Sulit Tidur? Begini Cara Mengatasinya

Sulit tidur atau susah tidur sebagian besar dialami oleh beberapa orang. Banyak faktor yang menyebabkan sulit tidur ini. Tentu saja jika kita sulit tidur efeknya akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita karena tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sebagian besar penyebab susah tidur adalah stress atau banyak pikiran. Namun juga masih banyak faktor penyebab lain. Apakah anda termasuk di dalam golongan beberapa orang yang sulit tidur? Mari kita coba ulas dan bahas beberapa penyebab sulit tidur dan kemudian cara mengatasi susah tidur ini.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab sulit tidur:
1. Faktor gaya hidup
Gaya hidup disini adalah pola tidur itu sendiri. Hobi tidur larut malam atau begadang akan memicu terjadinya insomnia. Beberapa orang juga ada yang bekerja pada waktu malam hari akan terbiasa tidak tidur malam tentu jika suatu saat ingin tidur malam akan sangat susah. Tidur siang terlalu lama juga tidak baik karena akan membuat tubuh akan terjaga pada waktu malam hari.

Penyebab sulit tidur
Penyebab sulit tidur
2. Karena stress
Stress juga faktor utama penyebab sulit tidur. Orang yang stress setiap akan tidur akan selalu memikirkan permasalahan hidup yang sedang terjadi. Masalah hidup yang banyak akan selalui menghantui pikiran terutama ketika menjelang tidur.3. Psikologi
Masalah psikologi seperti rasa cemas, marah, khawatir, trauma, bipolar, dan berbagai tekanan kehidupan lain adalah pemicu sulit tidur.

4. Gangguan kondisi medis tertentu
Beberapa gangguan medis yang membuat sulit tidur diantaranya adalah:
– Sakit kronis
– Randang sendi atau tulang
– Penyakit asma atau sesak nafas
– Sinusitis atau alergi hidung
– Berbagai macam masalah pencernaan
– Penyakit Parkinson
– Endokrin

5. Faktor usia
Beberapa orang ketika mencapa usia tertentu akan mengalami perubahan pola tidur. Biasanya menjelang usia diatas 40 tahun. Beberapa orang akan terbangun di malam hari karena berbagai macam sebab. Tentu saja jika hal ini terjadi secara terus menerus maka pola tidur akan sangat terganggu dan ujung-ujungnya akan menyebabkan sulit tidur.

6. Pengaruh obat
Bagi orang yang sedang sakit dan mengkonsumsi obat-obatan, ada kalanya beberapa obat akan menyebabkan sulit tidur. Jika anda mengalami sulit tidur setelah mengkonsumsi obat-obatan ada baiknya berkonsultasi dengan dokter agar dicarikan obat alternative lain yang tidak menyebabkan sulit tidur.

7. Makan menjelang tidur
Beberapa orang akan mengalami kesulitan untuk tidur dikarenakan makan sebelum tidur. Hal ini tentu saja tidak baik karena makan menjelang tidur juga sangat tidak baik bagi kesehatan anda. Perut yang penuh akan membuat perut tidak nyaman dan tentu saja akan mengganggu waktu tidur anda. Waktu terbaik untuk makan menjelang tidur adalah setidaknya 2 jam sebelum tidur malam.

8. Efek negatif beberapa zat kimia
Zat kimia yang sangat mengganggu tubuh adalah seperti kafein, alkohol dan nikotin. Zat-zat ini terdapat pada minuman ber-alkohol, rokok dan juga kopi. Hindari saja zat-zat yang tidak menyehatkan badan ini. Tentu saja kita sudah banyak tahu jika merokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi minuman mengandung alkohol juga sangat-sangat tidak baik bagi tubuh. Minum kopi secukupnya saja.

9. Cacingan
Jika tubuh kita terkena cacingan seperti cacing kremi pada beberapa orang akan membuat sulit tidur. Cacing ini akan berkembang biak pada usus. Jika cacing ini sudah berkembang dalam jumlah banyak maka akan membuat perut dan beberapa organ dalam tubuh kita dalam keadaan sakit terutama masalah pencernaan. Masalah ini tentu saja akan memicu faktor sulit tidur.

Baca juga:  Waspada Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru

10. Sibuk dengan gadget menjelang tidur
Gadget seperti HP, computer atau barang elektronik lain seperti menonton TV hingga larut malam menjelang tidur bagi sebagian orang akan memicu faktor sulit tidur.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab sulit tidur diatas tentunya sekarang kita juga harus tahu bagaimana cara mengatasi sulit tidur. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan tidur normal anda kembali.

  1. Hindari konsumsi zat-zat negatif menjelang tidur. Seperti sudah disebutkan diatas tentang pengaruh zat-zat negatif, maka sedari sekarang jika anda memang mengalami kesulitan tidur karena sering merokok ataupun minum kopi menjelang tidur, maka hentikan kebiasaan-kebiasaan ini jika memang anda berniat ingin mendapatkan tidur normal anda.
  2. Bersihkan tempat tidur anda. Kondisi ruang tidur dan kasur yang bersih akan membuat tubuh kita nyaman.
  3. Hindari makan sebelum tidur.
  4. Buat udara ruang tidur anda bersih dan segar.
  5. Tidur siang secukupnya jangan terlalu berlebihan.
  6. Pemilihan warna yang tepat pada ruang tidur anda juga akan sangat berpengaruh.
  7. Mandi sore setelah beraktifitas harian yang padat
  8. Kondisi badan yang capek dan juga keringat berlebih pada tubuh akan membuat tubuh anda tidak nyaman. Pastikan anda mandi sore hari.
  9. Jangan tidur dalam keadaan cahaya yang sangat terang. Ganti cahaya ruang tidur dengan lamput tidur khusus yang memiliki cahaya remang-remang.
  10. Hindari gadget dan televisi berlebihan menjelang tidur
  11. Jika ada jam dinding di kamar anda, ada baiknya pindah saja ke ruang lain, karena suara detak jam tersebut di keheningan malam akan sangat mengganggu waktu tidur anda.
  12. Pilih kasur yang berbahan nyaman. Ini adalah hal yang tidak terduga karena untuk sebagian orang kasur yang keras atau bahkan terlalu empuk malah akan menyebabkan sulit tidur.
  13. Ganti baju dengan pakaian yang bersih dan nyaman. Jika anda tidur dengan menggunakan baju yang berbau tidak sedap atau sudah menyerap keringat tubuh tentu akan membuat tidak nyaman sehingga mengganggu waktu tidur kita.
  14. Atur pola waktu tidur anda. Atur waktu anda mulai tidur secara rutin. Lakukan setiap hari agar tubuh anda terbiasa denga waktu kita memulai tidur.
  15. Dengarkan musik. Untuk sebagian orang, mendegarkan musik favorit atau musik dengan genre ringan seperti musik instrument bisa membantu menuju waktu tidur.
  16. Minum susu hangat. Ketika sudah mulai susah tidur, coba konsumsi susu hangat terutama susu coklat hangat secukupnya dan jangan berlebihan.
  17. Hirup aroma terapi. Ada baiknya juga kita menyiapkan minyak atau zat-zat terapi untuk ruang tidur. Wangi-wangian aroma terapi sangat bermanfaat untuk ketenangan pikiran dan membuat rileks pikiran kita.
  18. Kurangi aktifitas berat dan padat menjelang waktu tidur.
  19. Makan atau isi perut anda 2 jam menjelang tidur. Karena tidur dalam keadaan lapar juga sangat mengganggu. Tentu saja jangan makan ketika akan tidur karena malah akan menimbulkan efek-efek yang kurang baik bagi tubuh kita.
  20. Hindari makanan dan minuman yang memicu kadar gula tubuh berlebih.
  21. Minum air putih secukupnya menjelang tidur. Jangan minum terlalu banyak karena malah akan mengganggu tidur anda seperti bangun malam untuk kencing.
Jika anda sudah mengalami kondisi sulit tidur yang parah atau insomnia parah tentunya anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk disembuhkan. Kenali penyebab sulit tidur yang sudah disebutkan diatas dan pelajari juga cara mengatasi sulit tidur agar kita mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Istirahat berkualitas dan tubuh yang sehat tentu saja adalah dambaan kita semua. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =