Tes Gula Darah, Lakukan Secara Rutin Bagi Kesehatan

Tes gula darah adalah tes yang berfungsi untuk mengetahui kadar gula di dalam darah seseorang. Terutama untuk seseorang yang mempunyai kecenderungan hidup kurang sehat, misalnya pola makan tidak terkontrol, banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, dan lain-lain. Para ahli berpendapat bahwa jika seseorang biasa minum 1 gelas teh manis setiap hari selama 10 tahun, maka ia memiliki resiko yang sangat besar untuk terkena penyakit gula darah tinggi atau diabetes.

tes gula darah
Alat tes gula darah

Seseorang dapat melakukan pemeriksaan kadar gula darah atas indikasi tertentu atau hanya ingin tahu. Seringkali seseorang yang memeriksakan kadar gula darah tidak memahami hasil yang dihasilkan, terutama jika melakukan pemeriksaan secara mandiri. Karena itu, di bawah ini akan dijelaskan pengertian dan hasil pemeriksaan gula darah.

Tes gula darah dan keterangan hasilnya:
1. Gula darah kurang dari 40-59 mg/dl
Ini menandakan kadar gula darah Anda sangat rendah dan masuk level berbahaya. Kekurangan kadar gula dalam darah ini disebut hipoglikemia. Hipoglikemia ini paling sering terjadi pada orang yang sedang menjalani pengobatan diabetes atau prediabetes. Hipoglikemi dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti demam, mati rasa, pusing, sulit konsentrasi, lapar mendadak, dan sering berkeringat.

2. Gula darah di antara 60 dan 125 mg/dl
Angka ini menandakan kadar gula darah Anda berada dalam rentang normal. Namun apabila kadar gula Anda tepat berada di angka 125 mg/dl, Anda harus sedikit berhati-hati. Sebab kadar gula Anda sudah hampir memasuki rentang “normal tinggi”. Artinya Anda lebih beresiko terkena diabetes.

3. Gula darah antara 126-145 mg/dl
Kadar ini disebut sebagai “normal tinggi”. Yang berarti bahwa kadar gula Anda masih normal, namun beresiko tinggi atau bahkan dapat mengindikasikan terkena diabetes. Meskipun demikian, hasil tersebut masih bergantung pada waktu pemeriksaan. Misalnya, apakah Anda diperiksa ketika sedang puasa atau sehabis makan.

Baca juga:  Periksa Selalu Tekanan Darah Anda Secara Rutin

4. Gula darah antara 146 dan 199 mg/dl
Angka tersebut menunjukkan bahwa kadar gula Anda termasuk dalam rentang “tinggi”. Apalagi, jika pemeriksaan dilakukan ketika Anda sedang berpuasa. Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa Anda sedang menderita diabetes, meskipun mungkin Anda tidak menyadarinya.

5. Gula darah di atas 200 mg/dl
Angka ini menunjukkan bahwa kadar gula darah Anda sangat tinggi. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa Anda sedang menderita diabetes. Biasanya, Anda juga akan menemukan beberapa kelainan pada diri Anda, seperti penyembuhan luka yang lebih lama dari biasanya.

Terlepas dari angka-angka diatas, kadar gula tentu saja akan mengalami peningkatan setelah seseorang makan dan mengalami penurunan di pagi hari, tepatnya setelah bangun tidur. Seseorang dikatakan mengalami hiperglikemia apabila kadar gula dalam darahnya jauh diatas nilai normal.

Untuk melakukan ini tes gula darah ini, seseorang harus puasa selama 8 jam sebelum pemeriksaan. Umumnya, tes gula darah ini tidak diperlukan jika Anda memiliki gejala diabetes. Akan tetapi, tes gula darah ini tetap penting untuk dilakukan sebagai tindakan pencegahan. Untuk wanita, dokter mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan tes gula darah setiap tiga tahun sekali dan dimulai sejak usai 45 tahun. Bagi orang yang mempunyai gejala diabetes, dokter mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan tes gula darah meskipun belum berusia 45 tahun.

Pemeriksaan tes gula darah lebih sering sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terhadap penyakit diabetes. Apalagi jika Anda mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =