Ramuan Tradisional untuk Mengobati Penyakit Pernafasan

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan Tradisional untuk Mengobati Penyakit Pernafasan
Ramuan tradisional untuk mengobati penyakit pernafasan

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisonal
Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

A. Influenza
Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Imyxovirus influenza tipe A, B dan C. Penyakit ini mudah menular. Cara penularannya bisa melalui batuk, bersin atau bercakap-cakap dengan penderita. Karena penyebabnya adalah virus, penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Penderita akan sembuh dengan sendirinya jika kondisi tubuhnya membaik. Influenza bisa diringankan dengan banyak resep ramuan tradisional. Bahan baku ramuan tersebut mudah diperoleh dan cara meramunya juga cukup mudah.

Ramuan tradisional untuk mengobati Influenza:
1. Ramuan I
Campur 5 sendok makan air perasan jeruk nipis, 2 sendok teh minyak kayu putih dan 1 sendok makan air kapur sirih, aduk hingga menjadi satu larutan. Gosokkan ramuan ini di bagian leher, dada dan punggung. Dipakai dua kali sehari sampai gejala benar-benar mereda.

2. Ramuan II
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; bersihkan 2 jari kulit kina, satu jari lempuyang wangi dan 30 butir biji pepaya, lalu tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut dimasukkan ke dalam satu cangkir air hangat serta ditambahkan 2 sendok air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu. Saring larutan bahan-bahan tadi. Ramuan ini diminum 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas untuk sekali minum.

3. Ramuan III
Rebus 15 gram jahe, 15 gram taosi dan 3 batang daun bawang putih dengan 500 ml air hingga tersisa sekitar 250 ml air langsung saring. Minum air saringan tersebut selagi hangat 2 kali sehari setiap hari secara teratur.

4. Ramuan IV
Ramuan tradisional yang berikutnya yaitu; rebus 15 gram jahe, 60 gram daun ketumbar dan 30 gram kedelai dalam 600 ml air hingga tersisa 300 ml lalu saring. Airnya diminum selagi hangat 2 kali sehari secara teratur.

B. Polip Hidung
Polip adalah penyakit yang menyerang rongga hidung. Penyebabnya adalah tumbuhnya daging kecil (tumor lunak) di dalam rongga hidung akibat peradangan rhinitis alergica yang tidak segera diobati. Selain harus mendapatkan perawatan, penderita juga harus menghindari makanan yang berpotensi menimbulkan alergi dan menjauhi media penyebab alergi. Penderita polip menunjukkan gejala sebagai berikut :

  • Hidung terasa tersumbat.
  • Rongga hidung terasa gatal dan pedih.
  • Sering bersin.
  • Mata berair akibat alergi.
  • Terkadang disertai demam.

Ramuan tradisional untuk mengobati Polip Hidung:
Siapkan 7 lembar daun sirih, satu genggam daun cemara dan satu jari kunyit. Kupas kunyit, cuci bersih, kemudian parut. Cuci bersih bahan-bahan lain, lalu rebus bersama dengan parutan kunyit. Air yang digunakan sebanyak 10 gelas. Bahan-bahan tersebut di didihkan hingga air rebusan tersisa sekitar 8 gelas. Air rebusan tersebut dituangkan ke dalam panci. Tempatkan kepala penderita tepat diatas panci, kemudian selubungi dengan handuk, hirup uap yang keluar dari panci. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari sampai penyakitnya benar-benar hilang.

C. Penyakit Radang Anak Telinga
Radang anak telinga (Otitis interna) adalah penyakit yang disebabkan oleh melebarnya pembuluh cistachius di dalam rongga hidung. Akibatnya, ketika terjadi radang di sekitar tekak atau rongga hidung, berbagai jenis basil menjalar menuju anak telinga. Biasanya penyakit ini sering diikuti gejala influenza.

Terdapat dua jenis ramuan yang dikenal berkhasiat menyembuhkan penyakit ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk mengobati radang anak telinga dan cara membuatnya dijelaskan sebagai berikut.

Ramuan tradisional untuk mengobati Radang Anak Telinga:
1. Ramuan I
Tumbuk hingga halus satu sendok teh biji kapas, ¼ genggam daun iler dan 1 jari rimpang kunyit hingga halus. Tumbukan bahan-bahan tersebut direbus dalam 2 gelas air bersih hingga airnya tersisa satu gelas. Setelah air rebusan tersebut dingin, saring. Cairannya diteteskan ke dalam lubang telinga yang sakit. Lakukan sebanyak 4 kali sehari dengan takaran 2-4 tetes tiap penetesan.

2. Ramuan II
Ramuan tradisional berikutnya adalah; giling hingga halus 10 lembar daun kecubung, tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa yang telah dihangatkan. Remas-remas campuran tersebut dan airnya diperas sambil disaring. Air hasil saringan tadi diteteskan ke bagian anak telinga yang sakit sebanyak 3 kali sehari. Takarannya adalah 5 tetes ramuan setiap kali penetesan.

Baca juga:  Ramuan Tradisional untuk Mengobati Batuk

D. Penyakit Sinusitis
Sinusitis adalah gejala penyakit peradangan yang terjadi di bagian rongga sinus, tepatnya sinus maxilaris dan sinus frontalis. Sinus maxilaris terdapat di belakang hidung, tepatnya di antara pipi dan pangkal hidung. Sementara itu, sinus frontalis terletak di rongga belakang pangkal hidung bagian atas yang berdekatan dengan dahi. Penyakit ini terjadi akibat alergi yang tidak segera diobati. Untuk mencegah dan mengatasi terjadinya sinusitis dapat digunakan dua resep ramuan tradisional yang akan kita urai beikut ini.

Ramuan tradisional untuk mengobati Penyakit Sinusitis:
1. Ramuan I
Memarkan lima batang serai dan dua jari jahe, belah tiga buah jeruk nipis yang sudah tua masing-masing menjadi 4 bagian. Rebus semuanya ditambah dengan 7 lembar daun sirih dan 17 biji cengkih didalam 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas air. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari setelah makan, dengan takaran setengah gelas setiap kali minum.

2. Ramuan II
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; siapkan 20 gram kapulaga, 30 gram daun pegagan, 15 gram adas, 30 gram serai, 20 gram sambiloto dan 4 gelas air. Cuci bersih semua bahan, lalu dirajang dan direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas saja. Kemudian disaring dan di dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari setelah makan.

3. Ramuan III
Bahan-bahan yang diperlukan adalah 10 gram jahe, 5 siung bawang putih dan 60 gram lokio. Rebus semua bahan dengan 600 ml air hingga tersisa sekitar 300 ml. Setelah agak hangat, saring air rebusan tersebut. Minum airnya selagi hangat secara teratur dua kali sehari.

4. Ramuan IV
Ramuan tradisional yang berikutnya yaitu; sediakan 2 sendok makan air jahe, 40 gram paprika, 40 miligram susu kedelai, dua sendok makan air jeruk nipis, dan 80 ml air. Campur semua bahan, lalu haluskan menggunakan blender. Minum setiap pagi hari sebelum sarapan.

E. TBC
Tuberculosis atau TBC adalah salah satu penyakit paru yang seringkali dibicarakan. Penyakit ini disebabkan oleh kuman TBC. Terapi pengobatan TBC harus dilakukan terus menerus sampai tuntas. Untuk memastikan serangan penyakit ini, perlu dilakukan pemeriksaan lendir dan foto rontgen, sehingga bisa segera diberikan pengobatan secara tepat. Terapi medis bisa dibarengi dengan mengkonsumsi ramuan tradisional untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan daya kerja paru. Terdapat beberapa macam ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit TBC. Berikut penjelasannya.

Ramuan tradisional untuk mengobati TBC:
1. Ramuan I
Siapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji cengkih, 7 biji kemukus, 7 biji kapulaga dan 1 jari kayu manis. Rebus semua bahan dalam air sebanyak empat gelas hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusannya disaring. Dianjurkan untuk minum ramuan ini 3x sehari. Dengan takaran sebanyak ¼ gelas setiap kali minum.

2. Ramuan II
Sediakan ¼ gelas air perasan buah mengkudu, satu sendok makan air jeruk nipis dan satu sendok makan perasan kunyit. Rebus ketiga bahan tersebut selama 15 menit. Ramuan ini diminum satu kali sehari sebanyak ¼ gelas setiap menjelang tidur.

3. Ramuan III
Sediakan 5 lembar daun sirih, setengah jari kayu manis, 1 jari jahe emprit, 7 biji kemukus, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga, setengah sendok teh adas manis dan setengah jari pulosari. Bakar sebentar jahe emprit, lalu kupas, cuci dan memarkan. Semua bahan direbus dalam 6 gelas air hingga airnya tersisa dua gelas saja. Ramuan ini diminum 3x sehari sebanyak ½ gelas. Bisa ditambahkan satu sendok madu untuk menambah cita rasanya.

4. Ramuan IV
Siapkan 25 gram pegagan, 20 gram sambiloto, 20 gram daun sendok, 10 gram adas, 2 sendok makan jeruk nipis dan empat gelas air. Cuci bersih semua bahan, lalu potong kecil-kecil kemudian rebus hingga tersisa hanya dua gelas saja, lalu saring dan dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali, pagi dan sore.

5. Ramuan V
Siapkan 20 gram sambiloto, 30 gram daun dewa, 15 gram inggu, 20 gram sagunggu dan empat gelas air. Cuci bersih semua bahan, iris-iris lalu rebus hingga tersisa dua gelas air. Setelah itu, saring dan dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari.

F. Mengobati Radang Paru atau Pneumonia
Penyakit ini disebabkan oleh serangan bakteri pneumococcus dan sering berjangkit pada musim hujan. Orang yang menderita influenza dan bronkhitis, jika terkena hawa dingin mudah terserang penyakit ini. Cara membuat ramuan tradisional untuk mengatasi radang paru ini adalah sebagai berikut:

Siapkan 15 gram jahe, satu buah pir, 30 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya dan madu. Rebus semua bahan dengan 600 ml air hingga tersisa sekitar 300 ml. Setelah itu air rebusannya disaring dan ditambah madu secukupnya, lalu diaduk merata. Minum ramuan ini selagi hangat sebanyak 2x sehari.

Inilah berbagai macam ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Semoga pembahasan panjang pada beberapa artikel ini bermanfaat untuk kita semua untuk mengenal dan memanfaatkan berbagai ramuan tradisional sebagai bahan alternatif pengobatan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *