Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah banyak sekali pemicunya. Faktor utama penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi, faktor cuaca yang panas, kekurangan vitamin c dan sebagainya. Bibir kering yang parah terkadang bisa sangat menyakitkan karena menimbulkan pendarahan terutama jika kita mengupas bibir yang pecah-pecah tersebut. Berikut ini kami ulas cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah spesial khusus untuk anda pembaca kami. Kami bagi menjadi 2 cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini. Yaitu cara cepat khusus untuk ketika kita membutuhkan menyamarkan bibir pecah-pecah dan kering. Dan juga cara secara bertahap untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara cepat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Cara cepat ini tentu saja hanya untuk sekedar menyamarkan untuk sesaat ketika dalam keadaan darurat. Darurat disini tentu saja seperti ketika anda akan tampil di depan publik atau bertemu dengan klien penting anda. Tentu tidak akan membuat kesan positif jika bibir anda kering dan pecah-pecah ketika bertemu dengan klien penting.

1. Menggunakan Pelembab Bibir / Lip Balm
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama yaitu menggunakan pelembab bibir. Selalu sedia pelembab bibir untuk anda yang sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Jangan mengelupas bibir yang pecah-pecah karena akan beresiko pendarahan.

2. Minum Air Putih
Ketika bibir sudah terindikasi kering, segera perbanyak minum air putih. Hal ini tentu saja agar tubuh tidak kekurangan cairan dan bibir anda juga akan selalu basah.

3. Hindari menjilat dan menggigit bibir anda secara terus menerus.

Cara alami mengobati bibir kering dan pecah-pecah
Jika bibir anda sudah terlalu sering mengalami kering dan pecah-pecah segera saja lakukan pengobatan secara alami. Karena jika sudah terlalu sering mengalami kering dan pecah-pecah menandakan tubuh anda kekurangan zat-zat tertentu.

1. Gunakan Minyak Kelapa
Untuk mejaga bibir selalu lembab, ketika anda bersantai di rumah gunakan minyak kelapa secara rutin. Oles-oles saja secara merata di bibir anda. Lakukan beberapa kali dalam satu hari secukupnya.

2. Gunakan Madu

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Oleskan Madu untuk Bibir Pecah-pecah

Alternatif lain selain mengoleskan minyak kelapa yaitu gunakan madu. Caranya sama saja oleskan saja madu ke bibir anda secara merata secara rutin.

3. Menggunakan Minyak Almond
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang berikutnya yaitu menggunakan minyak almond. Minyak lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah minyak almond. Caranya sama saja cukup oleskan secara merata dan rutin ke bibir.

4. Oles Bibir Dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah dikenal sebagai minyak yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering gunakan olesan minyak zaitun secara rutin sebelum beranjak tidur. Gunakan dan oles setiap hari ketika akan tidur malam.

5. Menggunakan Irisan Mentimun
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikutnya yaitu menggunakan irisan mentimun. Manfaat mentimun untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya juga berfungsi untuk membantu memberi nutrisi dan kelembapan pada bibir. Iris saja mentimun dan oles-oles ke bibir secara merata selama 10 menit.

6. Gunakan Lidah Buaya
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Caranya cukup kupas dan oleskan bagian dalam kulit yang mengandung gel lidah buaya. Oleskan secara merata di bibir yang mengalami masalah kering dan pecah-pecah.

7. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Cara menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah dari dalam adalah tentu saja dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Perbanyak saja buah yang mengandung banyak air dan vitamin A, B, C, B2 dan E.

8. Gunakan Tomat
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikutnya yaitu dengan menggunakan tomat. Iris dan lembutkan tomat kemudian oleskan kurang lebih 10 menit ke bibir anda. Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin.

9. Menggunakan Mentega
Mentega selain untuk olesan roti atau memasak ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan asam lemak di dalam mentega sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan bibir. Oles saja secukupnya ke bibir secara rutin ketika anda bersantai di rumah.

10. Gunakan Bubuk Kopi
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikutnya adalah menggunakan bubuk kopi. Jika anda mempunyai bubuk kopi di rumah, bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Ambil bubuk kopi secukupnya dan campur dengan sedikit air, aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Setelah itu oleskan saja ke bibir dan tunggu 10-15 menit setelah itu bersihkan menggunakan air.

11. Rajin Konsumsi Jambu Biji
Mengkonsumsi jambu biji dalam bentuk jus jambu biji juga sangat bermanfaat untuk member asupan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan bibir.

12. Menggunakan Pisang
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang berikutnya yaitu menggunakan pisang. Buatlah jus pisang dan ambil saja ampas jus pisang tersebut kemudian oleskan ke bibir Anda yang mengalami masalah kering dan pecah.

Tips agar bibir terhindar dari masalah kering dan pecah-pecah:
1. Jangan terlalu sering menghembuskan nafas melalui mulut
2. Jangan terlalu sering menjilati bibir
3. Gunakan masker ketika anda menaiki kendaraan bermotor
4. Cari tahu apakah anda mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Biasanya alergi yang berhubungan dengan kulit dan bibir adalah makanan laut.

Jika anda sudah melakukan berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan namun masalah bibir kering dan pecah-pecah masih saja tidak hilang dan berkelanjutan, waspadai adanya penyakit yang lebih serius yang mungkin menjangkiti tubuh. Beberapa jenis penyakit yang gejala awalnya adalah bibir kering dan pecah-pecah adalah:

1. Diabetes
2. Penyakit seks menular seperti HIV
3. Macrocytosis (peningkatan ukuran sel darah merah yang melebihi level normal)
4. Kawasaki (Penyakit gangguan darah)
5. Sjogren (Penyakit yang merusak kalenjar yang berhubungan dengan mata dan penyebab bibir pecah kronis)

Bagi anda yang belum pernah mengalami gangguan bibir pecah dan kering-kering ada baiknya melakukan tindakan-tindakan pencegahan seperti sering minum air putih, pola hidup sehat dan rutin melakukan olah raga secara teratur. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari tanpa mengganggu aktifitas harian anda. Sebagian besar bisa dilakukan di rumah anda sendiri atau bahkan ketika anda bekerja di kantor dan kuncinya adalah telaten. Bibir indah dan halus adalah impian setiap insan. Jadi mari kita jaga kesehatan dan keindahan bibir kita. Karena bibir terletak di wajah kita, sedangkan wajah adalah cermin kepribadian diri kita. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel kami selanjutnya.