Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Apakah ketika Anda melihat ke cermin akhir-akhir ini dan melihat kulit Anda terlihat kusam? Kulit kusam terkadang kita tidak menyadarinya. Terutama bagi Anda yang cuek dengan penampilan. Anda harus sadar jika kulit kusam adalah cerminan kepribadian diri Anda. Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Ada faktor internal yang berasal dari tubuh Anda sendiri dan ada faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitar kita. Bagaimana cara mengatasi kulit kusam?

Sebelum kita membahas cara mengatasi kulit kusam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab kulit menjadi kusam. Dibawah ini akan kami uraikan segala macam penyebabnya baik dari faktor internal maupun eksternal.

Penyebab Kulit Kusam

1. Sirkulasi darah yang buruk
Kulit kita terdiri dari sel-sel. Sel-sel tersebut harus didistribusikan dengan benar agar struktur kulit tetap dalam kondisi bagus. Masalah seperti lingkaran hitam di bawah mata (mata panda) sebenarnya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika Anda memiliki warna kulit yang kusam, kemungkinan besar disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk.

Anda dapat menghindari ini dengan berolahraga setiap hari. Gaya hidup yang tidak aktif dapat merusak sirkulasi darah. Berolahraga minimal 15-30 menit dalam sehari akan membantu melancarkan sirkulasi darah Anda.

2. Kekurangan vitamin C
Vitamin C membantu menormalkan produksi melanin. Melanin akan membuat kulit Anda cerah dan sehat. Vitamin C memainkan peran besar dalam produksi kolagen di dalam tubuh sehingga Anda dapat memiliki struktur dermis yang kuat. Cobalah minum segelas limun jus jeruk segar setiap hari. Jus jeruk ini mengandung asam sitrat yang dapat mencerahkan kulit Anda dalam waktu singkat.

3. Kurang tidur
Otak kita menghasilkan serotonin ketika kita tidur. Serotonin melumasi protein kolagen dan membuat kulit kita lembab dan sehat. Jika Anda perhatikan, kulit Anda terlihat segar dan kencang setelah rutin tidur 8 jam. Pastikan Anda menerapkan pola tidur yang baik.

4. Racun, radikal bebas dan bahan kimia
Sehari-hari tanpa kita sadari kulit kita terpapar dengan racun dan zat kimia di udara. Akibat paparan zat-zat berbahaya ini, tubuh akan menghasilkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita seluruhnya.

5. Faktor-faktor lain
Beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit kusam adalah: faktor usia, dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, merokok, Anemia, dan stress.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kulit kita menjadi kusam. Jika Anda memiliki kebiasaan atau hal yang tertulis diatas, segera ambil tindakan tepat untuk mencegah dan mengatasi kulit menjadi semakin kusam. Berikut ini akan kami uraikan beberapa cara mengatasi kulit kusam menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar kita.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

1. Daun Kubis

Rebus daun kubis sampai air berubah menjadi warna hijau terang. Pindahkan air ke wadah yang bersih dan biarkan dingin selama semalam. Gunakan di pagi hari untuk mencuci muka. Menurut penelitian, ekstrak kubis adalah tonik kulit alami. Fungsinya melepaskan racun di dalam dermis dan juga merevitalisasi jaringan dermis kulit lebih sehat dan bercahaya.

2. Bunga Mawar

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya adalah menggunakan ekstraksi bunga mawar. Air mawar terbukti memberikan manfaat luar biasa dalam meningkatkan pancaran kulit. Bahkan, beberapa produk perawatan kulit yang dijual di pasaran saat ini mengandung bahan ini. Anda bisa mengekstrak esensi daun mawar. Caranya: masukkan mawar dalam air mendidih. Biarkan air mendidih dengan api kecil selama sekitar 30 menit sampai telah berubah warna menjadi merah muda. Anda dapat mencampur air mawar ini dengan cuka sari apel. Cuka sari apel juga berfungsi memperbaiki penampilan kulit. Setelah dingin, tempatkan campuran ini dalam botol semprot dan gunakan sebagai toner. Semprotkan secara rutin ke wajah Anda dan hasilnya pori-pori Anda terlihat lebih kecil dan lebih halus.

3. Jus Tomat

Jus tomat mengandung lycopene yang dapat memberikan cahaya kemerahan ke permukaan kulit Anda. Anda bisa mencampurkan satu buah tomat dengan sedikit madu hitam untuk efek pelembab ekstra. Oleskan pada kulit Anda tepat setelah mandi di malam hari. Oleskan dengan memijat secara lembut di kulit wajah menggunakan gerakan memutar. Gunakan sebagai masker selama satu jam setelah itu bersihkan dengan air hangat.

4. Kenari

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya adalah menggunakan kenari. Kenari banyak mengandung minyak esensial dan nutrisi yang dapat meningkatkan dan menjaga tekstur kulit menjadi lebih halus. Kenari harus digiling hingga halus dan kemudian campur saja tumbukan ini madu yang akan memberikan efek sebagai pelembap dan jus lemon yang memiliki sifat mencerahkan kulit. Oleskan pada kulit wajah yang kusam kurang lebih 1 jam dan setelah itu bersihkan dengan air hangat.

5. Teh Herbal

Untuk  mengatasi kulit kusam dari dalam Anda bisa mengkonsumsi teh herbal. Teh herbal yang berasal dari olahan dandelion dan sarsaparilla sangat bagus untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dan menambah kecerahan kulit.



6. Lemon

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya adalah menggunakan lemon. Lemon adalah antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan memiliki manfaat anti-inflamasi. Konsumsi segelas jus lemon setiap pagi akan membantu tubuh menghilangkan semua racun yang ada di tubuh. Kulit lemon bisa digunakan untuk menggosok kulit wajah Anda. Gosok-gosok kulit wajah Anda dengan kulit lemon secara rutin untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit.

7. Asam Jawa

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya adalah menggunakan asam jawa. Asam jawa memiliki sifat antioksidan dan juga kaya vitamin B dan C yang mampu menghilangkan kotoran kulit dan akan memberi Anda kulit bercahaya yang jelas. Caranya: Gunakan bagian dalam (pulpa) dari asam jawa untuk digosokkan atau pijat halus ke kulit wajah. Lakukan secara rutin untuk mengembalikan keindahan kulit dan membuatnya terlihat halus.

8. Madu, Gula, Jeruk Lemon dan Lidah Buaya

Madu penuh dengan antiseptik, anti-inflamasi dan sifat antioksidan yang bila dicampur dengan lemon akan membantu Anda untuk bebas dari kulit kering dan kusam. Madu yang dicampur dengan gula akan menghilangkan semua sel yang rusak dan akan memberi efek bercahaya pada kulit Anda. Menggunakan campuran gel lidah buaya dengan madu akan menghilangkan kulit kusam. Caranya oleskan saja campuran bahan-bahan ini di kulit wajah Anda yang kusam.

9. Pijatan Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya adalah dengan menggunakan pijatan kulit wajah dengan minyak kelapa. Memijat kulit wajah secara rutin dengan olesan minyak kelapa terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Minyak kelapa kaya akan nutrisi yang akan membuat kulit Anda lembab dan tidak kering. Untuk hasil yang terbaik, campurkan minyak kelapa dengan madu bersama-sama kemudian oleskan dan pijat lembut di kulit wajah. Lakukan rutin 2-3 kali dalam seminggu.

10. Campuran Jeruk dan Mentimun

Jeruk kaya akan antioksidan sedangkan mentimun membuat kulit terhidrasi dengan baik. Cara menggunakannya yaitu dengan cara di konsumsi dan digunakan sebagai masker. Konsumsi jus mentimun setiap malam secara rutin memberikan suplai air yang cukup untuk kulit. Sedangkan parutan mentimun bisa Anda gunakan di wajah setiap malam sebelum tidur agar wajah cerah dan segar. Anda juga bisa meminum jus jeruk dicampur dengan jus mentimun secara rutin untuk menghilangkan kulit kusam.




Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam

1. Cobalah untuk mengurangi stres. Hilangkan stres dengan sering bersantai dan dengan pijat aromaterapi. Herbal adaptogen seperti Astragalus dan Ginseng sangat baik dalam membantu tubuh untuk mengatasi situasi yang menekan.

2. Cobalah untuk tidur malam yang nyenyak. Ketika kita bangun dari tidur yang nyenyak, tubuh akan lebih segar dan berenergi. Jika Anda sulit tidur nyenyak, cobalah tips sulit tidur dari artikel kami.

3. Gunakan pelembap wajah berkualitas baik yang terbuat dari ekstrak herbal dan minyak organik yang memiliki fungsi menghilangkan dehidrasi pada kulit.

4. Berhenti merokok, asap rokok mengandung sekitar 4.000 bahan kimia dengan 50 diantaranya dikenal sebagai karsinogen (penyebab kanker), paparan asap rokok juga memberikan pengaruh ke kulit pucat dan tidak sehat.

5. Makan diet sehat seimbang yang kaya buah-buahan dan sayuran serta daging tanpa lemak. Perbanyak makanan mengandung zat besi karena kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab kulit kusam.

6. Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening. Keluarnya keringat ketika berolahraga adalah proses detoksifikasi yang memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan racun.

7. Gunakan masker wajah herbal seminggu sekali untuk membersihkan dan menyeimbangkan kulit secara mendalam.

8. Selalu membersihkan dan melembabkan kulit wajah sebelum tidur. Kosmetik yang tidak dibersihkan sebelum tidur dapat memblokir pori-pori kulit jika dibiarkan semalaman yang akan memicu noda dan kusam.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Baik Anda pria dan terutama wanita, memiliki kulit wajah yang kusam bukanlah hal yang baik. Wajah adalah cerminan kepribadian Anda. Anda bisa memilih cara mengatasi kulit kusam yang nyaman menurut Anda. Cara terbaik adalah menggunakan bahan-bahan alami karena minim resiko. Kuncinya adalah kesabaran dan ketekunan.