Busung Lapar: Pengobatan Alami

Busung lapar disebabkan oleh kekurangan protein dalam tubuh dan darah. Akibatnya, tekanan pada osmosa keloid menjadi sangat rendah. Air dalam jaringan pun tidak dapat masuk ke dalam pembuluh bailk kapiler sehingga kulit di seujur tubuh menjadi bengkak. Dan jika dikutip dari situs Wikipedia, busung lapar ini adalah fenomena yang terjadi hanya di indonesia bisa diakibatkan karena kekurangan protein kronis pada anak-anak yang sering disebabkan beberapa hal, antara lain anak tidak cukup mendapat makanan bergizi, anak tidak mendapat asuhan gizi yang memadai dan anak mungkin menderita infeksi penyakit.

Gejala yang terjadi pada penderita busung lapar adalah sebagai berikut.
1. Badan terasa loyo dan lemah sehingga malas untuk beraktivitas.
2. Kulit pucat disertai dengan noda-noda hitam.
3. Kulit mudah terluka
4. Selera makan menurun drastis
5. Kaki dan tangan sering kesemutan
6. Perut tampak membesar (busung)
7. Muncul bengkak-bengkak di sekujur tubuh.

Busung Lapar
Busung Lapar

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan begitu saja dengan sekedar memberi makan secara teratur. Butuh pengobatan serta perawatan intensif agar penderita bisa sembuh dengan asupan gizi yang cukup. Efek negatif busung lapar adalah penderita bisa mengalami gangguan seperti penurunan kecerdasan, rentan terhadap penyakit-penyakit infeksi dan juga rabun. Bagaimana cara mengobati busung lapar secara alami? Silahkan gunakan ramuan tradisional yang akan kita ulas berikut ini.

Bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini dan bagaimana cara meramunya? Simak uraian dibawah ini.

1. Ramuan I
Sediakan satu sendok makan serbuk biji semangka dan satu sendok makan madu. Seduh serbuk biji semangka dengan ¾ gelas air panas, tambahkan madu. Minum ramuan ini selagi masih hangat suam-suam kuku. Dengan takaran 2x sehari sebanyak dua sendok makan sekali minum.

2. Ramuan II
Cuci bersih 10 jari akar kelintang, kemudian tumbuk hingga halus. Bubuhkan garam secukupnya. Gosokkan ramuan tersebut ke seluruh tubuh. Lakukan dua kali sehari sampai gejala busung lapar benar-benar hilang.

Untuk mencegah anak-anak kita terjangkit busung lapar, pastikan anak Anda mendapat asupan gizi yang cukup seperti sayur-sayuran, makanan mengandung karbohidrat, protein dan jika masih dalam usia batita pastikan mendapat asupan ASI yang cukup sehingga meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap penyakit.