Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Posted on

DuniaKesehatan.net – Bayangkan jika Anda memiliki gigi yang putih dan bersih, pasti Anda akan bangga dan percaya diri. Senyum Anda akan terlihat cemerlang dan orang akan memandang Anda dengan penuh takjub. Untuk mendapatkan gigi yang putih tentu dibutuhkan beragam upaya. Salah satunya dengan mengunjungi dokter gigi guna mendapatkan perawatan pemutihan gigi. Namun bagaimana dengan kita yang jarang mengunjungi dokter gigi atau tidak memiliki banyak biaya untuk melakukan perawatan gigi? Salah satu solusi adalah melakukan perawatan sendiri dirumah. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu memutihkan gigi. Kali ini kami akan menguraikan bagaimana cara memutihkan gigi dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Sebelumnya akan sedikit kami ulas apa saja yang menyebabkan gigi menjadi kuning atau kehilangan warna putihnya. Banyak sekali faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Makanan dan minuman menjadi faktor utama dalam kasus ini. Inilah beberapa penyebab gigi kuning:

1. Bir dan minuman manis bergula – Bir dan minuman bersoda kebanyakan mengandung banyak gula berpeluang besar akan membuat gigi cepat menguning dan berlubang. Jika Anda ingin mendapatkan gigi yang putih dan sehat tinggalkan kebiasaan ini.

2. Kopi – Minum kopi dan teh secara teratur akan mempercepat perubahan warna gigi Anda. Tentu berat bagi Anda yang sudah kecanduan kopi untuk meninggalkan kebiasaan ini. Tapi dengan tekat kuat jika Anda ingin mendapatkan gigi putih dan bersih harus bisa setidaknya mengurangi minum kopi dan teh.

3. Obat kumur – Beberapa obat kumur mengandung alkohol. Anda harus selektif untuk memilih obat kumur yang baik untuk mulut.

4. Minuman anggur merah – Minuman anggur merah yang mengandung alkohol juga dipastikan mengandung banyak gula dan sangat-sangat tidak baik untuk kesehatan gigi. Anggur merah diketahui sangat cepat membuat perubahan warna gigi. Hindari minuman ini jika Anda sering meminumnya.

5. Merokok – Merokok adalah sumber masalah bagi tubuh. Nikotin mengandung tar dan banyak bahan kimia lain yang akan menodai gigi Anda. Merokok ini sangat berperan besar dalam perubahan warna gigi. Sama seperti peminum kopi yang berat, perokok juga bisa sangat sulit menghilangkan ketergantungannya pada rokok. Namun dengan usaha serta niat yang kuat banyak perokok berat mampu berhenti merokok. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

6. Makanan Manis – Makanan yang manis sudah pasti tidak bagus untuk gigi dan juga tubuh Anda. Boleh-boleh saja makan makanan yang manis-manis namun pastikan makan secukupnya.

cara memutihkan gigi dengan bahan alami
cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Jika Anda ingin mendapatkan gigi putih secara cepat jalan satu-satunya adalah melakukan perawatan dengan ahli gigi/dokter gigi. Jika Anda ingin mendapatkan gigi putih dengan bahan-bahan alami tidak akan didapatkan hasilnya secara cepat dan instan. Butuh waktu serta ketekunan menghindari pantangan-pantangan yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Jika Anda sabar, silahkan mengikuti cara memutihkan gigi dengan bahan alami berikut ini.

#1. Baking Soda

Baking soda sangat mudah untuk dibeli dan bentuknya bubuk seperti deterjen. Anda bisa membelinya di apotik atau bahkan di pasar tradisional. Baking soda efektif untuk menetralkan bau dan membersihkan gigi. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan bubuk baking soda tersebut dengan campuran air ke sikat gigi. Namun jangan menggunakan baking soda ini setiap hari. Cukup 3 kali dalam seminggu dan hentikan jika Anda mengalami iritasi pada gusi.

#2. Garam

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami berikutnya yaitu dengan menggunakan garam. Garam mengandung natrium klorida, yang memiliki kemampuan memutihkan enamel gigi secara alami. Cukup gunakan sedikit garam ke sikat gigi dan sikat seperti biasa. Bilas dengan air dan setelah itu lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa Anda. Sangat efektif dilakukan setiap kali Anda menyikat gigi setiap hari.

#3. Strawberry

Buah stroberi mengandung asam alami kuat yang berfungsi baik pada enamel gigi. Caranya yaitu dengan menggunakan stroberi yang dioles-oleskan pada sikat gigi dan kemudian gunakan seperti ketika menyikat gigi seperti biasa. Setelah itu bilang dengan air dan lanjutkan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa. Pastikan jangan ada sisa-sisa stroberi di gigi karena asam bisa mengikis enamel jika dibiarkan terlalu lama.

#4. Pisang

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami berikutnya yaitu dengan menggunakan pisang. Atau lebih tepatnya yang digunakan adalah kulit pisang. Potong kulit pisang dan gunakan untuk membersihkan gigi Anda dengan gerakan melingkar. Lakukan ini setiap hari dan dalam dua hingga tiga minggu Anda akan melihat perubahan pada warna gigi Anda.

#5. Daun Salam

Daun salam kering atau bubuk dicampur dengan kulit jeruk adalah perpaduan bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal menggosokkan campuran ini pada gigi dan setelah selesai bilas saja dengan berkumur hingga bersih.

#6. Kulit Jeruk

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan kulit jeruk. Caranya juga mudah yaitu Anda gunakan saja kulit jeruk dan gosokkan dengan gerakan memutar pada gigi. Lakukan saja secara rutin dan hasilnya akan terlihat dalam 3-4 minggu.

#7. Air Minum

Minum air putih secara teratur terutama setelah makan akan sangat membantu memutihkan gigi. Minum dan berkumur akan membantu mengurangi sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di gigi.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Gigi Yang Mudah

Beberapa cara memutihkan gigi dengan bahan alami diatas ternyata sangat mudah bukan? Namun sekali lagi Anda harus paham jika menggunakan bahan-bahan alami ini tidak akan menghasilkan hasil yang cepat dan instan. Untuk mengimbanginya hindari penyebab-penyebab gigi menjadi cepat kuning yang sudah kami jelaskan diatas.