperti menggosok gigi 3 kali dalam sehari (bangun pagi, setelah makan dan sebelum tidur). Sakit gigi akan sangat terasa menyakitkan apalagi ketika gigi Anda sudah berlubang. Oleh karena itu lakukan beberapa cara menjaga kesehatan gigi yang sudah kami jelaskan diatas.