Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Posted on

DuniaKesehatan.net – Memiliki kulit kering adalah sebuah dilema besar bagi kita semua. Bagi penderita masalah kulit kering, keadaan ini bisa menjadi hal yang sangat frustasi dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Belum lagi dengan kulit kering yang nampak di wajah tentu akan membuat kepercayaan diri Anda menurun. Ada beberapa cara mengatasi kulit kering pada wajah yang bisa Anda aplikasi sehari-hari.

Namun sebelum kita membahas cara mengatasi kulit kering pada wajah, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu faktor-faktor apa sajakah yang memicu kulit kering pada wajah kita. Banyak sekali penyebab kulit kering pada wajah dan sebagian diantaranya tidak kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita.

Penyebab Kulit Kering Pada Wajah

Beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering di wajah adalah:

1. Cuaca
Cuaca memiliki andil besar pada kesehatan kulit. Di cuaca yang dingin, ada peningkatan kondisi dimana kelembaban rendah dan udara kering.

2. Menggunakan air yang terlalu panas
Sering mencuci muka menggunakan air yang terlalu panas juga akan memicu kulit wajah kering.

3. Menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah
Sabun mandi tidak diformulasikan untuk kulit wajah. Terkadang beberapa diantara kita masih menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah. Hentikan kebiasaan ini karena sabun mandi terlalu keras untuk kulit wajah.

4. Mengeringkan wajah secara berlebihan menggunakan handuk
Jika selesai mencuci muka atau mandi dan Anda ingin mengeringkan wajah dari air, jangan menggunakan handuk terlalu kasar di wajah Anda. Cukup tempelkan handuk dengan lembut di wajah Anda.

5. Pola diet buruk
Pola diet yang buruk adalah diet yang kekurangan vitamin seperti Vitamin A, vitamin B dan Omega 3.

6. Kebiasaan buruk
Kebiasan buruk yang dimaksud disini adalah merokok berlebihan, minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein yang berlebihan merupakan faktor memicu kekeringan pada kulit terutama kulit wajah.

7. Paparan sinar matahari
Paparan atau sengat sinar matahari yang berlebihan sangat tidak sehat dan dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini juga akan memicu melanoma (salah satu kanker kulit).

8. Penggunaan pembersih wajah yang keras
Beberapa pembersih wajah mengandung sodium laurel sulfate. Sodium laurel sulfate akan menghilangkan minyak pelindung alami kulit di kulit wajah Anda. Minyak alami di wajah memiliki peran yang sangat vital yang membantu menahan kelembaban di dalam sel-sel kulit. Hati-hati juga terhadap penggunaan pembersih wajah yang digunakan untuk membersihkan riasan wajah. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung bahan sodium laurel sulfate.

9. Menggunakan produk anti penuaan / anti aging
Produk anti aging/penuaan beberapa diantaranya memiliki efek jangka panjang yang tidak bagus. Salah satu yang populer adalah Exfoliants. Penggunaan yang berlebihan bisa memicu kulit wajah menjadi kering. Bahkan beberapa diantara pemakai Exfoliants dikabarkan mengalami kemerahan, gatal dan iritasi kulit wajah. Exfoliant sebaiknya digunakan tidak lebih dari dua kali sebulan.

Itulah beberapa penyebab kulit kering di wajah. Selanjutnya akan kami uraikan cara mengatasi kulit kering pada wajah beserta tips-tips yang bisa Anda terapkan.



Tips dan Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

1. Saat menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah, hindari menggosok kulit dengan handuk secara kasar dan mulailah mengeringkannya dengan gerakan menepuk dengan pelan.

2. Perbaiki pola makan Anda dengan menambahkan ikan, makanan gandum utuh, buah-buahan dan sayuran serta hindari gula olahan dan makanan yang digoreng.

3. Mulailah menggunakan pengganti sabun seperti pembersih wajah yang pas dengan jenis kulit Anda.

4. Pelembab adalah salah satu kunci utama untuk melawan kulit kering, mulailah menerapkannya secara teratur. Gunakan pelembab alami seperti lidah buaya, minyak kelapa atau minyak zaitun.

5. Jangan terlalu sering berendam dengan air panas dalam jangka waktu lama. Mandilah dengan durasi yang wajar dan secukupnya. Semakin lama kulit terendam di air panas maka akan semakin cepat kulit megalami kekeringan.

6. Jika Anda memiliki dana yang lebih, pertimbangkan memasang humidifier atau pelembab udara di rumah Anda. Alat ini sangat membantu menjaga udara tetap lembab dan tidak kering sehingga bagus untuk kulit.

7. Olahraga secara rutin dan teratur. Berolahraga meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi kulit.

8. Minum banyak air. Tetap terhidrasi adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan kulit kering dan masalah kulit lainnya. Minum delapan gelas setiap hari sangat direkomendasikan. Atau jika Anda tidak sempat minum delapan gelas dalam satu hari, minumlah sebelum Anda merasa haus.

9. Gunakan produk kulit yang mengandung minyak kelapa sawit. Zat alami ini melembabkan kulit kering di sekitar mata dan membuat kulit lebih lembut.

10. Jangan minum alkohol atau kafein berlebihan. Kedua zat ini menyebabkan air dikeluarkan dari tubuh dengan cepat yang dapat menyebabkan dehidrasi. Kedua zat tersebut menyebabkan uap air ditarik melalui kulit, serta dari bagian tubuh lainnya, membuat kulit terlihat kurang bersinar.

11. Gunakan kain berbahan/bertekstur halus setelah selesai mencuci muka. Kulit, dan khususnya area di sekitar mata, dapat teriritasi oleh handuk kasar. Kain lap pada umumnya terlalu kasar untuk area mata.




12. Gunakan suhu air secukupnya. Air yang terlalu panas akan menyebabkan kulit kehilangan sebagian kelembapannya. Gunakan air yang tidak terlalu panas untuk menjaga kulit agar tidak mengeluarkan kelembapannya.

13. Cuci kulit dengan pembersih yang tidak berbahan dasar sabun. Sabun akan menghilangkan kelembaban dari kulit. Dapat membuat kulit kering dan kasar serta membuat kulit kering di sekitar mata menjadi lebih buruk. Untuk kulit yang lebih cerah, gunakan pembersih yang lebih lembut.

14. Untuk mendapatkan kulit yang bersinar, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung Shea Butter. Ketika digunakan pada kulit kering di sekitar mata, bahan ini secara alami melembabkan kulit dan membuatnya terlihat dan terasa lembut, halus dan berseri-seri.

Baca juga: Merawat Kulit Sehat dan Awet Muda

Kulit kering pada wajah dan sekitar mata adalah hal yang sangat serius. Dengan mengetahui cara mengatasi kulit kering pada wajah yang kami ulas diatas, Anda bisa mengantisipasi dan meredakan gangguan ini. Kulit yang kering pada wajah menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan bahkan bisa memicu gatal-gatal. Dan jika gatal maka Anda secara refleks akan menggaruknya yang malah akan memperparah kondisi kulit wajah Anda. Segera terapkan tips diatas dan hindari segala macam penyebab kulit kering pada wajah yang kami sebutkan diatas.