Menjaga Jantung Sehat: Hindari Makanan Berikut Ini

Menjaga Jantung Sehat – Jantung adalah salah satu bagian paling vital organ tubuh manusia. Jika kita memiliki pola hidup dan makanan sehat, jantung akan tetap terjaga kesehatannya. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali faktor yang menyebabkan jantung menjadi bermasalah seperti salah satunya adalah kebiasaan buruk merokok. Selain merokok, pola hidup tidak sehat juga rawan menyebabkan jantung menjadi tidak sehat. Pola makan dan juga menu makanan yang disantap juga menjadi faktor utama dalam memelihara kesehatan jantung manusia.

Anda ingin menjaga jantung tetap sehat? Mulai sedini mungkin pola hidup sehat, atur pola dan menu makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Banyak sekali makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung manusia. Makanan apa saja yang tidak baik untuk kesehatan jantung ? Sebaiknya hindari makanan dan minuman berikut ini.

1. Minuman soda diet
Untuk menjaga jantung sehat, hindari minuman soda diet. Meski memiliki jargon “diet”, soda diet memang bebas lemak dan kalori namun sangat tidak sehat untuk tubuh terutama untuk jantung. Soda cenderung meningkatkan obesitas yang berujung pada tidak sehatnya jantung kita.

Menjaga Jantung Sehat
Minuman soda kaleng

2. Daging yang di awetkan
Cara menjaga jantung sehat berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi daging yang di awetkan. Daging awetan seperti sosis mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Lemak jenuh tidak baik untuk jantung. Daging awetan lain yang berbahaya untuk jantung adalah bacon. Sebaiknya hindari mengkonsumsi daging yang di awetkan secara terus menerus.

3. Soft drink atau minuman ringan
Gula yang berlebihan di dalam tubuh juga tidak sehat untuk tubuh dan terutama bagi jantung. Minuman ringan mengandung sangat banyak gula. Mengkonsumsi minuman ringan dalam jumlah yang berlebihan akan meningkatkan kadar gula tubuh meningkat yang efeknya tentu saja berbahaya dapat meningkatkan resiko diabetes dan jantung.

4. Jus yang diberi gula
Jika kita mengolah buah atau sayur untuk dijadikan jus, hindari memberi tambahan gula. Jika buah yang diolah menjadi jus memiliki rasa yang masam, silahkan dicampur dengan buah yang memiliki rasa lebih manis sehingga terjadi campuran rasa yang menarik.

5. Pizza daging
Cara menjaga jantung sehat berikutnya yaitu kurangi konsumi pizza daging berlebihan. Tidak semua pizza membahayakan jantung, pizza yang berisi sayuran atau jamur tidak ada efek negatif bagi tubuh. Pizza yang memiliki kandungan daging berlebih sangat tidak baik karena memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi.

Baca juga:  Pap Smear, Tes Kesehatan Wajib Bagi Wanita

6. Burger
Burger cepat saji adalah makanan yang harus kita hindari. Kandungan lemak jenuh yang tinggi tidak bagus untuk kesehatan jantung. Lemak jenuh dari daging hewan yang dipadukan dengan karbohidrat mempunyai dampak kurang baik terhadap kesehatan jantung.

7. Gorengan
Untuk menjaga jantung sehat kurangi juga mengkonsumsi gorengan. Gorengan sudah tersohor tidak baik untuk kesehatan jantung. Banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan dari gorengan terhadap kesehatan tubuh manusia. Apalagi seperti yang kita tahu hampir semua penjual gorengan memakai minyak goreng yang dipakai terus menerus. Menggoreng secara konvesional akan menciptakan lemak trans yang akan meningkatkan kolesterol jahat dan akan mengurangi kolesterol baik pada tubuh.

8. Gula yang berlebihan
Asupan gula yang berlebihan ke dalam tubuh manusia meningkatkan resiko obesitas, kolesterol tinggi, dan diabetes. Penyakit-penyakit ini pada akhirnya akan menyerang kesehatan jantung manusia. Bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi gula atau yang manis-manis. Konsumsi secukupknya karena tubuh juga sangat membutuhkan glukosa.

9. Margarin
Salah satu cara berikutnya untuk menjaga jantung sehat yaitu dengan mengurangi penggunaan margarin. Margarin menghasilkan lemak trans yang tinggi. Jika anda suka mengkonsumsi roti tawar dengan di oles margarin, oles saja secukupnya jangan terlalu berlebihan. Atau bisa juga margarin digantikan oleh selai atau madu sebagai pelengkap.

10. Sereal yang mengandung gula
Sereal sangat bagus untuk dikonsumsi tubuh. Namun sereal yang mengandung gula atau memiliki rasa manis berlebihan justru tidak baik untuk tubuh dan jantung. Jika anda terbiasa mengkonsumsi sereal di pagi hari, pilih sereal yang tidak mengandung manis berlebihan atau bisa digantikan dengan menu telur dan roti bakar.

11. Roti atau kue kering
Cara menjaga jantung sehat berikutnya yaitu dengan mengurangi konsumsi roti atau kue kering. Roti atau kue kering pada saat ini kebanyakan mengandung gula yang berlebihan serta lemak jenuh dan lemak trans. Pilih roti yang tidak mengandung gula berlebihan.

Menghindari makanan dan minuman jenis diatas disertai dengan pola hidup sehat dan menghindari rokok akan mengurangi resiko jantung tidak sehat. Menjaga jantung sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat sudah saatnya kita lakukan agar kualitas hidup kita juga meningkat. Dengan jantung sehat maka aktifitas harian kita juga akan lebih produktif. Dan jangan lupa untuk tetap lakukan olahraga secara rutin.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *