Mengobati Keputihan Secara Alami

Mengobati Keputihan Secara Alami
Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil (Sumber: Wikipedia). Berikut ini akan kami uraikan beberapa cara mengobati keputihan secara alami dengan menggunakan berbagai macam ramuan tradisional yang diolah menjadi jamu yang siap di konsumsi.

Mengobati Keputihan Secara Alami

  1. Ramuan ke 1 – Sediakan tiga batang tanaman sambiloto. Cuci bersih kemudian potong-potong. Masukkan potongan-potongan tadi ke dalam empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. Saring setelah airnya dingin. Ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika dirasa terlalu pahit, bisa ditambahkan madu secukupnya.
  2. Ramuan ke 2 – Ramuan untuk mengobati keputihan secara alami ini memerlukan sepuluh lembar daun iler (daun miana) dan madu. Caranya, cuci bersih daun iler hingga bersih, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu setengah gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut. Tambahkan madu secukupnya ke dalam air hasil saringan tersebut sambal diaduk rata. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan takaran setengah gelas setiap kali minum.
  3. Ramuan ke 3 – Ramuan untuk mengobati keputihan secara alami ini memerlukan 10 lembar daun sirih, satu jari temulawak, dan satu jari kunyit. Cuci bersih semua bahan, kemudian potong-potong kecil. Rebus dalam satu liter air selama 15 menit. Ketika masih hangat, gunakan untuk mencuci vagina. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dua kali sehari.
  4. Ramuan ke 4 – Sediakan satu jari kunyit yang sudah tua, air asam, dan gula jawa. Kupas kunyit, lalu parut. Tuangkan air asam dan larutan gula jawa secukupnya dan aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain bersih. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan dosis seperempat gelas sekali minum.
  5. Ramuan ke 5 – Siapkan tujuh lembar daun jarak pagar. Cuci bersih daun jarak pagar tersebut, lalu tumbuk hingga halus dan diseduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya diperas dan disaring. Gunakan air saringan tersebut untuk mencuci vagina. Daun jarak pagar digunakan untuk mengobati keputihan  yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis.

    mengobati keputihan secara alami
    Jahe bermanfaat untuk mengobati keputihan secara alami
  6. Ramuan ke 6 – Ramuan untuk mengobati keputihan secara alami ini memerlukan 15 gram jahe, dua puluh gram krokot, tiga puluh gram daun lidah buaya, dan lima belas gram bangle. Cuci bersih semua bahan. Kupas daun lidah buaya. Kemudian rebus semua bahan dalam 600 ml air higga tersisa 200 ml lalu saring. Minum ramuan ini selagi hangat dua kali sehari secara teratur.
  7. Ramuan ke 7 – Sediakan 20 gram jahe dan 15 gram kulit delima kering. Cuci semua bahan hingga bersih, rebus dalam 500 ml air hingga tersisa 250 ml lalu disaring. Minum selagi hangat dua kali sehari.

Itulah beberapa ramuan untuk mengobati keputihan secara alami. Anda bisa memilih sesuai dengan bahan yang sudah tersedia di sekitar Anda. Keputihan jika tidak di obati akan cukup mengganggu bahkan jika terlalu parah akan menimbulkan bau kurang sedap yang akan mengganggu kepercayaan diri Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *