Ramuan Tradisional untuk Mengobati Batuk

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan tradisional mengobati batuk
Ramuan tradisional mengobati batuk

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisonal

Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

A. Batuk
Batuk sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk menangkis serangan berbagai jenis penyakit, seperti influenza, tuberculosis (TBC), radang paru atau radang tonsil. Walaupun batuk merupakan gejala dari suatu penyakit, jangan menganggap remeh penyakit batuk ini karena cukup mengganggu. Selama penderita masih menderita suatu penyakit tersebut, batuknya tidak akan sembuh. Kondisi ini disebabkan karena penyakit batuk tidak dapat disembuhkan kecuali biang keladi penyakitnya disembuhkan. Tapi gejala batuk bisa diringankan dengan berbagai ramuan tradisional yang diwariskan secara turun temurun berikut ini.

1. Ramuan 1
Ramuan tradisional pertama untuk mengobati batuk yaitu; bahan yang diperlukan antara lain satu buah jeruk nipis, satu butir telur ayam kampung (kuningnya saja) dan satu sendok makan kecap manis. Campur ketiga bahan tersebut, aduk hingga tercampur rata. Minum ramuan ini tiga kali sehari hingga sembuh.

2. Ramuan 2
Bahan yang diperlukan adalah 15 biji cengkih, 1 biji buah pala, 6 buah jeruk nipis dan 15 helai daun sirih. Tumbuk cengkih hingga halus dan belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Masukkan semua bahan diatas kedalam kuali yang terbuat dari tanah liat dan direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Ketika merebus sebaiknya kuali tidak ditutup agar penguapan terjadi lebih cepat. Setelah air rebusan tinggal satu setengah gelas atau sekitar 900 ml, angkat kuali. Setelah dingin, masukkan air rebusan ke dalam botol.

Dosis yang dianjurkan adalah 3 kali sehari sebanyak 4 sendok makan untuk orang dewasa dan 2 sendok makan sekali minum untuk anak-anak. Jika menginginkan rasa yang enak, bisa ditambahkan madu sebagai pemanis.

3. Ramuan 3
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; siapkan satu buah jeruk nipis yang sudah tua dan banyak mengandung air serta kapur sirih. Peras jeruk nipis dan seduh dengan air panas sebanyak satu gelas atau sekitar 300 ml, campurkan sedikit kapur sirih kedalamnya. Ramuan tersebut diminum sebanyak dua kali sehari. Dosis yang dianjurkan untuk sekali minum adalah 2 sendok makan.

4. Ramuan 4
Sediakan 3-4 rimpang umbi jahe sebesar ibu jari, satu butir jeruk nipis dan satu sendok teh kayu putih. Parut jahe, kemudian bakarlah jeruk nipis dan diperas airnya. Kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diremas-remas. Pemakaiannya adalah dengan mengoleskan ramuan tersebut di bagian dada anak balita yang sakit pada pagi dan sore hari setelah mandi atau menjelang tidur.

Baca juga:  Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif (2)

5. Ramuan  5
Ramuan tradisional untuk batuk membandel; siapkan 20 gram daun lidah buaya dan dua sendok makan madu. Cuci dan kupas daun lidah buaya, lalu potong kecil-kecil. Campurkan dengan madu. Minum dua kali sehari selama 10 hari berturut-turut.

B. Batuk Rejan
Apa itu batuk rejan? Batuk rejan adalah jenis batuk kering yang kerap terjadi pada anak-anak. Penyakit ini mudah menular terutama pada anak-anak balita. Penularan batuk ini bisa terjadi melalui bersin, batuk atau muntahan si penderita. Sama dengan batuk pada umumnya, batuk rejan pun bisa dipicu oleh udara dingin dan mankanan yang mengandung minyak. Batuk rejan ini bisa ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Biasanya batuk datang secara tiba-tiba dan terjadi pada malam atau pagi hari ketika udara sedang dingin.
  • Penderita akan terbatuk-batuk selama beberapa menit disertai dengan rasa gatal yang berat di tenggorokan. Biasanya disertai dengan muntah dan keluarnya dahak yang pekat dan kental.
  • Ketika batuk terjadi, wajah penderita tampak berwarna merah kebiruan, dengan urat leher yang menegang dan matanya berair.

Ada beberapa jenis ramuan yang terbukti ampuh untuk mengatasi gejala penyakit batuk rejan. Untuk lebih lengkapnya, bacalah uraian berikut ini.

1. Ramuan 1
Ramuan tradisional pertama untuk batuk rejan yaitu; siapkan sepertiga genggam daun semanggi, cuci bersih, kemudian direbus dengan 350 ml air dan biarkan hingga airnya hanya tersisa ¼ nya. Setelah itu saring air rebusan tersebut dan tambahkan gula secukupnya. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan takaran setengah gelas atau sekitar 60 ml sekali minum.

2. Ramuan 2
Sediakan 4 kuntum kembang telang, 18 lembar daun kembang telang, setengah sendok teh adas, setengah jari pulosari, satu siung bawang merah dan satu sendok makan madu. Cuci bersih semua bahan, lalu tumbuk hingga halus. Bahan yang telah halus dimasukkan kedalam ¾ cangkir air matang hangat, lalu tambahkan madu. Setelah itu, peras dan saring larutan tersebut. Minum dua kali sehari dengan dosis 2 sendok makan setiap kali minum.

3. Ramuan 3
Ramuan tradisional berikutnya adalah; tumbuk biji lobak putih yang sudah kering hingga halus, lalu tambahkan sedikit gula dan air hangat. Ramuan ini diberikan kepada penderita batuk rejan 3 kali sehari.

4. Ramuan 4
Blender 10 gram jahe, 15 gram buah belimbing manis dan 20 gram buah mengkudu matang hingga galus. Rebus hasil blenderan bahan-bahan tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian minum ramuan tersebut hangat-hangat. Ramuan ini diminum 2 kali sehari secara teratur.

5. Ramuan 5
Ramuan tradisional berikutnya; haluskan 30 gram bawang putih yang telah dicuci dan dikupas, kemudian campur dengan gula batu secukupnya dalam segelas air. Diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok makan setiap hari selama beberapa hari, hingga batuk mereda.

Itulah ramuan tradisional untuk mengobati batuk. Imbangi penggunaan ramuan tersebut dengan istirahat yang cukup dan juga pola makan yang baik dan higienis. Nantikan artikel berikutnya masih tentang berbagai macam ramuan tradisional untuk pengobatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 7 =