Ramuan Tradisional untuk Mengobati Hidung Tersumbat

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan tradisional mengobati hidung tersumbat
Ramuan tradisional mengobati hidung tersumbat

 

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisonal
Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

Penyakit Hidung Tersumbat (Rintis)
Penyakit yang sering disebut rhinitis alergicaini disebabkan oleh alergi. Faktor penyebab alergi sangat beragam. Antara lain udara dingin, asap rokok, debu rumah, tepung sari bunga (polen), atau asap polusi lainnya. Penyakit rhinitis merupakan gejala awal dari penyakit sinusitis (peradangan rongga sinus pada wajah). Gejala yang seringkali timbul pada penderita adalah sebagai berikut :

  • Hidung tersumbat
  • Kesulitan bernapas, karena lubang hidung tersumbat
  • Kadang disertai dengan gejala batuk atau flu.
  • Keluar air mata akibat alergi dan rasa gatal.Kadang diikuti dengan demam.

Untuk memperkuat saraf hidung sekaligus memperkuat kondisi tubuh, bisa diracik ramuan tradisional untuk mengobati hidung tersumbat sebagai berikut :Siapkan 3 batang serai, 2 ruas jahe merah, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga, 1 batang kayu manis dan satu sendok teh bubuk kayu secang.

Baca juga:  Cara Mengobati Penyakit Kulit Secara Alami

Cara membuatnya: jahe merah dan serai dicuci hingga benar-benar bersih lalu memarkan. Jahe merah dan serai tersebut direbus dalam enam gelas air. Setelah agak mendidih, masukkan biji cengkih, biji kapulaga, kayu manis, dan bubuk kayu secang ke dalam air rebusan. Didihkan terus hingga air rebusan tersisa 3 gelas saja. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan masukkan kedalam botol bersih. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak setengah gelas. Sebelum diminum bisa ditambahkan satu sendok makan madu murni ke dalamnya.

Itulah ramuan tradisional untuk mengobati hidung tersumbat. Imbangi penggunaan ramuan tersebut dengan istirahat yang cukup dan juga pola makan yang baik. Nantikan artikel berikutnya masih tentang berbagai macam ramuan tradisional untuk pengobatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *