Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Bau mulut adalah salah satu masalah buruk yang sangat mengganggu manusia selain bau badan.  Selain diri Anda tidak nyaman memiliki mulut yang bau, lawan bicara Anda juga tentu akan merasa tersiksa oleh bau mulut. Banyak sekali penyebab mulut menjadi bau yang nantinya akan kami jelaskan dibawah. Jika Anda terkena bau mulut, masalah komunikasi bisa menjadi hambatan terutama jika Anda sering berkutat dengan bertemu banyak orang setiap hari. Oleh karena itu jika anda mengalami bau mulut tentu saja hal ini harus dihilangkan. Pada artikel ini kami akan membantu anda dengan cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami yang mudah dibeli atau ditemukan disekitar kita.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa saja sih yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Berikut ini beberapa penyebab mulut menjadi bau:

Penyebab Bau Mulut:

  1. Obat-obatan (termasuk obat alergi) menyebabkan bau mulut.
  2. Minuman beralkohol – Alkohol akan memicu mulut cepat menjadi kering. Mulut yang kering dan kekurangan air liur menyebabkan mulut mengalami kekurangan oksigen. Hal ini akan memicu bakteri anaerob mudah berkembang biak di mulut dan kemudian akan memicu bau mulut. Itulah kenapa ketika kita bangun di pagi hari mulut kita menjadi bau. Segera minum air putih hangat di pagi hari sebelum menggosok gigi sangat bagus bagi mulut.
  3. Obat kumur yang mengandung alkohol.
  4. Merokok.
  5. Mulut kering.
  6. Makanan yang mengandung bawang juga akan memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan senyawa yang ada pada bawang akan memicu perkembang biakan bakteri di mulut dan akan menyebabkan halitosis (nafas bau yang berlebihan).
  7. Gigi tidak bersih, karena kurang menyikat gigi.
  8. Plak gigi – Ini mengandung bakteri yang dapat melepaskan racun yang menyebabkan penyakit gusi, perubahan warna gigi yang mengarah ke kerusakan gigi.

    Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami
    Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

Nah itulah beberapa penyebab mulut menjadi berbau kurang sedap. Bagaimanakah cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami? Mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

#1. Mengunyah daun mint adalah cara alami yang bagus untuk membantu menyegarkan nafas. Dengan mengunyah daun mint, terutama setelah makan, adalah penanganan awal yang sangat baik untuk bau mulut.

#2. Kebanyakan orang akan menggosok gigi sekali sehari walaupun disarankan untuk menyikat baik pagi maupun malam. Jika Anda memiliki masalah bau mulut maka disarankan untuk menyikat gigi setiap kali selesai makan untuk membantu mengurangi dan mungkin mencegah bau mulut. Saat menyikat gigi setelah setiap kali makan, Anda mungkin ingin menyikat lidah Anda juga. Banyak sikat gigi sekarang sudah mendapatkan fitur sikat lidah di punggung sikat dan ini adalah ide bagus untuk orang dengan masalah bau mulut. Karena bau mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri di lidah, maka menyikat lidah setelah makan akan membuat bakteri tidak bergerak dan mengurangi bau mulut.

#3. Cara lain yang baik untuk menangani bakteri di lidah adalah berkumur dengan baking soda yang dilarutkan dalam air hangat. Ini adalah obat yang sangat alami dan benar-benar aman serta sangat bagus dalam menjaga lidah Anda bersih.

#4. Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan biji bunga matahari. Biji bunga matahari adalah obat alami yang baik. Caranya adalah dengan mengunyah biji bunga matahari setiap kali selesai makan dan setelah itu diikuti dengan berkumur dengan segelas air.




#5. Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami berikutnya adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh adalah penangkal bau mulut yang baik . Tetapi tidak semua orang akan menyukai rasa cengkeh. Cobalah untuk mengunyah 1 biji cengkeh dan rasakan khasiatnya untuk menangkal bau mulut kurang sedap.

#6. Jus nanas sangat bagus untuk mengurangi bau bau mulut.

#7. Teh herbal berbahan biji fenugreek adalah obat bau mulut yang berkhasiat.

#8. Minum teh tanpa pemanis setiap hari adalah obat alami yang baik untuk menyembuhkan bau mulut.

#9. Sering mengkonsumi yoghurt adalah cara yang sangat efektif untuk menyembuhkan bau mulut sepenuhnya karena mengandung bakteri baik yang dibutuhkan tubuh Anda. Makan yoghurt setiap hari selama enam hingga tujuh minggu untuk mendapatkan hasil terbaik bagi nafas mulut Anda.

#10. Meremas lemon ke dalam air dan menggunakan sebagai obat kumur juga merupakan obat alami yang baik. Sering melakukan cara ini terbukti memiliki efek yang sangat baik untuk menghilangkan mau mulut tidak sedap.

#11.  Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan apel. Makan satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit mulut. Apel mampu bertindak sebagai pembersih mulut dengan mengeluarkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

#12. Makanan yang kaya seng atau zync mampu membantu mencegah bau mulut dengan mengendalikan bakteri yang ada di dalam mulut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Silahkan coba satu-persatu untuk menemukan tindakan yang paling tepat untuk mengatasi bau mulut. Namun jika Anda sudah mencoba semua metode alami diatas dan bau mulut masih belum hilang, sudah saatnya Anda mempertimbangkan mengunjungi dokter untuk mencari penyebab lain yang memicu bau mulut tidak sedap. Semoga berhasil dan semoga Anda memiliki nafas segar untuk jangka waktu yang lama.