Ramuan Tradisional untuk Mengobati Amandel

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Metode ini sangat erat kaitannya dengan tradisi nenek moyang manusia pada zaman dahulu, ketika proses pengobatan masih dilakukan secara primitif dengan menggunakan berbagai jenis tanaman yang diyakini mempunyai khasiat obat. Karena itulah, ramuan pengobatan ini disebut dengan ramuan tradisional atau obat tradisional. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di sekitar kita, seperti di halaman rumah, pinggir jalan atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional hasilnya memang tidak secepat dengan menggunakan obat-obatan modern. Waktu penyembuhan dengan ramuan tradisional hasilnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan modern, hal ini karena sifat pengobatan tradisional adalah konstruktif. Artinya, pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, namun menyeluruh.

Ramuan tradisional mengobati amandel
Ramuan tradisional mengobati amandel

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan tradisional
Ramuan untuk penyakit telinga hidung tenggorokan dan penyakit saluran pernapasan bagian bawah:

Amandel
Penyakit amandel adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada selaput lendir. Jika kerusakan menjadi parah dapat menyerang dan merusak jaringan amandel. Penyebabnya utamanya adalah basil (kuman) fusifomis dan basil spirila yang memicu terjadinya pembengkakan atau peradangan pada tonsil. Penderita amandel akan mengalami gejala seperti pusing-pusing, demam dengan suhu badan sekitar 41°C, mengalami nyeri pada tenggorokan dan kelenjar gondok, terasa sakit tenggorokan ketika menelan dan badan terasa lemah.

Ramuan tradisional yang bisa dipakai untuk mengobati amandel adalah:

1. Ramuan 1
Ramuan tradisional pertama yaitu; sediakan tiga buah jeruk nipis, ambil kulitnya. Cuci bersih kulit jeruk nipis dan potong kecil-kecil. Rebus kulit jeruk tersebut dengan dua gelas air hingga tersisa seperempat gelas. Setelah dingin, air rebusannya disaring. Air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur dan diminum. Lakukan 3-4 kali sehari sebanyak tiga sendok makan untuk sekali minum.

Baca juga:  Ramuan Tradisional untuk Mengobati Bronkhitis

2. Ramuan 2
Cuci bersih dua buah pala dan dua puluh biji cengkih. Kemudian remas-remas dengan minyak kelapa. Balurkan secara merata pada bagian leher dan gunakan dua kali sehari. Saat akan dipakai, hangatkan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut.

3. Ramuan 3
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; peras sebuah jeruk nipis, memarkan kunyit hingga airnya keluar. Campur air kunyit tersebut dengan air jeruk nipis lalu tambahkan madu secukupnya. Campuran ini diminum sedikit demi sedikit sebanyak 2-3 sendok makan sekali minum. Lakukan berulang-ulang dalam sehari hingga sembuh.

4. Ramuan 4
Dua sendok makan sari mengkudu, satu sendok teh air perasan jeruk nipis, satu sendok teh air perasan kunyit, dua sendok makan madu murni dan delapan sendok makan air rebusan benalu teh. Masukkan semua bahan dalam botol bersih yang telah dicuci dengan air panas. Kemudian kocok hingga tercampur rata. Untuk anak berusia diatas 7 tahun, berikan ramuan tersebut tiga kali sehari sebanyak satu sendok teh. Sedangkan untuk anak-anak usia diatas 12 tahun atau orang dewasa berikan lima kali sehari sebanyak satu sendok teh untuk sekali minum.

5. Ramuan 5
Ramuan tradisional berikutnya yaitu; rebus sepuluh gram jahe, lima belas gram daun sambung nyawa, dan gula batu secukupnya dengan 400ml air hingga tersisa sekitar 200 ml. saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat.

Itulah ramuan tradisional untuk mengobati amandel. Imbangi penggunaan ramuan tersebut dengan istirahat yang cukup dan juga pola makan yang baik dan higienis. Nantikan artikel berikutnya masih tentang berbagai macam ramuan tradisional untuk pengobatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 16 =