Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Tomat sangat mudah kita jumpai di hampir semua tempat. Warnanya yang cerah sangat menggoda mata. Tanaman yang masuk dalam keluarga perdu malam ini di temukan di sekitar Peru, Ekuador, dan Bolivia. Tomat sempat menjadi makanan yang tidak popular, hal ini dikarenakan adanya tanaman perdu serupa dari keluarga perdu malam yang sangat beracun. Baru sekitar tahun 1800-an tomat di terima sebagai bahan makanan yang lezat dan bahkan sampai disebut sebagai apel cinta. Manfaat tomat untuk kesehatan cukup banyak. Disini kami akan menyajikan berbagai kandungan dan manfaat tomat. Mari kita simak.

Zat yang terkandung pada tomat
Seperti yang kita ketahui, tomat kaya akan kandungan vitamin dan beberapa zat lain yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin dan zat penting yang terkandung dalam tomat adalah sebagai berikut:

Manfaat tomat untuk kesehatan
Manfaat tomat untuk kesehatan

1. Vitamin C
Mengkonsumsi 100 gram tomat mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C sebesar 20% atau bahkan lebih dalam sehari. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk mempercepat sembuhnya luka, memelihara kesehatan gigi dan gusi, mencegah penyakit skorbut, dan menghindarkan terjadinya pendarahan pembuluh darah halus.

2. Vitamin A
Tomat juga kaya akan vitamin A sama seperti halnya vitamin C diatas. Mengkonsumsi 100 gram tomat akan memenuhi 20% atau lebih kebutuhan vitamin A harian tubuh. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan organ penglihatan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan reproduksi. Kedua vitamin ini (C dan A)  juga berkhasiat sebagai antioksidan pelawan kanker.

3. Likopen
Zat ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat ampuh dalam memerangi radikal bebas penyebab kanker. Likopen dua kali lebih efektif dibandingkan dengan beta karoten dalam melindungi sel darah putih dari kerusakan membrane akibat radikal bebas, dan sepuluh kali lebih kuat dibandingkan vitamin E. Reaksi likopen sebagai antioksidan di dalam tubuh pun jauh melebihi vitamin A,C, E maupun mineral- mineral lain. Dalam sebuah tomat, kandungan likopen bisa mencapai 56% dari kandungan keseluruhan.

4. Zat Tomatine
Zat ini berkhasiat sebagai anti radang.

5. Lemak
Lemak pada tomat mengandung asam lemak esensial yang sangat bermanfaat untuk kulit dan organ tubuh yang lain.

6. Protein
Protein merupakan sumber asam amino yang digunakan oleh tubuh untuk memngganti sel-sel yang rusak. Sehingga dapat diandalkan untuk mendetoksifikasi tubuh melalui terapi jus.

Baca juga:  Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

7. Karoten dan Anthocyanin
Karoten terkenal akan manfaatnya untuk mencegah kanker, meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan kemampuan kognitif. Sedangkan anthocyanin bermanfaat mencegah resiko penyakit kanker, antipenuaan, mencegah resiko penyakit saraf dan mencegah infeksi bakteri.

8.Kandungan lain
Tomat juga mengandung serat, fosfor, kalium, betakaroten dan lain-lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berbeda dengan jenis sayuran lain yang akan lebih sehat jika dimakan mentah, tomat akan lebih baik jika dimasak terlebih dahulu. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan likopen dalam tomat akan meningkat hingga empat kali lipat jika dimasak dibandingkan dengan tomat yang di konsumsi secara langsung. Proses pengolahan pada tomat tidak akan merusak kandungan likopen di dalamnya. Bahkan dengan diproses terlebih dahulu, likopen akan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh, sehingga bisa berfungsi maksimal sebagai zat antikanker.

Manfaat tomat untuk kesehatan
Kandungan antioksidan termasuk vitamin C dan E dalam tomat membuat kita menjadi awet muda.

  1. Kandungan serat pada tomat membuat tubuh tidak mudah gemuk. Serat pada tomat juga bisa mempelancar pembuangan racun dalam tubuh sekaligus membuang kolesterol dan lemak.
  2. Untuk penderita hipertensi, dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat segar sebanyak 1-2 buah di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong. Namun hal ini tidak berlaku bagi penderita masalah pencernaan.
  3. Minum jus tomat yang direbus bersama air jahe akan membantu menghindari penggumpalan darah pada luka akibat kecelakaan.
  4. Tomat segar yang kaya akan vitamin C, di iris-iris kemudian dimakan dengan madu dan perasan jeruk lemon dapat mengatasi pendarahan pada gusi.
  5. Jus tomat yang dicampur dengan wortel akan menambah energi dan imunitas tubuh. Celupkan sebentar tomat pada air mendidih untuk melunakkan kulitnya sekaligus meningkatkan kadar likopennya.
Diatas adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan dan bermacam zat yang terkandung pada tomat. Nilai positif tomat adalah mudah sekali ditemukan, harga yang terjangkau dan jumlahnya banyak. Tentu saja hal ini memudahkan untuk kita menikmati tomat ini dalam berbagai olahan. Mari tetap jaga kesehatan dan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 15 =