Manfaat Ubi Merah untuk Kesehatan

Manfaat ubi merah untuk kesehatan – Ubi merah merupakan salah satu jenis umbi jalar yang berasal dari Amerika Tengah, yang kemudian menyebar ke Eropa, India dan berlanjut ke Asia Tenggara pada abad ke-16. Di Indonesia ubi merah yang harganya relatif murah ini, jarang masuk kedalam menu harian keluarga. Lain halnya di dapur Barat dan Asia Timur, dimana ubi merah ini menjadi primadona dan harganya relatif mahal. Warna jingga yang makin pekat menunjukkan kadar betakaroten yang tinggi, yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.  Satu cangkir  ubi merah merah kukus yang telah dihaluskan  mengandung 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan dalam 23 cangkir brokoli.

Ubi merah mengandung anthocyanin, terutama peonidins dan cyanidins, yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan antioksidan pada ubi, terutama ubi ungu adalah 3 kali lebih besar dibandingkan dengan blueberry. Zat tersebut amat bermanfaat bagi sistem pencernaan karena dapat mengurangi resiko kesehatan akibat radikal bebas dan logam berat. Fakta menarik tentang ubi merah adalah kandungan antioksidan pada semua bagiannya. Penelitian menunjukkan  jenis antioksidan yang berbeda pada daging umbi dan kulit ubi merah. Bahkan daun tanaman ubi merah juga terbukti memberi manfaat antioksidan yang penting bagi tubuh dan bisa diolah menjadi pecel atau masakan lainnya.

Beberapa manfaat ubi merah untuk kesehatan antara lain:

1. Ubi merah dan Kanker
Kunci untuk memerangi dan mengurangi resiko kanker adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ubi merah sebanyak 80 gram mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh  akan vitamin A; memenuhi 30% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C; dan 15% kebutuhan harian tubuh akan vitamin E. Ubi merah juga merupakan sumber serat dan mineral seperti mangan, potassium, magnesium, dan cooper. Semua vitamin dan mineral tersebut bersama-sama membentuk antioksidan yang ampuh melindungi membran sel dan mampu mengatasi resiko kanker paru-paru, kanker mulur, dan kanker tenggorokan.

Manfaat ubi merah untuk kesehatan
Manfaat ubi merah untuk kesehatan

2. Memperkuat pankreas dan limpa
Manfaat ubi merah untuk kesehatan yang berikutnya yaitu mampu memperkuat pankreas dan limpa sehingga kedua organ tubuh itu mampu membersihkan racun dari dalam tubuh secara alami. Tingginya kandungan mineral pada ubi merah mempercepat proses metabolisme dan membantu ginjal mengeluarkan racun dan zat-zat lain yang tidak dibutuhkan dari tubuh kita dengan lebih efektif.3. Memerangi penuaan, menurunnya daya ingat dan kepikunan, asam urat, dan sakit maag
Ubi merah juga mengandung sekelompok antosianin yang mampu menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas seperti nikotin, polusi udara dan bahan-bahan kimia lainnya. Antosianin bermanfaat dalam memerangi penuaan, menurunnya daya ingat dan kepikunan, asam urat serta sakit maag dan juga penyakit degeneratif lainnya. Selain itu antosianin juga memiliki kemampuan sebagai antimutagenik dan antikarsinogenik terhadap mutagen dan zat karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan olahannya, mencegah gangguan fungsi pada hati, anti hipertensi, serta menurunkan kadar gula darah. Hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi merah bermanfaat memerangi serangan jantung koroner.

Baca juga:  Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

4. Menghambat perusakan sel
Manfaat ubi merah untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu menghambat perusakan sel. Didukung zat-zat gizi lain selain betakaroten, warna jingga pada ubi merah menunjukkan tingginya kandungan senyawa lutein dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya merupakan senyawa aktif penting yang mampu menghambat proses perusakan sel. Ubi merah juga kaya vitamin E. dari 2/3 cangkir ubi merah kukus diperoleh asupan vitamin E yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari. Menambahkan minyak zaitun murni ke dalam ubi merah kukus membantu betakaroten pada ubi diserap dengan lebih baik oleh tubuh.

5. Mengendalikan produksi hormon melatonin
Manfaat lain dari ubi merah adalah mengendalikan prodiksi hormon melatonin yang memproduksi kelenjar pineal di dalam otak. Melatonin merupakan antioksidan handal yang menjaga kesehatan sel dan sistm saraf otak, sekaligus memperbaikinya bila terjadi kerusakan.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat ubi merah untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh memproduksi hormon melatonin  dengan baik, maka akan mampu meningkatkan produksi hormon endokrin, yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan mudah menangkal infeksi dan mencegah proses penuaan.

7. Menghalau stroke dan serangan jantung
Ubi merah kaya akan vitamin A dan E. Bersama-sama, kombinasi vitamin A (betakaroten) dan vitamin E pada ubi merah bekerja menghalau stroke dan serangan jantung. Betakarotennya mencegah stroke, sementara vitamin E-nya mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat mencegah munculnya serangan jantung.

8. Mengendalikan kadar kolesterol dalam darah
Tingginya kandungan serat dalam ubi jalar merah, yang merupakan serat larut, mampu menyerap kelebihan lemak atau kolesterol darah sehingga kadar lemak atau kolesterol dalam darah dapat terkendali.

9. Melancarkan pencernaan
Manfaat ubi merah untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Ubi jalar pada umumnya, mampu melancarkan sistem pencernaan kita. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan mineral dalam ubi, sehingga mampu mempercepat proses metabolisme tubuh. Semakin cepat zat-zat sisa metabolisme dikeluarkan, semakin berkurang kesempatan zat-zat tersebut untuk membusuk dan mengoksidasi atau memberi dampak buruk pada tubuh.

10. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A, C dan E pada ubi merah mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Itulah beberapa manfaat ubi merah untuk kesehatan. Banyaknya nutrisi yang terkandung pada ubi merah membuat ubi merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulailah mengkonsumsi ubi merah, makanan murah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *