Ramuan Tradisional untuk Mengobati Gondong

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan tradisional mengobati gondong
Ramuan tradisional mengobati gondong

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisonal
Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

Penyakit Gondong
Penyakit gondong tidaklah sama dengan penyakit gondok yang disebabkan oleh kekurangan yodium. Penyakit gondong disebabkan oleh virus, yang sering muncul sebagai wabah yang menyerang anak-anak usia sekolah dasar. Penderita penyakit gondong akan menunjukkan gejala sebagai berikut :

  • Pembengkakan kalenjar ludah.
  • Mulut terasa tegang dan nyeri, khususnya ketika mengunyah dan menelan makanan.
  • Selera makan berkurang dan disertai dengan sering muntah muntah.
  • Suhu badan meninggi.
  • Ada suara dengungan di telinga.

Beberapa macam ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit gondong, antara lain sebagai berikut:

1. Ramuan I
Ramuan tradisional pertama yaitu; Siapkan dua lembar daun simbar menjangan, cuci hingga bersih, kemudian giling hingga halus. Tambahkan garam dan air secukupnya. Oleskan ramuan ini di bagian tubuh yang sakit dua kali sehari.

Baca juga:  Cara mengobati Beri-beri Secara Alami

2. Ramuan II
¾ genggam daun tarup, ½ genggam daun belimbing wuluh, 3 siung bawang merah dan 3 sendok makan air cuka. Cuci semua bahan hingga bersih, kemudian remas-remas sambil dicampur dengan air cuka. Oleskan ramuan ini pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

3. Ramuan III
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; daun sambiloto segar 11 lembar, temu putih sebanyak 3 jari kupas dan iris tipit-tipis, ½ genggam batang dan daun benalu teh. Rebus semua bahan didalam 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Dinginkan, lalu saring. Minum 3 kali setengah gelas setiap hari setelah makan.

Itulah ramuan tradisional untuk mengobati penyakit gondong. Imbangi penggunaan ramuan tersebut dengan istirahat yang cukup dan juga pola makan yang baik dan higienis. Nantikan artikel berikutnya masih tentang berbagai macam ramuan tradisional untuk pengobatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + seventeen =