Ramuan Tradisional untuk Mengobati Bronkhitis

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan tradisional mengobati bronkhitis
Ramuan tradisional mengobati bronkhitis

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisonal

Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

Bronkhitis
Bronkhitis adalah penyakit yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Di daerah tersebut biasanya terjadi peradangan akibat basil dan berbagai zat pulotan. Penyakit ini dibagi menjadi dua macam, yakni bronkhitis biasa dan bronkhitis kronis (menahun). Keduanya termasuk penyakit yang sangat menular. Pada bronkhitis biasa penyebab utamanya adalah kuman atau basil, tidak ada unsur alergi dari si penderita. Sementara itu untuk penyebab bronkhitis kronis lebih banyak dipengaruhi oleh sifat alergi si penderita. Biasanya dipengaruhi pula oleh faktor keturunan. Penderita bronkhitis kronis akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

  • Sering batuk-batuk yang disertai keluarnya banyak lendir.
  • Muncul rasa nyeri dan panas di bagian dada. Rasa nyeri ini juga sering menyerang tulang dada.
  • Mengalami kesulitan bernafas, dada terasa sesak.
  • Suhu tubuh meninggi akibat dari perandangan.
  • Terkadang batuk disertai gejala yang mirip dengan asma.

Ada beberapa ramuan yang secara turun-temurun dipakai untuk mengobati penyakit bronkhitis ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ramuan 1
Sediakan 1/3 genggam daun poko, 1/3 genggam daun patikan kebo dan 2 sendok makan minyak jeruk sitrun. Cuci bersih kedua macam daun diatas, lalu giling hingga halus. Tambahkan minyak jeruk sitrun, lalu remas-remas. Oleskan ramuan ini dibagian leher, lalu balut bagian yang dioles tadi. Ramuan ini diberikan sebanyak 2 hari sekali.

Baca juga:  Ramuan Tradisional - Mengobati Keracunan Makanan

2. Ramuan 2
Siapkan 2 ibu jari kunyit, 1 genggam daun patikan kebo dan 25 gram gula batu. Kupas kunyit dan cuci bersih, lalu iris-iris tipis. Irisan kunyit direbus bersama dengan daun patikan kebo dan gula batu di dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

3. Ramuan  3
Sediakan dua kuntum bunga sepatu dan garam garam. Cuci bersih bunga sepatu hingga bersih, lalu masukkan ke dalam satu gelas air masak dan tambahkan sedikit garam, lalu peras dan saring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari dengan takaran dia sendok makan sekali minum.

4. Ramuan  4
Sediakan 2 ibu jari kunyit, 1 genggam daun asam muda, 1 ibu jari umbi bidara upas, dan setengah genggam daun pegagan. Iris kecil-kecil kunyit yang telah dikupas dan di cuci bersih. Kemudian rebus irisan kunyit, umbi bidara upas, daun pegagan, dan daun asam muda dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas saja. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

5. Ramuan 5
Cuci bersih 10 gram jahe dan 30 gram akar kaca piring, kemudian rebus dengan 500 ml air hingga tersisa sekitar 250 ml. Saring air rebusan tersebut. Ramuan ini diminum dua kali sehari secara teratur, selagi hangat.

6. Ramuan 6
Sediakan umbi lokio (bawang batak), kupas dan cuci kemudian hancurkan dengan blender hingga menjadi jus. Jus ini diberikan kepada penderita sebanyak 3 gram sebanyak 3 kali sehari. Bisa juga di campur dengan gula dan air secukupnya.

7. Ramuan  7
Rebus jahe merah, lengkuas, daun pecut kuda, kenanga yang ditumbuk, kencur yang dihaluskan, daun iler dan kayu manis (3 gram untuk masing-masing bahan) dengan 2 gelas air hingga diperoleh sekitar ½ gelas. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2-3 kali setiap hari nya.

Itulah ramuan tradisional untuk mengobati bronkhitis. Imbangi penggunaan ramuan tersebut dengan istirahat yang cukup dan juga pola makan yang baik dan higienis. Nantikan artikel berikutnya masih tentang berbagai macam ramuan tradisional untuk pengobatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =