Tips Cantik Alami: Cantik Dengan Ramuan Tradisional

Kecantikan pasti merupakan hal yang di idamkan oleh setiap wanita. Karena itu, kecantikan harus tetap dijaga. Cara untuk menjadi cantik pun beragam, ada yang memakai kosmetik buatan pabrik, ada juga yang memanfaatkan bahan-bahan alami atau ramuan tradisional. Ramuan tradisional untuk kecantikan telah diwariskan oleh putri-putri keraton zaman dahulu. Bahan-bahan alami dalam ramuan tradisional telah terbukti khasiatnya. Jika dilakukan dengan telaten, hasil kosmetik alami ini tak kalah dengan hasil kosmetik buatan pabrik. Buktinya, beberapa produsen kosmetik modern telah mengadopsi bahan-bahan alami tersebut untuk produknya. Ramuan tradisional untuk kecantikan antara lain berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, menghilangkan bau badan, menghitamkan rambut dan alis, menjadikan tubuh lebih padat berisi, menghaluskan dan memutihkan kulit, menyegarkan tubuh, menghilangkan noda di wajah, dan mengatasi bau mulut. Oleh karena itu pada artikel ini kami mempersembahkan kepada Anda tips cantik alami yang kami ulas secara lengkap dan tuntas.

Berbagai Tips Cantik Alami
A. Tips Melangsingkan Tubuh
Tips cantik alami yang pertama yaitu tips untuk melangsingkan tubuh secara alami. Wanita yang berbadan subur atau gemuk terutama remaja putri selalu berusaha untuk melangsingkan tubuhnya. Namun, untuk menggunakan obat pelangsing yang dijual bebas, ada ketakutan akan efek samping yang akan menyertainya. Ada beberapa ramuan tradisonal yang dipakai untuk melangsingkan dan menyehatkan tubuh wanita. Bahan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Tips cantik alami
Tips cantik alami

1. Ramuan I
Sediakan dua jari temu giring, dua jari kunyit, dua jari kencur, satu jari temulawak, sepuluh butir bunga cengkih kering, satu sendok teh adas, dua batang kayu manis, jeruk nipis, madu dan gula aren secukupnya. Cara membuatnya; kupas semua bahan dan cuci hingga bersih. Temulawak, temugiring, kunyit, dan kencur ditumbuk, tetapi jangan terlalu halus.

Semua bahan dicampurkan menjadi satu dan tambahkan dua gelas air, lalu rebus sampai airnya tersisa satu gelas dan disaring. Air hasil saringannya ditambah dengan perasan jeruk nipis, madu, dan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini sekali sehari sebanyak seperempat gelas, pada sore hari.

2. Ramuan II
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan bahan-bahan berikut ini; sediakan setengah bagian kulit delima putih, satu butir majakan, sepuluh butir bunga cengkih, sepuluh butir kemukus, satu buah cabe jawa, satu sendok teh adas, dua batang kayu manis, dua jari kunyit, dua jari kencur, dan dua jari temulawak.

Tumbuk kunyit, kencur, dan temulawak, tapi jangan terlalu halus. Kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang lain dan tambahkan dua gelas air. Rebus dan biarkan hingga air tersisa satu gelas, lalu saring. Sebelum diminum, air hasil saringan ditambahkan gula aren, madu, dan perasan jeruk nipis secukupnya. Minum ramuan ini sehari sekali sebanyak seperempat gelas.

B. Tips Menghilangkan Bau Badan
Tips cantik alami berikutnya adalah cara untuk menghilangkan bau badan. Ramuan tradisonal telah terbukti mampu menghilangkan bau badan. Bau badan biasanya muncul akibat berlebihnya produksi keringat yang mengakibatkan di bagian tubuh tertentu muncul bakteri atau jamur karena kondisinya lembab. Karena adanya serangan bakteri dan jamur ini timbul bau tak sedap. Untuk menghilangkan bau badan bisa dengan memakai ramuan yang terdiri dari temu giring, kunyit, dan daun beluntas.

Daun beluntas berfungsi untuk mengharumkan badan. Kunyit mengandung kurkumin yang mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Sementara itu, temu giring berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Adapun komposisi dan cara membuat ramuan tersebut sebagai berikut;

Sediakan satu jari temu giring, satu jari kunyit, dan satu genggam daun beluntas. Kupas dan cuci bersih temu giring dan kunyit. Tumbuk semua bahan, lalu peras dan saring airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari sebanyak empat sendok makan sekali makan.

C. Tips Menghitamkan Rambut dan Alis
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara untuk menghitamkan rambut dan alis secara alami. Kecantikan wanita Indonesia, tercermin dari rambut dan alisnya. Bagaimanakah cara menghitamkan rambut dan alis dengan menggunakan ramuan tradisional? Berikut dua ramuan yang bisa di pakai:

1. Ramuan I
Sediakan biji pepaya yang sudah tua. Kemudian sangrai (goreng tanpa minyak) beberapa butir biji pepaya hingga kering. Tumbuk hingga halus. Ketika akan dipergunakan, beri sedikit air, lalu oleskan ke rambut sambil di pijat-pijat perlahan. Biarkan hingga kering, kemudian keramas dan bilas hingga bersih.

Gunakan bubuk biji pepaya ini setiap hari sampai rambut kembali hitam dan bercahaya. Biji pepaya ini mengandung glucoside cacirin yang bisa digunakan untuk menghitamkan rambut.

2. Ramuan II
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan kemiri. Sediakan tiga butir kemiri. Sangrai kemiri hingga hitam. Kemudian tumbuk sampai halus. Beri sedikit air dan oleskan ke alis. Jika ramuan masih tersisa, simpan saja untuk dipakai keesokan harinya. Lakukan hal ini setiap hari hingga alis menjadi hitam legam.

D. Tips Menyuburkan Rambut
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara untuk menyuburkan rambut secara alami. Menjadikan rambut tumbuh dengan subur sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal. Salah satu kuncinya adalah melakukan perawatan rutin dengan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan bonggol pohon pisang. Cara membuat dan memakainya adalah sebagai berikut:

1. Ramuan I
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan sebatang lidah buaya. Cuci hingga bersih, kemudian belah dan ambil lendirnya. Gosokkan lendir lidah buaya tadi secara merata di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan shampo sampai bersih.

Ulangi cara ini seminggu tiga kali. Niscaya rambut akan tumbuh subur dan sehat. Lidah buaya mempunyai kandungan tonik yang berguna untuk menyuburkan dan memberi nutrisi pada akar rambut.

2. Ramuan II
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan bonggol pohon pisang. Carilah sebatang pohon pisang yang baru ditebang, sehingga tersisa bonggolnya. Lubangi bonggol pohon pisang tersebut. Tutup dengan daun atau batu besar lubang yang tadi telah dibuat, kemudian biarkan selama satu malam hingga terkumpul sejumlah air di lubang tersebut. Guankan air tersebut untuk keramas sambil dipijat-pijat. Rambut tidak perlu lagi dicuci dengan shampo, tetapi cukup dibilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini tiga kali seminggu.

E. Tips untuk Mendapatkan Tubuh Pada dan Berisi
Tips cantik alami berikutnya adalah cara untuk mendapatkan tubuh padat dan berisi. Wanita memang makhluk yang tidak pernah puas dengan penampilan. Ada yang ingin langsing, namun tak jarang pula yang ingin tubuhnya menjadi padat berisi. Selain dengan olahraga teratur, keinginan itu bisa diwujudkan dengan mengkonsumsi ramuan tradisional secara rutin. Untuk membuktikannya cobalah ramuan tradisional berikut ini:

Baca juga:  Memutihkan Wajah Secara Alami

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sepertiga genggam daun pegagan, satu genggam daun adem ati, dua jari temulawak, dua jari kunyit putih, asam jawa, dan gula aren.

Cara membuatnya: kupas temulawak dan kunyit putih, lalu cuci bersih bersama bahan yang lain. Rebus semua bahan tadi dalam dua gelas air, dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Tambahkan gula aren dan asam jawa secukupnya, lalu saring. Daun pegagan, kaya akan mineral yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Sedangkan daun adem ati, temulawak, dan kunyit putih berkhasiat untuk menyegarkan tubuh.

Cara memakai: minum air rebusan tersebut dua kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum.

F. Tips Menghilangkan Noda Hitam / Flek 
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara untuk menghilangkan noda hitam / flek. Noda hitam pada wajah atau flek dapat dihilangkan dengan biji pinang. Cara mengolahnya, ambil satu biji pinang yang sudah tua. Parut dan beri sedikit air. Peras dan saring parutan tersebut. Oleskan di wajah yang bernoda, setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Secara kimiawi, biji pinang mengandung tannin yang bersifat karminatif, yakni mampu mengecilkan pori-pori kulit. Disamping itu, biji pinang juga menghasilkan senyawa yang disebut dengan arekolin yang sangat baik bagi kesehatan kulit, karena senyawa ini mampu membentuk lapisan kolagen. Tak kalah penting juga, biji pinang mengandung zat antibakteri yang mampu membasmi jamur serta merangsang pembentukan pigmen pada kulit.

G. Tips Menghilangkan Bau Mulut
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara untuk menghilangkan bau mulut. Bau mulut bisa sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang dan berpengaruh penting dalam pergaulan sosial. Ada dua ramuan tradisional yang mampu mengatasi bau mulut ini:

1. Ramuan I
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan bahan berikut ini; daun beluntas, daun kunyit muda, dan daun kemangi. Gunakan ketiga bahan tersebut sebagai lalapan. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

2. Ramuan II
Tips cantik alami dengan ramuan ini adalah menggunakan daun sirih. Sediakan lima lembar daun sirih. Rebus daun sirih tersebut dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Campur air rebusan daun sirih dengan garam secukupnya. Minum setiap hari sekali, dengan takaran setengah gelas sekali minum.

H. Tips Menghaluskan Kulit
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara untuk menghaluskan kulit menggunakan mangir. Benarkah mangir dipergunakan untuk menghaluskan kulit? Jawabannya adalah benar, bahkan selain untuk menghaluskan kulit, mangir juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, mengharumkan kulit, dan melenturkannya.

Bahan yang digunakan untuk membuat mangir adalah tiga jari rimpang temu giring, tiga jari rimpang kunyit, dua sendok makan bubuk krangeyan (lempaung), satu butir atal, dan satu sendok makan beras.

Cara membuatnya; temu giring dan kunyit dikupas lalu dicuci hingga bersih. Campurkan dua sendok makan bubuk krangeyan dan beras. Tumbuk campuran tadi sampai halus. Padatkan ramuan tadi dengan mencampur satu butir atal. Setelah padat, ramuan bisa digunakan sebagai mangir.

Cara memakainya; campur dengan sedikit air, kemudian oleskan di bagian tubuh. Biarkan hingga kering, lalu siram dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dua kali seminggu.

I. Tips Merawat Wajah
Tips cantik alami berikutnya yaitu cara merawat wajah secara alami. Selain untuk tujuan pengobatan, ramuan tradisional juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah agar terhindar dari masalah-masalah yang sering terjadi pada wajah kita, dengan kata lain sebagai pencegahan. Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk perawatan wajah dipaparkan sebagai berikut.

a. Bengkuang
Fungsinya:
Penggunaan bedak bengkuang kering atau masker bengkuang dapat membuat kulit menjadi halus, menghilangkan noda-noda di wajah (flek), menghilangkan bekas jerawat, serta dapat mengencangkan kulit.
Cara membuat:
Ambil beberapa buah bengkuang, kemudian keringkan dengan memakai mesin atau di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk.
Cara memakai
Bubuk bengkuang dipakai dengan cara mencampurkan bubuk tersebut dengan air bersih atau air mawar dan dipakai seperti memakai bedak. Tunggu hingga mengering. Setelah kering, bersihkan dengan menggunakan air bersih. Cara lain dengan menggunakan masker bengkuang yang telah jadi dan banyak dijual di toko-toko. Penggunaanya cukup dengan mencampur bubuk masker dengan air bersih atau air mawar. Langkah selanjutnya sama dengan diatas.

b. Ketimun
Fungsinya
Ketimun dapat digunakan secara teratur untuk mendinginkan wajah, relaksasi, menghilangkan kerutan di kulit wajah, dan mengencangkan kulit.
Cara membuat:
Keringkan satu buah ketimun. Pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari langsung, tetapi cukup diangin-anginkan saja. Lalu tumbuk hingga menjadi bubuk.
Cara memakai:
Cara memakainya sama seperti memakai masker bedak. Selain dijadikan cucuk, ketimun juga dapat digunakan dalam keadaan segar. Caranya, buah ketimun di iris-iris tipis, kemudian potongan ketimun segar tersebut ditempelkan di kulit wajah.

c. Tomat
Tips cantik alami berikutnya yaitu dengan menggunakan tomat. Sama dengan ketimun, tomat dapat digunakan dalam keadaan segar atau dijadikan bedak tomat. Penggunaan yang teratur dapat menyegarkan kulit wajah, membuat kulit wajah dalam keadaan tenang dan rileks, sehingga otot-otot wajah mengendor, dan wajah terlihat muda.

d. Mawar
Tips cantik alami berikutnya yaitu menggunakan bunga mawar. Mawar mempunyai fungsi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel. Caranya; kumpulkan 10 kuntum bunga mawar, kemudian remas-remas. Air dari hasil remasannya diambil dan digunakan untuk membersihkan kulit wajah. Atau bisa juga dengan cara merebus mahkota bunga mawar secukupnya dengan air suling. Rebus dengan api kecil, namun jangan sampai mendidih. Begitu muncul gelembung tanda akan mendidih, segera angkat. Dinginkan, dan saring. Simpan dalam lemari es, air rebusan ini bisa bertahan satu minggu.

Itulah berbagai tips cantik alami yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua bahan-bahan yang kami sebutkan diatas cukup mudah dibeli di pasar tradisional atau bahkan gratis jika Anda sudah memiliki bahan-bahan tersebut di kebun Anda. Semoga tips cantik alami diatas bermanfaat dan semoga impian untuk mendapatkan kecantikan dari cara alami bisa Anda peroleh. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *