Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin memiliki bau badan. Namun sayang beberapa diantara kita harus memiliki bau badan dikarenakan berbagai hal. Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan bisa saja memicu suburnya bau badan. Bau badan terutama disebabkan ketika keringat yang diproduksi oleh kelenjar apokrin dipecah oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit. Keringat apokrin mengandung protein dan lipid yang suka dimakan oleh bakteri. Hasil akhir dari proses ini adalah senyawa limbah dalam bentuk sulfida, asam propionat dan asam isoveric. Masing-masing ditemukan dalam berbagai tingkat keringat, dan masing-masing memiliki bau yang berbeda yang paling sering kita kaitkan dengan bau badan. Jika bau badan sudah melekat pada tubuh kita tentu saja kita harus segera mengusirnya. Nah bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami?

Sebelumnya akan kami ulas apa yang menjadi penyebab bau badan ini. Seperti yang sudah kami sebut diatas jika penyebab bau badan dikarenakan oleh berbagai hal. Apa sajakah faktor-faktor penyebab bau badan berikut ini penyebab-penyebabnya.

Penyebab Bau Badan

#1. Biologis & Genetik

Etnisitas – Orang-orang Asia Timur secara alami memiliki lebih sedikit kelenjar keringat apokrin daripada etnis lain, dan dengan demikian mengalami lebih sedikit masalah dengan bau badan.

#2. Perubahan Hormonal – Fluktuasi kadar hormon dapat mempengaruhi seberapa banyak seseorang berkeringat. Wanita yang mengalami menopause sering mengalami hot flashes yang pada gilirannya menyebabkan mereka berkeringat lebih banyak. Rendahnya tingkat hormon laki-laki dan masalah gastrointestinal serta metabolisme yang lemah adalah juga akan memicu bau badan.

#3 Obat-obatan

Efek samping yang umum dari banyak obat-obatan yang dijual bebas adalah peningkatan keringat. Efek ini umum ditemukan dalam obat antidepresan, antipsikotik dan pereda nyeri. Obat yang digunakan untuk ginjal, hipoglikemia dan penyakit hati juga dapat berkontribusi menyebabkan bau badan.

#4. Stres & Kecemasan

Ketika seseorang sedang stres, respons alami tubuh adalah meningkatkan keringat.

#5. Kondisi medis

Penyakit bisa mengubah bau badan seseorang. Penyakit seperti sariawan yang akut dapat menyebabkan tubuh berbau seperti daging busuk. Diabetes dapat membuat seseorang berbau tidak sedap seperti bau amonia. Trimethylminuria adalah kondisi genetik di mana senyawa trimethylamine tidak dimetabolisme dengan baik, dan hasilnya adalah bau amis. Eksim atau psoriasis atau beberapa alergi kulit atau infeksi jamur dapat menjadi penyebab bau tak sedap.

#6. Gaya hidup yang buruk

Jarang ganti baju, jarang mandi dan jarang menjaga kebersihan tubuh juga menjadi faktor utama penyebab bau badan. Merokok dan sering mengkonsumsi minumal beralkohol yang memicu bau badan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab bau badan, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menyembuhkan bau badan ini? Ada beberapa perdebatan dan penelitian yang dilakukan sejauh ini untuk menemukan berbagai jawabannya, tetapi memang dipastikan tidak ada solusi permanen untuk itu menyembuhkan bau badan karena bagaimanapun keringat dan bakteri pada tubuh akan menghasilkan reaksi kimia. Pria dan wanita muda cenderung berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak dan orang tua. Yang bisa Anda lakukan adalah setidaknya menghilangkan bau badan tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Yaitu:

#1. Sayuran

Banyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu menghilangkan bau badan.

#2. Vitamin

Beri asupan vitamin pada tubuh Anda bersifat mengekang bau seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan seng/zync.

#3. Daun Rosemary

Cara menghilangkan bau badan secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan daun rosemary. Gunakan tumbukan daun rosemary pada ketiak. Lakukan di waktu senggang Anda dan lakukan sesering mungkin untuk menghilangkan bau badan. Setelah itu mandilah untuk membersihkan badan.

#4. Peterseli

Peterseli memiliki sifat anti-bakteri dalam klorofilnya yang membantu mengurangi bau badan dan juga memiliki seng yang sangat bagus untuk membantu menghilangkan bau badan. Ingat, daun peterseli bukanlah seledri, meski bentuknya mirip namun mereka berbeda. Peterseli lebih banyak dimanfaatkan adalah dalam bentuk biji.

#5. Cuka apel

Untuk menghilangkan bau badan di sudut seperti ketiak, menggunakan cuka sari apel putih atau cuka pada area yang berbau, lalu menyeka area kering, dapat membantu menghilangkan bau badan yang mengganggu.

#6. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan bau badan secara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak pohon teh. Bersihkan ketiak atau sudut-sudut sempit di bagian tubuh menggunakan minyak pohon teh. Minyak pohon teh berfungsi sebagai antiseptik alami.




#7. Gunakan tawas

Cara menghilangkan bau badan secara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan tawas. Tawas terkenal sangat baik menghambat keringat berlebihan dan mampu mengurangi sangat drastis bau badan. Gosok ketiak Anda setiap mengawali hari dengan tawas dan gunakan selesai mandi.

Sedangkan antisipasi lain untuk menghilangkan bau badan ikuti tips-tips berikut ini:

  1. Gunakan deodoran – Deodoran sudah sangat terkenal memiliki fungsi untuk menghilangkan bau badan. Deodoran memiliki fungsi membentuk penghalang di atas kelenjar keringat yang pada gilirannya mencegah keringat keluar ke permukaan kulit.
  2. Minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari.
  3. Hindari minuman soda, alkohol, rokok, dan tembakau.
  4. Mandilah setidaknya dua kali sehari dan di musim panas yang terik tingkatkan frekuensi mandi Anda.
  5. Gunakan sabun anti-bakteri.
  6. Simpan pakaian Anda di tempat yang kering di mana tidak ada kelembapan yang bisa melembabkan pakaian bersih Anda yang memberikan tempat berkembang biak bagi bakteri.
  7. Rajin berolahraga seperti joging atau berjalan.
  8. Tambahkan cuka putih atau air mawar di bak mandi Anda untuk memberikan rasa segar pasca mandi dan juga membantu mengurangi bau.
  9. Gunakan pakaian yang mengandung bahan katun jika Anda memiliki keringat berlebihan. Kain katun nyaman digunakan dan mampu menyerap angin dengan baik.
  10. Beberapa bumbu masakan seperti bawang putih dan bawang merah memicu bau badan kurang sedap. Jadi kurangilah memakan makanan yang mengandung bumbu-bumbu ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami beserta tips-tips yang bisa Anda gunakan. Ingat, bau badan tidak hanya mengganggu si penderita, namun juga sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu jagalah kebersihan tubuh Anda dan terapkan gaya hidup bersih serta sehat.