Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif (2)

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang timbul sejalan dengan perubahan fisiologis tubuh manusia. Semakin bertambah umur seseorang, daya kerja sel juga akan mengalami penurunan. Akibatnya akan bermunculan berbagai gangguan penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal, rematik, tumor, batu empedu, gangguan prostat, dan tulang keropos. Berbagai penyakit degeneratif ini akan kita bahas satu-persatu macam-macamnya serta cara mengobatinya menggunakan ramuan tradisional alami.

Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif
1. Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi untuk membersihkan darah dari berbagai jenis racun dan membuang sisa-sisa racun tersebut melalui urine. Jika fungsi ginjal terganggu akibat peradangan atau batu ginjal, dengan sendirinya tubuh akan mengalami keracunan. Oleh sebab itu, gangguan atau penyakit degeneratif pada ginjal harus segera diobati. Selain minum ramuan tradisional, selama proses pengobatan dianjurkan untuk banyak minum air putih, minimal 10 gelas setiap hari.

Penyakit Degeneratif
Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif

Disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi makanan berdaging dan sayuran jenis tertentu, seperti kubis, bayam, dan tomat. Penderita penyakit degeneratif ginjal yang sering minum kopi atau teh kental sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut, bahkan disarankan untuk menghilangkannya sama sekali. Lobak, labu putih, dan mentimun adalah sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi.

Terdapat tiga jenis ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati radang ginjal dan penyakit batu ginjal. Simak penjelasan yang menguraikan bahan baku dan cara meramunya berikut ini.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk membantu pengobatan penyakit degeneratif ini yaitu; sediakan 7 lembar daun keji beling, 40 lembar daun kumis kucing, 5 batang meniran beserta akarnya, dan satu rimpang kunyit sebesar telur ayam. Cuci bersih semua bahan, lalu direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Setelah dingin, saring air rebusannya. Minum ramuan tersebut sebanyak 3x sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

2. Ramuan II
Ramuan berikutnya untuk pengobatan penyakit degeneratif ini adalah; sediakan 5 lembar daun dadap, 3 lembar daun cocor bebek, dan tiga buah rimpang kunyit. Cuci bersih semua bahan, lalu tumbuk sampai lembut. Oleskan ramuan ini di bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akibat gangguan ginjal yang biasanya terjadi di pembuluh vena pada kaki. Lakukan secara rutin 2x sehari. Jangan memijit bagian yang bengkak karena bisa memutuskan pembuluh darah yang berada disana.

3. Ramuan III
Sediakan ramuan teh racik mahkota dewa, daun sambiloto secukupnya, dan akar alang-alang. Rebus semua bahan bersama-sama, kemudian air hasil rebusannya diminum setiap hari.

2. Rematik
Pada dasarnya, kerangka tubuh manusia disangga oleh tulang yang kaku dan disusun dalam persendian yang lentur dan fleksibel. Kelenturan itu membuat sendi bisa berputar hingga 360°. Namun, semua fungsi tersebut akan terganggu jika pada persendian terjadi gangguan atau yang biasa disebut rematik. Jika rematik belum berubah menjadi kronis dan mengalami komplikasi dengan asam urat atau kolesterol, peluang untuk disembuhkan dengan ramuan tradisional cukup besar.

Ada beberapa kenis ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit degeneratif rematik ini. Racikan bahan dan cara membuatnya dapat disimak dalam uraian berikut ini.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk pengobatan penyakit degeneratif ini yaitu; bahan-bahan yang diperlukan, lima lembar daun kecubung ulung, lima jari lempuyang emprit, setengah genggam daun gandarusa, dua jari bangle, tiga jari jahe, dan seperempat gelas beras. Rendam beras dalam air selama 3 jam. Cuci semua bahan, kemudian ditumbuk bersama beras hingga lembut. Campuran bahan yang telah ditumbuk ini bisa digunakan sebagai parem. Oleskan di bagian yang sakit hingga rasa sakit berkurang atau hilang.

2. Ramuan II
Sediakan ½ genggam daun kumis kucing, 3 batang pohon meniran beserta akarnya, dua jari jahe, dan tujuh lembar daun murbei yang setengah tua.
Cuci bersih semua bahan. Kupas jahe dan memarkan. Rebus semua bahan dengan 5 gelas air dan biarkan airnya hingga tersisa 3 gelas. Setelah itu, airnya di dinginkan dan disaring. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum. Jika dikonsumsi secara rutin selama 2 minggu, gejala rematik sudah bisa mereda.

3. Ramuan III
Ramuan berikutnya untuk pengobatan penyakit degeneratif ini yaitu; sediakan 15 gram jahe merah, 30 gram akar beluntas, dan 20 gram temulawak. Cuci semua bahan hingga bersih, lalu rebus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml saja. Air rebusan disaring. Diminum 2x sehari secara teratur, diminum selagi hangat.

4. Ramuan IV
Ramuan terakhir untuk mengobati penyakit degeneratif ini yaitu; Sediakan satu sendok teh ramuan mahkota dewa instan. Ramuan mahkota dewa instan berbahan baku bagian kulit dan daging buah mahkota dewa yang sudah benar-benar matang, direbus dengan air secukupnya, lalu air rebusan ditambahkan gula agar rasanya tidak pahit. Biarkan terus campuran tersebut di atas api kecil, hingga tidak berbusa lagi. Setelah itu aduk-aduk sampai campuran mengkristal dan kering. Ayak kristal yang sudah dingin. Kristal yang masih berukuran besar di tumbuk hingga halus. Kristal yang sudah halus diseduh dengan air panas. Diminum dua kali sehari selama satu bulan.

3. Tumor
Penyakit degeneratif seperti tumor disebabkan oleh perubahan sel di dalam tubuh. Perubahan sel tersebut terjadi disebabkan adanya serangan virus atau penurunan kualitas sel seiring dengan bertambahnya usia. Tumor berbentuk daging yang berisi cairan dan lemak. Bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh manusia. Ada beberapa jenis tumor yang patut diwaspadai, terutama yang bersifat ganas. Paling menghawatirkan jika tumor tumbuh di otak, payudara, atau di dalam rahim. Dalam ilmu kedokteran, tumor harus diangkat melalui proses pembedahan.

Bisakah tumor disembuhkan dengan memakai ramuan tradisional? Jawabannya adalah bisa. Asal dilakukan dengan tekun dan disiplin. Ada beberapa ramuan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit degeneratif  seperti tumor ini. Racikan bahan dan cara membuatnya dapat disimak dalam uraian dibawah ini.

1. Ramuan I (untuk tumor otak)
Ramuan pertama untuk pengobatan penyakit degeneratif  ini yaitu; sediakan 3 sendok makan kacang tolo merah, enam cakar ayam kampung, 3 siung bawang putih, 3 tangkai seledri, dan garam secukupnya.
Cuci bersih semua bahan, potong cakar ayam menjadi tiga bagian. Bersama dengan bahan-bahan lain direbus dalam 8 gelas air. Biarkan airnya menyusut hingga tersisa 4 gelas. Minum ramuan ini tiga kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum.

2. Ramuan II (Untuk tumor kandungan)
Siapkan satu genggam daun benalu teh, sebelas lembar daun sambiloto, sebutir jadam arab ukuran kelereng, dan satu ruas rimpang temu putih.
Temu putih dikupas dan di cuci bersih, kemudian di iris kecil-kecil. Bersama dengan bahan yang lain direbus dalam lima gelas air. Biarkan airnya menyusut hingga tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring airnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari sebanyak setengah gelas untuk sekali minum. Selain minum ramuan tradisional, lakukan pantangan dengan tidak mengkonsumsi ikan, durian, nangka, makanan berlemak, dan makanan pedas.

3. Ramuan III (Tumor payudara)
Ramuan berikutnya untuk pengobatan penyakit degeneratif ini yaitu; sediakan satu genggam benalu jeruk nipis, setengah genggam daun sambiloto, seperempat genggam kayu secang, setengah sendok makan adas, setengah jari pulosari, satu biji jadam arab ukuran kelereng, dan satu biji umbi kunyit sebesar telur ayam.
Kupas kunyit, lalu cuci bersih dan di iris tipis-tipis. Rebus kunyit bersama bahan-bahan lain dalam selapan gelas air. Biarkan airnya menyusut sampai tersisa empat gelas. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari dengan takaran sepertiga gelas sekali minum.

4. Prostat
Pembesaran prostat sering terjadi pada pria berusia lanjut. Gejalanya berupa sulit buang air, baik besar maupun kecil. Kalaupun bisa, sering tidak tuntas. Untuk mengetahui dengan pasti seseorang terkena prostat atau tidak, harus dilakukan uji lab karena gejalanya mirip dengan kencing batu atau gangguan ginjal.

Setelah seorang pria berusia 50 tahun, kelenjar prostat memiliki kecenderungan untuk membesar. Keadaan ini berkaitan erat dengan perubahan keseimbangan hormon yang diproduksi oleh tubuh. Perubahan hormon ini disebabkan terjadinya ketidakseimbangan proses metabolisme pada kelompok usia lanjut. Pada beberapa pria, pembesaran ini dapat mengganggu pengeluaran urine, sehinga penderita kesulitan buang air kecil. Akibatnya jumlah urine dalam kandung kemih menjadi berlebih dan dapat menyebabkan peradangan, rasa nyeri, panas, bahkan sampai mengeluarkan darah ketika buang air kecil.

Baca juga:  Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Penyakit degeneratif yang hanya menyerang pria ini bisa diobati dengan ramuan tradisional. Ada empat macam ramuan manjur yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk pengobatan penyakit degeneratif ini yaitu; Sediakan 5 jari tangan akar pohon enau, lima jengkal akar alang-alang, setengah genggam daun kumis kucing. Setengah sendok makan adas, setengah jari tangan pulosari.
Cara membuatnya, cuci bersih akar alang-alang dan akar enau dan dipotong kecil-kecil. Kemudian direbus bersama bahan lain dalam lima gelas air. Biarkan air menyusut hingga tersisa 3 gelas.
Minum air rebusan tersebut 3x sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum. Lakukan pengobatan ini selama seminggu berturut-turut. Jika dalam seminggu tersebut hasilnya menunjukkan kemajuan, ulangi lagi hingga benar-benar sembuh.

2. Ramuan II
Sediakan setengah sendok makan bunga pepaya gantung, satu setengah jari tangan akar pepaya kering, satu jari kulit pepaya gantung kering, dan empat batang pohon meniran. Potong kecil-kecil akar dan kulit pepaya. Bersama bahan-bahan lain direbus dalam lima gelas air. Biarkan air menyusut hingga tersisa tiga gelas.
Air rebusan tersebut diminum tiga kali sehari dengan dosis setengah geas sekali minum. Lakukan pengobatan ini selama seminggu berturut-turut. Jika dalam seminggu hasilnya menunjukkan kemajuan, ulangi lagi hingga benar-benar sembuh.

3. Ramuan III
Ramuan berikutnya untuk pengobatan penyakit degeneratif yaitu; sediakan 30 gram sambiloto, tiga puluh gram meniran, 30 gram akar alang-alang, dan dua setengah gelas air bersih. Cuci bersih semua bahan ramuan, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan air dan direbus dalam wadah tertutup hingga mendidih selama 30 menit. Tetap dalam keadaan tertutup, campuran dibiarkan hingga dingin, kemudian disaring. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan dosis satu gelas, hingga gejala penyakit dirasakan hilang.

4. Ramuan IV
Ramuan terakhir untuk mengobati penyakit degeneratif ini adalah; sediakan 60 gram krokot, 30 gram sambiloto, dan dua setengah gelas air bersih. Cuci semua bahan hingga bersih, kemudian rebus dalam keadaan tertutup selama 15 menit. Dalam keadaan tertutup, rebusan tersebut didinginkan, lalu disaring. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari dengan dosis satu gelas hingga gejala penyakit dirasakan hilang.

5. Osteoporosis
Selain untuk menyangga tubuh, tulang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot dan daging. Jika pertumbuhan tulang sejak kecil tidak baik, akan terjadi pengeroposan tulang akibat densitas tulang kekurangan mineral kalsium dan fosfor. Disamping itu, vitamin D juga berperan penting dalam penyerapan kalsium oleh tulang. Pengeroposan tulang ditandai dengan hilangnya sel-sel tulang sehingga kepadatannya menurun. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan terserang keropos tulang semakin besar.

Terdapat dua macam ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit degeneratif osteoporosis ini. Jenis-jenis bahan dan cara meraciknya dapat disimak dalam uraian sebagai berikut.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk mengobati penyakit degeneratif ini adalah; sediakan 100 gram ubi merah, 5 biji kapulaga, 5 biji cengkih, satu jari kayu manis, 2 jari jahe merah, 10 butir lada, dan 1 gelas susu segar. Cuci bersih semua bahan, kecuali susu. Ubi merah dan jahe dipotong menjadi irisan kecil-kecil. Tuangkan susu segar kedalam campuran bahan-bahan tersebut. Tutup wadah rapat-rapat lalu panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, buka tutup wadah dan dinginkan. Minum ramuan ini sekali sehari hingga gejala penyakit tidak dirasakan lagi.

2. Ramuan II
Ramuan berikutnya untuk mengobati penyakit degeneratif yaitu; sediakan 3 buah bawang putih, 5 lembar daun kumis kucing, dan satu sendok makan madu. Cuci bersih bawang putih dan daun kumis kucing, lalu iris kecil-kecil. Irisan tersebut dimasukkan ke dalam wadah yang berisi satu gelas air, lalu rebus selama 15 menit. Hasil rebusannya didinginkan dan ampasnya disaring. Tambahkan satu sendok makan madu murni ke dalamnya. Minum hasil rebusan ini sekali sehari dengan dosis seperempat gelas sekali minum.

6. Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi
Nama lain penyakit ini dalah hipertensi, yang artinya adalah tekanan darah yang melebihi batas normal. Hipertensi merupakan akibat dari kerja keras jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika saluran darah pada jaringan seluruh tubuh sudah mengalami penebalan dan pengurangan elastisitas, tubuh akan berupaya menaikkan tekanan jantung agar distribusi darah dapat berlangsung normal. Namun, keadaan ini akan menyebabkan jantung menjadi cepat lelah dan rusak, sehingga fungsinya akan berangsur menurun. Penyebabnya adalah makanan dengan lemak berlebihan, kecemasan, radang hati, rokok, dan minuman beralkohol. Gejala penyakit degeneratif tekanan darah tinggi sebagai berikut:

• Saat bangun tidur, kepala bagian belakang terasa sakit
• Pelupa dan sulit berkonsentrasi
• Mudah marah
• Susah tidur
• Cepat lelah dan lesu
• Terkadang sulit buang air

Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati penyakit degeneratif hipertensi ini.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk mengobati penyakit degeneratif yaitu; sediakan 20 kuntum bunga jeruk nipis, 2 buah jeruk nipis, 30 lembar daun jeruk nipis, dan satu sendok makan madu. Daun dan bunga jeruk nipis dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga airnya tersisa sekitar satu gelas, biarkan sampai dingin. Kemudian disaring, campurkan dengan madu dan perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas.

2. Ramuan II
Ramuan berikutnya untuk pengobatan penyakit degeneratif ini adalah; siapkan 16 batang seledri. Cuci bersih seledri, lalu potong-potong dan direbus dalam dua gelas air bersih hingga tersisa sekitar satu gelas. Biarkan air rebusan tersebut sampai dingin. Minum air rebusan tersebut dan seledri dimakan sebanyak dua kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

3. Ramuan III
Ramuan terakhir untuk mengobati penyakit degeneratif yaitu; sediakan 3 tangkai daun seledri, 5 lembar daun alpukat, setengah buah jeruk nipis, dan dua gelas air bersih. Cuci bersih semua bahan dan dipotong-potong. Kemudian direbus dalam keadaan tertutup selama 15 menit, lalu dinginkan dalam kondisi tertutup. Setelah dingin, tambahkan air perasan jeruk nipis, lalu disaring. Minum ramuan ini dua kali sehari sebanyak tiga perempat gelas hingga sembuh.

7. Malaria
Penyakit malaria ini disebabkan oleh plasmodium malaria yang bersarang dalam sel darah merah. Penyakit ini mudah sekali menular melalui perantara nyamuk anopheles. Ramuan untuk mengobati penyakit malaria adalah sebagai berikut.

1. Ramuan I
Ramuan pertama untuk mengobati penyakit degeneratif  ini yaitu; sediakan satu buah jantung pisang ambon. Kupas kulit luar jantung pisang tersebut, lalu cuci. Timbun dalam bara api selama 30 menit, kemudian diparut dan ditumbuk sampai lumat. Peras airnya dan disaring. Masukkan air perasan tersebut ke dalam gelas, kemudian tambahkan sedikit asam. Diminum pada pagi hari sebelum sarapan, dan dilakukan satu kali sehari.

2. Ramuan II
Ramuan terakhir untuk pengobatan penyakit degeneratif yaitu; sediakan 5 jari akar pohon nangka. Cuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Rebus dengan 5 gelas air hingga airnya tinggal dua setengah gelas. Setelah dingin, air rebusannya disaring dan ditambah air gula secukupnya.

Itulah beberapa macam penyakit degeneratif yang bisa saja menyerang kita semua seiring bertambahnya usia. Jika Anda mengalami atau terkena penyakit-penyakit ini bisa menggunakan pengobatan alami menggunakan ramuan-ramuan tradisional diatas dan tentu saja harus tetap di ikuti dengan berkonsultasi dengan dokter ahli. Beberapa penyakit degeneratif yang sudah kami sebutkan diatas bisa dicegah sejak usia muda dengan menerapkan pola hidup dan juga pola makan yang sehat serta melakukan olah raga secara teratur. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *